News

Pameran Lukisan Tunggal Karya DESEMBA SAGITA TITAHELUW Alumni Matematika Angkatan 81

Jum, 17 Des 2021
9:44 am
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Matematika   |

Surabaya | JATIMONLINE.NET,- Mantan Sekjen Dewan Kesenian Surabaya (DKS) Desemba Sagita Titaheluw yang akrab disapa Cak Des memamerkan karya lukisnya di gedung Dapoer Mawar di Jl. Mawar No.54 Surabaya pada Rabu malam (15/12).

Bertajuk Nuansa Horison, belasan karya lukis goresan seniman yang separuh perjalanan hidupnya dilalui sebagai mahasiswa dan sarjana ITS jurusan matematika itu mengguratkan sejumlah tanda tanya besar.

Dinding Dapoer Mawar dipenuhi belasan karya lukis Cak Des dari episode ke episode yang di antaranya tentang lukisan tokoh-tokoh besar, salah satunya adalah Bung Karno.

Akan tetapi di sekitar lukisan terpajang media yang sepintas “tak sejalan” sama sekali dengan dalil pengetahuan akan logika berfikir benar.

Salah satu karya lukis Cak Des di depan pintu masuk ruang utama pameran adalah obyek ilmiah yaitu 1 tidak sama dengan 1.

Mungkin saja yang melihatnya akan bertanya-tanya, suatu kebenaran yang ilmiah yang harus dipastikan benar menurut ilmu pengetahuan, justru dijungkirbalikkan menjadi sebuah ironi 1 (satu) tidak sama dengan 1 (satu).

Semua itu ternyata hasil sebuah refleksi dari perjalanan hidup Cak Des yang pernah pada fase kegelisahan, bahkan kekecewaan saat dirinya masuk dalam dunia politik. Kala itu Cak Des pernah menjadi calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah).

Pengalaman itu membuat Cak Des merasa terbentur pada ketidakbenaran di jagat perpolitikan, yang diakui sendiri oleh Cak Des dalam bincang santai di ruang pameran.

“Memang filsafat yang ada di dunia politik jauh berbeda dengan filasafat di jagat ilmu pengetahuan,” kata Cak Des.

Pameran tunggal lukisan Cak Des dengan tema Nuansa Horizon itu digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke-60.

Menurut Cak Des, dunia politik ternyata tidak sejalan dengan logika hukum-hukum fisika. Dimana tanda suatu persilangan adalah logika kebenaran mutlak.

Sebagai Informasi, Pameran tunggal Cak Des, Rabu malam itu juga diisi pembacaan puisi karya Toto Sonata, seorang wartawan yang juga sastrawan. (okik/AK).

 

Sumber: https://www.jatimonline.net/pameran-tunggal-karya-lukis-desemba-sagita-titaheluw-menjungkirbalikkan-logika/

Latest News

  • International Guest Lecture Joint Computer Vision and Deep Learning in Real World Case

    Departemen Matematika ITS telah menyelenggarakan kegiatan Guest Lecture dengan tema Joint Computer Vision and Deep Learning in Real World

    03 Feb 2023
  • FRS untuk Mata Kuliah Bersama Genap 2022-2023

    Sehubungan dengan persiapan Perkuliahan Bersama Semester Genap 2022/2023 di lingkungan Subdirektorat Koordinasi Perkuliahan Bersama, maka bersama ini kami sampaikan

    20 Jan 2023
  • Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa PKM 2023

    Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah

    19 Jan 2023