Struktur Organisasi

Peraturan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Nomor 10 Tahun 2016 menyebutkan bahwa departemen mempunyai tugas mengelola dan menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi serta penjaminan mutu dalam beberapa jenjang pendidikan dalam satu rumpun disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi untuk jenis pendidikan akademik, pendidikan akademik dan profesi, atau pendidikan vokasi. Dalam melaksanakan tugasnya, departemen menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

a. Perencanaan dan pengelolaan tridharma perguruan tinggi dan kerja sama dalam sebagian dan/atau satu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi;
b. Pengoordinasian dan pengintegrasian kegiatan program studi berkaitan dengan penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi;
c. Pelaksanaan sistem manajemen pendidikan tinggi, program penjaminan dan pengendalian mutu serta pencapaian kinerja departemen yang sesuai dengan rencana strategis;
d. Pengelolaan dan pemberdayaan laboratorium, studio, dan/atau bengkel; dan
e. Pengelolaan kegiatan kemahasiswaan.

Departemen dipimpin oleh seorang Kepala Departemen, yang dalam menjalankan tugasnya bertanggung jawab kepada dekan. Kepala Departemen dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang Sekretaris Departemen. Sekretaris Departemen bertanggung jawab kepada Kepala Departemen. Laboratorium/Studio/Bengkel mempunyai tugas melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi sebagai penunjang pelaksanaan tugas di lingkungan Departemen. Dalam melaksanakan tugasnya, Laboratorium/Studio/Bengkel menyelenggarakan fungsi:
a. Pelaksanaan proses pembelajaran;
b. Pelaksanaan penelitian; dan
c. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Laboratorium/Studio/Bengkel dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium/ Studio/Bengkel yang dalam menjalankan tugasnya bertanggung jawab kepada Kepala Departemen.

Subbagian tata usaha departemen mempunyai tugas melaksanakan administrasi di lingkungan departemen dalam bidang penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan tinggi serta membantu tugas Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas dalam:
a. Penjaminan dan pengendalian mutu penyelenggaraan thridharma perguruan tinggi;
b. Pengelolaan, pengembangan, dan penyelenggaraan kerja sama tridharma perguruan tinggi; dan
c. Pengelolaan dan pengembangan sumber daya yang meliputi keuangan, kepegawaian, umum, serta sarana dan prasarana.

Subbagian tata usaha departemen dipimpin oleh seorang kepala subbagian yang dalam melaksanakan tugasnya berkoordinasi dengan Kepala Departemen dan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas. Departemen Desain Interior memiliki seorang Kepala sub bagian umum. Kepala sub bagian (Kasubbag) umum mempunyai tugas utama sebagai pengelola proses administrasi dan operasional rutin di unit kerja. Kasubbag umum dibantu oleh beberapa tenaga kependidikan untuk menjalankan fungsinya. Jabatan ini juga memiliki peran penting dalam mendukung proses penjaminan dan pengendalian mutu dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kasubbag membantu manajemen unit kerja dalam pengelolaan sumber daya yang meliputi pegawai, sarana prasarana, dan keuangan.

Post Views: 1.146