News

Transfer Knowledge – Geothermal Goes To Campus 2019

Thu, 31 Oct 2019
11:15 am
Information
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Pada tanggal 21 Oktober 2019 telah dilaksanakan Kuliah Tamu yang diadakan di Gedung Rektorat ITS lantai 1. Acara  ini dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian ITS, Budi Suswanto, M.T.,Ph.D. kemudian juga oleh Direktur Panas Bumi Kementrian ESDM, Ir. Ida Nuryatin Finahari, M.Eng

Direktur Panas Bumi Kementrian ESDM, Ir. Ida Nuryatin Finahari, M.Eng

Pada kultam kali ini inti bahasan yang diangkat adalah adalah seluk beluk eksplorasi sumber daya geothermal, yang mana narasumber dari Direktorat Panas Bumi ESDM adalah Bapak Sahat Simangunsong, S.T., M.T., kemudian dari Medco Power Indonesia, Geotermal, yakni Bapak Riki Irfan S.T., M.Si.

Peserta Transfer Knowledge Geothermal Goes To Campus

Sebagai salah satu sumber energi terbesar di dunia panas bumi atau geothermal banyak dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi pembangkit listrik di negara-negara maju. Tak hanya di beberapa negara luar saja, kini Indonesia juga mulai merangkak untuk memanfaatkan salah satu sumber energi alternatif bumi ini. Dalam pemanfaatannya sebagai tenaga pembangkit listrik tentu energi panas bumi tak hanya didapatkan dengan cara yang mudah ada beberapa metode dan teknik dalam pengambilan serta pemanfaatan akan sumber energi yang satu ini. Berbagai cara, metode, dan teknik geologi, hingga pengeksplorasi adalah salah satu hal yang sangat berkaitan erat dalam pemanfaatan sumber daya energi panas bumi.

Subsurface Manager Medco Power Indonesia, Geothermal, Riki Irfan S.T., M.Si.

Sumber energi yang berasal dari dalam inti bumi ini tentu dapat diambil dengan serangkaian kegiatan yang disebut sebagai kegiatan eksplorasi panas bumi atau eksplorasi geothermal. Eksplorasi sendiri adalah suatu kegiatan untuk mencari sumber daya energi atau penjelajahan suatu bentuk sumber energi yang dilakukan dengan cara pengeboran dan lain sebagainya. Kegiatan eksplorasi geothermal  telah di atur dalam peraturan perundang-undangan dimana kegiatan ini banyak memiliki peraturan dan aturan tertentu dalam pemanfaatan sumber daya energi yang ada.

Kasubdit Investasi dan Kerjasama Panas Bumi,  Kementrian ESDM, Sahat Simangunsong, S.T., M.T

Dalam melakukan kegiatan eksplorasi sumber daya energi panas bumi perlu adanya pemahaman secara mendalam tentang bagaimana metode dan teknik survei yang harus dilakukan agar dalam pemanfaatannya tidak mengganggu ataupun merusak ekosistem yang ada di sekitar.

Prosesi Penyerahan Suvenir

Latest News

  • Congratulations to Vicka Winda Avrilla for the Achievement in Competition of Kominfo Class FKG UB

    The achievement was made by ITS Geophysical Engineering student, Vicka Winda Avrilla in the Kominfo Class FKG UB event.

    04 Oct 2022
  • ITS Geophysical Engineering Students Became the Champion in “Derrick 2022: Geothermal Study Case Competition”

    5 Students  of ITS Geophysical Engineering has won international competition entitled DERRICK 2022. The students which are splitted into

    01 Oct 2022
  • Invited by JTV, Dr Amien Widodo Discusses Drought Disaster in East Java

    A number of areas in East Java are currently experiencing severe drought. the rivers dry up, making it difficult

    30 Sep 2022