News

Departemen Matematika ITS Menggelar Pelatihan Penulisan AKM Berkerjasama dengan MKKS SMP Swasta Wilayah Utara

Rab, 03 Feb 2021
11:56 am
Uncategorized
Share :
Oleh : Admin-Matematika   |

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Wilayah Utara bekerja sama dengan Departemen Matematika, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menggelar pelatihan penulisan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 2021.

Pelatihan penulisan soal AKM dilakukan melalui zoom meeting selama tiga hari, mulai Rabu (3/02/2021) sampai dengan Jumat (5/02/2021). Kegiatan dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Ike Inayumiki.

Dalam sambutannya, Ike Inayumiki mengapresiasi kegiatan pelatihan yang sudah digelar MKKS SMP Swasta Wilayah Utara bersama Departemen Matematika ITS ini. Walaupun di tengah Pandemi Covid-19, semangatnya tidak kendor dalam mengembangkan diri. Harapannya, kegiatan ini ditularkan kepada MKKS SMP Swasta lain.

“Terima kasih kepada panjenengan semua, karena sudah membantu, khususnya berbagai program yang ada di Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Tetap berinovasi, berkreasi, dan berkarya untuk membuat pintar anak-anak Kota Surabaya,” katanya.

Ike melanjutkan, Asesmen Nasional (AN) meliputi beberapa hal, di antaranya AKM literasi dan numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan. AN sendiri tidak menggantikan peran Ujian Nasional (UN). Tapi di sini untuk mengevaluasi penguasaan materi di murid-murid secara individual.

“Jadi, semuanya tidak usah takut, karena itu untuk mengukur atau mengevaluasi atau memetakan mutu pendidikan di sekolahan semua. Jadi, bukan hal yang menakutkan, apalagi ini bukan pengganti UN,” tegasnya.

Ketua MKKS SMP Swasta Wilayah Utara Banu Atmoko mengatakan, ini merupakan kegiatan ketiga antara MKKS SMP Swasta Wialayah Utara bersama Departemen Matematika ITS. Semua kagiatan yang dilakukan dalam rangka mendukung program-program yang dilakukan Dispendik Kota Surabaya.

“Kepada bapak ibu guru Matematika dan IPA, nanti jika ada tugas-tugas, jangan dianggap ini sebagai beban. Tapi ini juga sumbangsih kita guru-guru SMP Swasta Wilayah Utara untuk Dispendik, yaitu bisa menjadi bank soal,” ujarnya.

Kepala Departemen Matematika ITS Subchan menyatakan, AKM merupakan hal baru. Apalagi, kurikulum di Indonesia sementara ini masih menggunakan Kurikulum 2013, namun model asesmennya diubah. “Ini seperti disediakan bahan untuk membuat sayur jangan kunci, akan tetapi hasil olahannya jadi gule. Nah, mari kita belajar bersama,” ungkapnya. (Humas Dispendik Surabaya)

Sumber: https://dispendik.surabaya.go.id/berita/2021/mkks-smp-swasta-wilayah-utara-gelar-pelatihan-penulisan-akm/

Latest News

  • Departemen Matematika ITS Menggelar Pelatihan Penulisan AKM Berkerjasama dengan MKKS SMP Swasta Wilayah Utara

    Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Wilayah Utara bekerja sama dengan Departemen Matematika, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains

    03 Feb 2021
  • The International Conference on Mathematics: Pure, Applied and Computation (ICoMPAC 2020)

    The International Conference on Mathematics: Pure, Applied and Computation (ICoMPAC 2020) is jointly organized by  Department of Mathematics, ITS

    13 Agu 2020
  • program studi doktor

    Post Views: 394

    15 Agu 2019