News

Kuliah Tamu “Geopark Jogja” oleh Dr. Ir. C Prasetyadi, M.Sc.

Sab, 09 Mar 2024
3:15 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Perpres No.9 2019 tentang Pengembangan GEOPARK (Taman Bumi), menyebutkan bahwa Taman Bumi (Geopark) yang selanjutnya disebut Geopark adalah sebuah wilayah geografi tunggal atau gabungan, yang memiliki Situs Warisan Geologi (Geosite) dan bentang alam yang bernilai, terkait aspek Warisan Geologi (Geoheritage), Keragaman Geologi (Geodiversity), Keanekaragaman Hayati (Biodiversity), dan Keragaman Budaya (Cultural Diversity), serta dikelola untuk keperluan konservasi, edukasi, dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan dengan keterlibatan aktif dari masyarakat dan pemerintah daerah, sehingga dapat digunakan untuk menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya.

Untuk mendukung perolehan devisa dari sektor pariwisata, siap menggelontorkan anggaran besar untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Sebab, diyakini anggaran promosi pariwisata akan mendongkrak perolehan devisa dari sektor ini. Keadaan ini membuat setiap kawasan menyiapkan diri dan melakukan kajian yang diperlukan dalam pengembangan geopark, termasuk Jogja.

Tumbuh dan berkembangnya Keraton (peradaban) Jogja sampai saat ini dilatarbelakangi oleh sesanti yg berbunyi “hamemayu hayuning bawana” yg sangat dekat dengan tujuan Geopark yakni “memuliakan Bumi untuk kesejahteraan masyarakat”. Apakah makna sesanti di atas mampu diemban oleh Geopark Jogja yg saat ini sedang dalam proses penetapan? Paparan ini mencoba menyingkap hubung kait antara sesanti “hamemayu hayuning bawana” dan Geopark Jogja.

Sehubungan dengan hal tersebut, Departemen Teknik Geofisika ITS  menyelenggarakan kuliah tamu:

Judul

  • “Geopark Jogja”

Narasumber

  • Dr. Ir. C Prasetyadi, M.Sc.
  • Dosen Teknik Geologi, UPN Veteran Yogyakarta

yang akan diselenggarakan pada :

Materi dapat diakses melalui link berikut ini:

 

Latest News

  • Kuliah Tamu “Imaging Deep Seated Coal Layer Using Shallow Seismic Reflection”

    Departemen Teknik Geofisika FTSPK ITS menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik “Imaging Deep Seated Coal Layer Using Shallow Seismic Reflection”,

    15 Mei 2024
  • Kuliah Tamu “Sedimentasi dan Akumulasi Migas Cekungan Jawa Timur Laut” bersama Awang Satyana

    Cekungan Jawa Timur Laut (North East Java Basin-NEJB) merupakan salah satu Cekungan Migas terpenting di Indonesia karena kontribusinya yang

    10 Mei 2024
  • Webinar Gempa Bawean Jawa Timur

    Sejak kejadian gempa dan tsunami Aceh tahun 2004, hampir semua masyarakat Indonesia selalu mendengar dan mambaca istilah gempa tektonik.

    21 Apr 2024