News

Lengkapi Skill Alumni Teknik Fisika Melalui Workshop Project Management

Rab, 28 Agu 2019
1:51 pm
Berita
Share :
Oleh : tfisikaadmin   |

Salah satu dari tiga profil utama lulusan Teknik Fisika adalah sebagai project manager, suatu profesi yang selain membutuhkan ilmu dasar teknik, juga membutuhkan kemampuan manajemen dan komunikasi yang baik. Belum adanya mata kuliah yang khusus membahas dasar-dasar manajemen proyek menyebabkan kebanyakan lulusan Teknik Fisika mempelajari keahlian tersebut secara otodidak setelah memasuki dunia kerja. Sertifikasi sebagai Project Manager Professional (PMP) atau Certified Associate Project Management (CAPM) tentunya akan menjadi nilai plus bagi lulusan yang ingin berkarir di industri. Hal inilah yang mendasari Departemen Teknik Fisika, bekerjasama dengan Project Management Institute (PMI) Indonesia untuk mengadakan workshop project management bagi mahasiswa Teknik Fisika ITS. Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dengan delapan pertemuan yang dimulai sejak bulan Februari diakhiri pada Selasa, 13 Agustus 2019 di ruang sidang Teknik Fisika.

Para peserta workhop project management

 Seorang alumni Teknik Fisika 1993, Alfina Wijanarno, S.T, PMP, CFT, CNLP, yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dibidang ini diundang menjadi pemateri. Selain bekerja sebagai Account Manager di Rockwell Automation, beliau menggeluti bidang project management sebagai volunteer dalam organisasi Project Management Institute (PMI) Indonesia.

Konsep yang diusung oleh Bapak Alfina cukup menarik. Beliau memberikan materi di kelas, yang kemudian disambung dengan praktek agar teori yang didapat bisa langsung diaplikasikan. Kartika, mahasiswa TF 2015 membagikan pengalamannya. “Dari kelas management project, kita ajarkan mengenai bagaimana mengatur sebuah proyek, mulai dari menyiapkan schedule, estimasi harga dan pengeluaran, hingga alur berpikir untuk menentukan performa atau keberhasilan suatu project. Kami mempraktekkan penilaian apakah project overbudget atau tidak, behind schedule atau tidak.”

Kelas ini diakhiri dengan tes sebagai syarat penyelesaian workshop guna mendapatkan sertifikat attendance. “Harapan kedepan, pelajaran atau mata kuliah ini perlu ada, karena ini memang ilmu dasar anak teknik agar tahu cara memegang suatu proyek. Semoga bisa menjadi mata kuliah wajib seperti pengantar teknik fisika.” Imbuh Kartika.

Latest News

  • Pelaksanaan UTBK 2020 Semakin Dekat, Teknik Fisika ITS Adakan Open Talk Online untuk Siswa SMA

    Mendekati pelaksanaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) 2020, Departemen Teknik Fisika ITS mengadakan Open Talk secara online melalui aplikasi

    18 Jun 2020
  • Tambah Pengalaman Berkuliah Lewat Student Exchange Ber-beasiswa

    Program pertukaran pelajar, biasa disebut student exchange adalah program dimana seorang pelajar atau mahasiswa berkesempatan mengikuti program belajar di

    18 Jun 2020
  • Mengenal Predictive Maintenance melalui Kuliah Tamu Online oleh Alumni Teknik Fisika ITS

              TF Media- Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang begitu besar bagi dunia perkuliahan, tidak terkecuali

    12 Apr 2020