Program Magister (S2)

Dukung Kami!

Silakan klik tautan dibawah untuk mendukung.

Program Magister (S2) - Jalur Kuliah dan Jalur Riset

“Wujudkan mimpimu di sini”

“Dunia berubah dan ia berubah dengan cepat. Sekarang era 4.0 tengah menandai perubahan tersebut, dimana digitalisasi, aktifitas online dan interaksi media social mewarnai kehidupan sehari-hari. Saat masyarakat masa sekarang mendapatkan manfaat yang banyak, pada saat yang sama mereka juga menghadapi tantangan-tantangan dengan datangnya era tersebut. Di sisi lain, era 5.0 juga akan segera datang. Di sini, program Pascasarjana DTMM menawarkan kuliah dan penelitian yang mampu mengiringi perkembangan-perkembangan serta menjawab tantangan tersebut lewat pemahaman yang mendalam tentang dunia “materi/substance/material” – sebuah dunia yang menanti untuk dieksplorasi oleh pikiran-pikiran creative anda semua, untuk industri, masyarakat dan kesejahteraan umat manusia seluruhnya. Jadi jangan ragu untuk memulai tekad dan perjalanan anda menuju masa depan yang cerah dengan bergabung bersama kami di sini.”

(Kepala Program Studi Pascasarjana, DTMM ITS – Mas Irfan Purbawanto Hidayat, PhD)

 

Berdiri sejak 26 Juni 2012 (dengan SK:107/E/O/2013), Departemen Teknik Material dan Metalurgi berada di bawah Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (sekarang Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem-FTIRS). Departemen Teknik Material dan Metalurgi memiliki Visi menjadi Departemen yang mempunyai keunggulan, kompetensi global dibidang rekayasa dan teknologi bahan untuk menunjang perkembangan iptek dan industri. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki kompetensi tinggi, profesional dibidang rekayasa dan teknologi bahan dan mampu mengembangkan jejaring dengan industri merupakan Misi Departemen Teknik Material dan Metalurgi. Terutama pada pengolahan bahan material dan metal hingga menjadi sebuah produk yang bisa di manfaatkan. Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi disiapkan menjadi manusia yang terampil dalam merancang dan menganalisis kebutuhan industri, merancang pengembangan proyek dalam konteks material secara komprehensif menggabungkan aspek infrastruktur IT (teknologi informasi),  seperti hardware, sofware, jaringan, data, hirarki organisasi, proses dan prosedur, serta tak lupa sumber daya manusia dan budaya, dan kebijakan dan regulasi. Para mahasiswa juga disediakan dengan kemampuan keterampilan dasar dan kemajuan dalam penerapan dan pengembangan hardware, pengolahan dan penganalisahan karakterisasi data.

Untuk program jalur riset, mahasiswa juga akan menempuh sebanyak 36 SKS. Secara umum, beban mahasiswa magister jalur riset adalah sebagai berikut, dimana penekanan pada riset menjadi ciri utama dari program magister jalur riset.

  • Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) : 3 SKS
  • Kuliah (Metodologi Penelitian) : 9 SKS
  • Publikasi/Seminar/Paten : 14 SKS
  • Tesis : 10 SKS

Silahkan merujuk Peraturan Rektor ITS berikut tentang program pascasarjana jalur riset

ITS beserta fakultas dan departemen-departemen dibawahnya aktif menjalin kerjasama akademik dan riset dengan universitas-universitas lainnya di dunia. Daftar MoU and MoA kerjasama tersebut dapat dilihat di link berikut:

https://www.its.ac.id/international/partnership/mou-moa/

https://www.its.ac.id/international/partnership/mou-moa/search-mou-moa/

Program Magister Departemen Teknik Material dan Metalurgi (DTMM) secara khusus juga memiliki kerjasama joint/double/dual master degree dengan Institute of Materials Science and Engineering, National Central University (NCU) Taiwan dan Departement of Materials Science and Engineering, National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taiwan. Program kerjasama double degree tersebut dapat diunduh di sini: link 1, link 2, link 3

 

Di samping itu, Program Magister DTMM juga memiliki beberapa kerjasama penelitian dan seminar internasional (salah satunya icommet.org) dengan universitas-universitas lainnya di Asia dan Australia, seperti Universiti Teknologi Petronas (LoA), Malaysia, Tohoku University, Jepang dan Swinburne University of Technology, Australia.

 

Untuk publikasi internasional, DTMM juga memiliki sebuah jurnal internasional yaitu “Materials Research Communications (MRC)” di link berikut:

http://iptek.its.ac.id/index.php/mrm/index

Program magister DTMM ITS menghasilkan kompetensi lulusan di bidang-bidang berikut:

  1. Korosi
  2. Metalurgi
  3. Inovasi Material
  4. Ekstraksi dan Pengolahan Materi

 

Kategori tersebut mencerminkan kompetensi dari para lulusan program magister DTMM ITS, seperti yang ditunjukkan oleh grafik di bawah ini.

  • Korosi
  • Metalurgi
  • Inovasi Material
  • Ekstraksi dan Pengolahan Material

Untuk mencapai kompetensi lulusan magister yang handal dan diakui, DTMM ITS memiliki model classroom yang ditunjang oleh fasilitas pembelajaran online dan interaktif seperti zoom, termasuk video yang diupload di youtube. Dengan fasilitas tersebut, program magister DTMM ITS juga dapat melayani kelas jarak jauh sesuai permintaan.

 

Selain itu, DTMM ITS juga memiliki lab-lab frontiers yang memandu dan menghasilkan penelitian-penelitian kelas nasional dan internasional. Beberapa lab kami bahkan mendapatkan pendanaan dari LPDP (https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/), termasuk juga beberapa mahasiswa magister kami. Bidang-bidang penelitian frontier kami meliputi: pengolahan mineral dan material, korosi temperatur tinggi, material untuk aplikasi pertahanan, elektronik dan energi, baterai, drug, implant dan alat medis, polimer, komposit dan material fungsional, 3D dan 4D printing serta pemodelan dan komputasi material, kimia dan mekanik, termasuk dinamika molekuler.

 

Daftar laboratorium (termasuk anggota dan bidang penelitian) di DTMM ITS dapat dilihat di link berikut: https://www.its.ac.id/tmaterial/fasilitation/laboratories/

Grafik dibawah ini menunjukkan profil lulusan dari program magister DTMM ITS, baik program kuliah maupun riset. Dengan profil tersebut, semua lulusan dari program magister DTMM ITS dapat berkiprah hampir di segala bidang, baik sebagai engineer, praktisi, industrialis, entrepreneur, tenaga riset maupun akademisi.

  • Teknik Proses Material
  • Teknik Manufaktur Material
  • Teknik Material
  • Teknik Metalurgi

Khusus program magister jalur riset, memang terdapat penekanan yang lebih pada aspek kemampuan melakukan penelitian. Untuk lulus dengan baik, para mahasiswa magister yang mengambil jalur riset diharuskan, salah satunya, untuk mempublikasikan:

  1. Satu makalah yang dipresentasikan pada seminar international bereputasi dan satu makalah yang diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi (kategori Sinta 1 sampai Sinta 4), atau:
  2. Satu makalah yang dipresentasikan pada seminar international bereputasi dan satu makalah yang dipresentasikan pada seminar international bereputasi yang merupakan flagship Web of Science atau Scopus, atau:
  3. Satu makalah yang dipresentasikan pada seminar international bereputasi dan satu paten yang didaftarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Republik Indonesia, atau:
  4. Satu makalah yang dipresentasikan pada seminar international bereputasi dan satu makalah yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi.

Persyaratan publikasi tersebut di atas memang lebih dari persyaratan publikasi untuk mahasiswa jalur kuliah, yang hanya dipersyaratkan satu publikasi saja, yaitu satu makalah yang dipresentasikan di seminar internasional atau satu makalah yang terbit di jurnal nasional atau satu makalah yang terbit di jurnal internasional.

Untuk membentuk profil lulusan di atas, Program Magister DTMM ITS memiliki para dosen pengajar (kualifikasi Doktor) terbaik di bidangnya masing-masing sebagai berikut (sesuai alphabet):

 

Penelitian di Bidang Pengembangan Material

Agung Purniawan, Dr. https://www.its.ac.id/drpm/beranda/tentang-kami/struktur-organisasi/

Azzah Dyah Pramata, Dr. https://www.researchgate.net/profile/Azzah_Pramata2

Diah Susanti, Dr. https://www.researchgate.net/profile/Diah_Susanti

Lukman Noerochim, Dr. https://www.researchgate.net/profile/Lukman_Noerochim2

 

Penelitian di Bidang Inovasi dan Komputasi Material

Hosta Ardhyananta, Dr. https://www.researchgate.net/profile/Hosta_Ardhyananta

Mas Irfan Purbawanto Hidayat, Dr. https://www.researchgate.net/profile/Mas_Hidayat

Sigit Tri Wicaksono, Dr. (Kepala Departemen) https://www.researchgate.net/profile/Sigit_Tri_Wicaksono2

 

Penelitian di Bidang Metalurgi, Pengolahan dan Karakterisasi Material

Sulistijono, Prof. Dr. http://iptek.its.ac.id/index.php/mrm/about/editorialTeam

Sungging Pintowantoro, Dr. https://www.researchgate.net/profile/Sungging_Pintowantoro

Widyastuti, Dr. https://www.its.ac.id/drpm/beranda/tentang-kami/struktur-organisasi/

Yuli Setiyorini, Dr. (kolaborasi dengan http://www.imr.tohoku.ac.jp/en/about/divisions-and-centers/research-division/24.html)

 

Selain itu, program magister DTMM juga memiliki kandidat Doktor (sesuai alphabet):

Alvian Toto Wibisono https://www.researchgate.net/profile/Alvian_Wibisono

Hariyati Purwaningsih https://www.researchgate.net/profile/Hariyati_Purwaningsih

Rindang Fajarin https://www.researchgate.net/profile/Rindang_Fajarin

Sutarsis https://www.researchgate.net/profile/Suta_Sutarsis

DOSEN

PENCAPAIAN ALUMNI/MAHASISWA DAN KEGIATAN TERKAIT

Alumni Pasca kami Akhmad Berryl Widyartha mendapat beasiswa thesis dan riset dari LPDP pada tahun 2019

Mahasiswa Pasca kami Alfreda Kresna Altama tengah menjalani program exchange di NTUST Taiwan untuk tahun 2020

Mahasiswa Pasca kami Bagus Purnawira dan Achmad Affandi diterima di program Double Degree S2 di NTUST Taiwan dengan partial scholarship tahun 2020

Kiprah kami dalam penelitian dan kompetisi fuel cell serta alternatif energi lainnya:

Kemajuan penelitian kami dalam bidang 3D printing