Research Area

Data Acquisition and Information Dissemination

Departemen Teknik Geomatika mempunyai tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik/profesional dalam bidang pengelolaan sistem informasi spasial, cakap dan trampil dalam penguasaan teknologi survei dan pemetaan yang berbasis teknologi informasi dalam rangka menunjang pembangunan pada era informasi dan globalisasi.

Lulusan juga harus mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pengelolaan sistem informasi spasial serta menggunakannya untuk kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Program Sarjana Teknik Geomatika sudah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Adapun Program Magister baru memperoleh akreditasi A

Data dan Informasi merupakan salah satu elemen vital dalam aspek kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, penguasaan teknologi untuk data dan informasi sangat penting bagi kesejahteraan dan kedaulatan bangsa.

  1. Penelitian di Departemen Teknik Geomatika mencakup keseluruhan bidang geodesi dan geomatika. Sebagian besar penelitian berpusat pada empat kelompok penelitian yaitu di : Laboratorium Geodesi dan Surveying, Laboratorium Geospasial, Laboratorium Geo-Marin, Laboratorium Geodinamik & Lingkungan dan Laboratorium Kadaster dan Kebijakan Pertanahan serta didukung Pusat Studi Kebumian Bencana dan Perubahan Iklim (PSKBPI)-ITS.Proyek penelitian saat ini meliputi penerapan Global Positioning System ke bidang geodesi, navigasi, serta Sistem Informasi Geografis; Studi lapangan gravitasi; Studi tentang deformasi bumi; Teknik modern untuk analisis jaringan geodesi; Penelitian di geodesi laut; Pemodelan delay propagasi troposfer sinyal satelit; Studi tentang ionosfer dan pengaruhnya terhadap sinyal dari satelit navigasi; Studi tentang geoid di Indonesia; Batas laut; Altimetri satelit; Desain skema survei terpadu untuk memantau deformasi dalam proyek rekayasa dan geosains; Pengembangan pendekatan umum terhadap analisis survei deformasi; Penggunaan metode elemen hingga dalam analisis deformasi terpadu; Pengembangan teknik pengukuran baru untuk metrologi industri dan survei keselarasan presisi; Pengembangan sistem pengelolaan data untuk memantau deformasi struktur teknik; Studi tentang penurunan tanah di wilayah pertambangan; Integrasi penginderaan jarak jauh dan sistem informasi geografis; Pencocokan dan ekstraksi fitur; Pengembangan pemetaan digital dan sistem analisis citra digital; Integrasi peta digital dan data citra digital; Fotogrametri digital; Teknologi Fotogrametri dengan Drone/UAV, LiDAR. Pengembangan perangkat lunak GIS; Pertukaran data spasial; Meta-data spasial; Database spasial; Pencarian multi dimensi; Desain sistem administrasi pertanahan; Pengembangan infrastruktur data spasial; Studi kebijakan / administrasi pertanahan; Hak kepemilikan lahan dan hak-hak asli.

Laboratorium Geospasial: Prof. Dr. Ir. Bangun Muljo Sukojo, DEA DESS

Laboratorium Geomarine: Dr-Ing. Ir. Teguh Hariyanto, M.Sc

Laboratorium Geodesi dan Surveying: Ir. Yuwono, MS

Laboratorium Geodinamika dan Lingkungan: Dr. Ir. Muhammad Taufik

Laboratorium Kadaster dan Kebijakan Pertanahan: Agung Budi Cahyono, ST, M.Sc, DEA

Anggota-anggota laboratorium yang ada di Teknik Geomatika dapat dilihat di sini.

This is custom heading element