Buku Panduan Mahasiswa

1.    Sejarah Departemen Teknik Elektro ITS Surabaya

Program Studi S1 ​​yang selanjutnya kita sebut sebagai program studi adalah program studi S1 ​​yang ditawarkan oleh EED-ITS pada tahun 1960. Program studi ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 93367 / UU / 1960 tanggal 03 November 1960. Hanya program Sarjana Bahasa Indonesia, yang ditawarkan pada waktu itu hingga tahun 1993. Didorong oleh perkembangan sistem pendidikan tinggi nasional yang pesat dan permintaan yang besar akan lulusan berkualifikasi tinggi, EED-ITS mendirikan Program Magister Teknik dan Doktor pada tahun 1993 dan 2004 , masing-masing. Sejak saat itu EED-ITS tumbuh dan didorong untuk mencari pengakuan internasional melalui praktik pendidikan berstandar internasional dan memperkuat kegiatan penelitian.

2.    Visi dan Misi DTE

EED-ITS memiliki visi menjadi institusi pendidikan tinggi kelas dunia dan menjadi preferensi dalam penelitian dan pengembangan teknologi terdepan di bidang teknik kelistrikan dan bidang terkait. Untuk mencapai visi tersebut EED-ITS telah menetapkan beberapa misi yang dijabarkan di bawah ini:

    • Mewujudkan proses belajar mengajar yang berstandar tinggi yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan fasilitas berstandar
    • Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi mahasiswa dan staf untuk memicu pemikiran kreatif dan inovatif
    • Memberikan dukungan untuk kegiatan penelitian terkait
    • Berkontribusi kepada masyarakat melalui ide / pemikiran yang inovatif dan kreatif, penerapan teknologi, dan kemitraan.

3.    Diskripsi Graduate Profile (Profil Lulusan), (subject-specific criteria), CPL (PLO)

Program studi memiliki kewajiban untuk membekali lulusannya dengan pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang teknik kelistrikan, etika, dan juga karakter yang kuat untuk memacu karirnya di masa depan. Oleh karena itu, lulusan program studi diharapkan memiliki profil dan kapabilitas yang ditetapkan dalam Tujuan Pendidikan Program (Program Learning Outcome, PEO) sebagai berikut:

    • Lulusan mampu berkontribusi pada profesinya dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilannya di bidang teknik elektro
    • Lulusan mampu mempraktekkan kode etik keteknikan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan
    • Lulusan mampu menjalankan profesinya dengan tangguh, percaya diri, kreatif, dan taat pada keyakinannya.
    • Lulusan memiliki karakter kepemimpinan yang mampu mengkomunikasikan, menginspirasi dan memelihara lingkungannya, serta bertanggung jawab terhadap pekerjaannya

Untuk memastikan lulusan dikaitkan dengan profil yang dimaksudkan, program studi telah merumuskan seperangkat Program Learning Outcome (PLO’s) yang dijelaskan pada Tabel 1.1. PLO mendeskripsikan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang harus diperoleh siswa ketika mereka menyelesaikan studi di program studi. Korelasi antara rumusan PLO dan PEO di Tabel 1.2 menunjukkan bahwa hasil pembelajaran yang diinginkan mendukung profil lulusan yang diinginkan.

Tabel 1.1. Capaian Pembelajaran Lulusan atau Program Learning Outcome, PLO
PLO-1 Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan alam dan matematika untuk menyelesaikan masalah teknik kelistrikan
PLO-2 Mampu merancang dan melaksanakan percobaan laboratorium dan / atau lapangan, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan menggunakan pertimbangan obyektif unt
PLO-3 Mampu merancang komponen, sistem dan proses yang logis dan realistis sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dengan mempertimbangkan aspek keselamatan, sosial,
PLO-4 Mampu bekerja secara efektif dalam kelompok anggota lintas disiplin dan budaya dengan menunjukkan sifat kepemimpinan, dan mampu menentukan tujuan, rencana kerja,
PLO-5 Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah di bidang teknik kelistrikan
PLO-6 Mampu mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, etika profesi dan bertanggung jawab atas bidang pekerjaan dengan memperhatikan konteks global, ekonomi,
PLO-7 Mampu berkomunikasi secara efektif baik dalam bentuk tertulis maupun lisan
PLO-8 Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan berbasis teknologi dan menjalin jejaring baik di tingkat nasional maupun internasional
PLO-9 Mampu belajar secara mandiri untuk mengembangkan kemampuan belajar sepanjang hayat
PLO-10 Mampu mengetahui dan merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dengan mengedepankan nilai-nilai universal
PLO-11 Mampu menerapkan metode, TIK, dan perangkat modern dalam menyelesaikan masalah di bidang teknik kelistrikan
PLO-12 Mampu menampilkan karakter religius, nasionalis, dan saling menghargai

4.     Jenis Prodi dan Program

    • Program studi S1 : Reguler dan IUP
    • Program studi S2 : Reguler, By Riset, Pendidikan jarak jauh
    • Prodi S3 : Reguler, By Riset, Pendidikan Jarak Jauh

NAMA DOSENJABATAN AKADEMIKGELAR AKADEMIKPENDIDIKAN S1, S2, S3 DAN ASAL PTBIDANG KEAHLIAN PENDIDIKANPROGRAM STUDI
Abdullah AlkafGuru BesarIr., M.Sc., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - Florida University, USA S2 - Electrical Engineering
S3 - Florida University, USAS3 - Electrical Engineering
Achmad JazidieGuru BesarIr., M.Eng., Dr.Eng.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - Hiroshima University, JapanS2 - Electrical Engineering
S3 - Hiroshima University, JapanS3 - Electrical Engineering
Adi SoeprijantoGuru BesarIr.,M.T., Dr.Eng.S1 - ITB S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - Hiroshima University, JapanS3 - Electrical Engineering
Gamantyo HendrantoroGuru BesarIr., M.Eng.,Ph.D.S1- ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - Carleton University, CanadaS2 - Electrical Engineering
S3 - Carleton University, CanadaS3 - Electrical Engineering
Imam RobandiGuru BesarIr., M.T., Dr.Eng.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - Tottori University, JapanS3 - Electrical Engineering
Mauridhi Hery PurnomoGuru BesarIr., M.Eng., Dr.Eng.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - Osaka City University, JapanS2 - Electrical Engineering
S3 - Osaka City University, JapanS3 - Electrical Engineering
Mochamad AshariGuru BesarIr., M.Eng., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - Curtin University of Technology, AustraliaS2 - Electrical Engineering
S3 - Curtin University of Technology, AustraliaS3 - Electrical Engineering
Mohammad NuhGuru BesarIr., DEA, Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S3
S2 - USTL, FranceS2 - Electrical Engineering
S3 - University Montpellier II, FranceS3 - Electrical Engineering
Ontoseno PenangsangGuru BesarIr., M.Sc., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - Wisconsin University, USA S2 - Electrical Engineering
S3 -,Wisconsin University, USAS3 - Electrical Engineering
Yoyon Kusnendar Suprapto Guru BesarIr., M.Sc., Dr.S1 - ITB S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 – University of Missouri, USA S2 - Electrical Engineering
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Achmad ArifinLektor KepalaS.T., M.Eng., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - Tohoku University, Japan S2 - Electronics
S3 - Tohoku University, JapanS3 - Electronics
Achmad Mauludiyanto Lektor KepalaIr., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITS S2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Ari SantosoLektor KepalaIr., DEA, Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - LAG INPG, France S2 - Electrical Engineering
S3 - University Paul Sabatier, FranceS3 - Electrical Engineering
I Ketut Eddy PurnamaLektor KepalaS.T., M.T. Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - University of Groningen, NederlandsS3 - Biomedical Engineering
I Made Yulistya NegaraLektor KepalaS.T., M.Sc., Dr.Eng.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 – Karlsruhe University, Germany S2 - Electrical Engineering
S3 - Kyushu University, JapanS3 - Electrical Engineering
Margo PujiantaraLektor KepalaIr., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Mochamad HariadiLektor KepalaS.T., M.Eng., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - Tohoku University, Japan S2 - Inteligent Science
S3 - Tohoku University, JapanS3 - Computational and Mathematical Structure Science
Muhammad RivaiLektor KepalaS.T., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - UI S2 - Opto-Elektroteknika dan Aplikasi Laser
S3 - UnairS3 - Teknologi Sensor
Soedibjo Lektor KepalaIr., M.M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITS S2 - Magister Manajemen Teknologi
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
SuwadiLektor KepalaIr., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Titiek Suryani Lektor KepalaIr., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Tri Arief SardjonoLektorS.T., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - University of Groningen, NederlandsS3 - Biomedical Engineering
Trihastuti Agustinah Lektor KepalaS.T., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITS S2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Adhi Dharma WibawaLektorS.T., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - University of Groningen, NederlandsS3 - Biomedical Engineering
Ardyono PriyadiLektorS.T., M.Eng., Dr.Eng.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - Hiroshima University, Japan S2 - Electrical Engineering
S3 - Hiroshima University, JapanS3 - Electrical Engineering
Dedet Candra RiawanLektorS.T., M.Eng., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - Curtin University, Australia S2 - Electrical Engineering
S3 - Curtin University, AustraliaS3 - Electrical Engineering
Dimas Anton AsfaniLektorS.T., M.T., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITS S2 - Teknik Elektro
S3 - Kumamoto university, JapanS3 - Electrical Engineering
Djoko PurwantoLektorIr., M.Eng., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - Keio University, JapanS2 - Electrical Engineering
S3 - Keio University, JapanS3 - Electrical Engineering
Eko Mulyanto YLektorS.T., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - ITS S2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Eko SetijadiLektorS.T., M.T., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITS S2 - Teknik Elektro
S3 - Kumamoto University, JapanS3 - Electrical Engineering
EndroyonoLektorIr., DEA, Dr.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1, S2, S3
S2 - INSA De Rennes, FranceS2 - Electrical Engineering
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Heri SuryoatmojoLektorS.T., M.T., Ph.D.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITS S2 - Teknik Elektro
S3 - Kumamoto university, JapanS3 - Electrical Engineering
Puji HandayaniLektorIr., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITSS2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Ronny MardiyantoLektorS.T., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - Saga University, JapanS3 - Information Science
Rony Seto WibowoLektorS.T., M.T., Dr.Eng.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - Hiroshima University, JapanS3 - Electrical Engineering
Supeno Mardi Susiki NugrohoLektorS.T., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - ITB S2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Surya SumpenoLektorS.T., M.Eng., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - Tohoku University, JapanS2 - Computational and Math. Structure Science
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
WirawanLektorIr., DEA., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - University Nice Sophia, Antipolis, France S2 - Electrical Engineering
S3 - University Nice Sophia, Antipolis, FranceS3 - Electrical Engineering
Achmad AffandiLektorIr., DEA., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - INSA De Rennes, France S2 - Electrical Engineering
S3 - INSA De Rennes, FranceS3 - Electrical Engineering
Totok Mujiono LektorIr., M.I.Kom, Ph.dS1 - ITSS1 - Teknik ElektroS1, S2, S3
S2 - Universitas IndonesiaS2 - Ilmu Komputer
S3 - Tokyo Institut of Technology, JapanS3 - Electrical Engineering
Hendra Kusuma LektorIr., M.Eng., Dr.S1 - ITSS1 - Teknik ElektroS1, S2, S3
S2 - Curtin University, AustraliaS2 - Electrical Engineering
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Astria Nur Irfansyah LektorS.T., M.Eng., Ph.D.S1 - UGMS1 - Teknik ElektroS1, S2, S3
S2 - Univ. of New South Wales, AustraliaS2 - Electrical Engineering
S3 - Univ. of New South Wales, AustraliaS3 - Electrical Engineering
Vita Lystianingrum Budiharto Putri Asisten AhliS.T., M.Eng., Ph.D.S1 - ITSS1 - Teknik ElektroS1, S2, S3
S2 - Univ. of New South Wales, AustraliaS2 - Teknik Elektro
S3 - Univ. of New South Wales, AustraliaS3 - Electrical Engineering
Ni Ketut AryaniAsisten AhliIr., M.T., Dr.S1 - ITS S1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITSS2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Dimas Fajar Uman Putra Asisten AhliS.T., M.T., Dr.S1 - ITSS1 - Teknik Elektro S1, S2, S3
S2 - ITS S2 - Teknik Elektro
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Diah Puspito Wulandari LektorS.T., M.Sc., Dr.S1 - ITBS1 - Teknik Elektro S2, S3
S2 - University of Edinburgh, UKS2 - Artificial Intelligence
S3 - ITSS3 - Teknik Elektro
Muhammad AttamimiLektor B.Eng, M.Eng, Ph.D.S1 - The University of Electro-Communications, JapanS1 - Electronic EngineeringS1, S2, S3
S2 - The Univiversity of Electro-Communications, JapanS2 - Intelligent Systems
S3 - The University of Electro-Communications, JapanS3 - Intelligent Systems
Ali Fatoni LektorIr., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITBS2 - Elektroteknik
Gatot Kusrahardjo LektorIr., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITSS2 - Teknik Elektro
Harris Pirngadi LektorIr., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITBS2 – Teknik Elektro
Mochammad SahalLektorS.T., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITSS2 - Teknik Elektro
Rusdhianto EAK LektorIr., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITBS2 - Teknik Elektro
Sjamsjul Anam LektorIr., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITSS2 - Teknik Eletro
Tasripan LektorIr., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITBS2 – Teknik Elektro
Zulkifli Hidayat LektorS.T., M.Sc.S1 - ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - University of Twente, Enschede, Belanda.S2 – Electrical Engineering
Devy Kuswidiastuti Asisten AhliS.T., M.Sc.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - Hochschule Darmstadt, JermanS2 – Electrical Engineering
Eka Iskandar Asisten AhliS.T., M.T.S1 - ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITSS2 - Teknik Elektro
Fajar BudimanAsisten AhliST., M.Sc.S1 – ITSS1 – Teknik ElektroS1
S2 – National Taiwan University of Science and TechnologyS2 – Electronics
Nurlita GamayantiAsisten AhliS.T., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITSS2 - Teknik Elektro
Prasetiyono Hari MuktiAsisten AhliS.T., M.T., M.Sc.S1 - ITBS1 – Teknik ElektroS1
S2 – ITBS2 – Teknik Elektro
S2 – Delft University of TechnologyS2 – Electrical Engineering
Rudy Dikairono Asisten AhliS.T., M.Sc.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - Hochschule Darmstadt, JermanS2 – Electrical Engineering
Sri Rahayu Asisten AhliS.T., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITSS2 – Teknik Informatika
Suwito Asisten AhliS.T., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITBS2 – Teknik Elektro
Yusuf Bilfaqih Asisten AhliS. T., M.T.S1 – ITSS1 - Teknik ElektroS1
S2 - ITS- Teknik Elektro
Daniar Fahmi-S.T., M.T.S1 – ITSS1 – Teknik ElektroS1
S2 - ITSS2 – Teknik Elektro
Mohamad Abdul Hady-ST., M.T.S1 – ITSS1 – Teknik ElektroS1
S2 - ITSS2- Teknik Elektro

NO.
NAMA DOSEN TETAPGELAR AKADEMIKBIDANG RISET
1.Abdullah AlkafIr., M.Sc.,Ph.D.Control System, Production Research
2.Achmad JazidieIr., M.Eng., Dr.Eng.Control System, Robotic
3.Adi SoeprijantoIr.,M.T., Dr.Eng. power system analysis
4.Gamantyo HendrantoroIr., M.Eng.,Ph.D.Radio wave propagatio,n Multi-antenna communications, Radar array processing
5.Imam RobandiIr., M.T., Dr.Eng.Power System Engineering and Control
6.Mauridhi Hery PurnomoIr., M.Eng., Dr.Eng.Artificial Intelligence & Deep Learning, Robotic & Signal Processing, Power System, Biomedical Engineering
7.Mochamad AshariIr., M.Eng., Ph.D.Power Electronics, Renewable Energy, Stand-alone and Grid Connected, Systems Power Quality
8.Mohammad NuhIr., DEA, Dr.Biomedik, Control System, Intelegent system
9.Ontoseno PenangsangIr., M.Sc., Ph.D.Power system simulation and analysisPower Quality
10.Yoyon Kusnendar Suprapto Ir., M.Sc., Dr.Audio Signal Processing
11.Achmad ArifinS.T., M.Eng., Ph.D.Biomedical Engineering
12.Achmad Mauludiyanto Ir., M.T., Dr.Multimedia Telecommunication
13.Ari SantosoIr., DEA, Dr.Control system, intelligent
14.I Ketut Eddy PurnamaS.T., M.T. Dr.Medical Image Analysis Microscopic, Image Analysis, Computer Vision and Image Understanding
15.I Made Yulistya NegaraS.T., M.Sc., Dr.Eng.High Voltage Engineering, Partial Discharge, Dielectric Material Characteristics, Transient Phenomena on HV
16.Margo PujiantaraIr., M.T., Dr.Power System Engineering, protection System, Power Quality, Industrial Electrical
17.Mochamad HariadiS.T., M.Eng., Ph.D.Computational Intelligence, Computer Vision, Video and Image Processing, Game Technology, Iot Big Data and Edge Computing
18.Muhammad RivaiS.T., M.T., Dr.Electronics, Sensor Technology, Chemical Sensors, Robotics, Artificial Intelligence
19.Soedibyo Ir., M.M.T., Dr.Renewable Energy Engineering, Power Quality
20.SuwadiIr., M.T., Dr.Multimedia Communication, Broadband Wireless Communication, Software Defined Radio
21.Titiek Suryani Ir., M.T., Dr.Wireless Communications, Mobile Communications, Multicarrier Communications
22.Tri Arief SardjonoS.T., M.T., Dr.Biomedical Engineering
23.Trihastuti Agustinah S.T., M.T., Dr.Control Engineering, Fuzzy Control
24.Adhi Dharma WibawaS.T., M.T., Dr.Image processing, Biomechanics, Artificial Intelligence e-Gov studies
25.Ardyono PriyadiS.T., M.Eng., Dr.Eng.power system transient, dynamic stability, power system protection, power system quality, smart grid & artificial intellligen tec
26.Dedet Candra RiawanS.T., M.Eng., Ph.D.Energy Conversion, Electric Machines, Power Electronics, Renewable Energy
27.Dimas Anton AsfaniS.T., M.T., Ph.D.Electrical Engineering, Electrical Machines, Condition monitoring, Diagnostics
28.Djoko PurwantoIr., M.Eng., Ph.D.Robotics, Industrial Electronics, Machine Vision
29.Eko Mulyanto YS.T., M.T., Dr.Computer Vision
30.Eko SetijadiS.T., M.T., Ph.D.Wireless Telecommunication, Antenna, Microwave circuit and propagation, EMC
31.EndroyonoIr., DEA, Dr.Telecommunication, Electronics, Intelligent Transportation System
32.Heri SuryoatmojoS.T., M.T., Ph.D.Renewable energy, power electronic, Electric Machines
33.Puji HandayaniIr., M.T., Dr.Antenna and Propagation
34.Ronny MardiyantoS.T., M.T., Dr.Robot Vision, Biomedical electronic, UAV Technology
35.Rony Seto WibowoS.T., M.T., Dr.Eng.Power system operation, Power system planning, Renewable energy, Power system economics
36.Supeno Mardi Susiki NugrohoS.T., M.Kom., Dr.Game Technology, Software Engineering, Computational Intelligent
37.Surya SumpenoS.T., M.Eng., Dr.Extended Reality, Data Mining Machine, Learning CHI-UX, Artifical Intelligence
38.WirawanIr., DEA., Dr.Statistical signal processing, Wireless Sensor Network, Video coding, Underwater acoustic
39.Achmad AffandiIr., DEA., Dr.wireless communications, e-learning network, management protocol engineering, internet of things
40.Totok Mujiono Ir., M.I.Kom, Ph.dbiosensor, optical transducer, qcm, lock-in technique, FPGA
41.Hendra Kusuma Ir., M.Eng., Dr.Biometric, Image Processing, Machine Learning, Electronic, Data Acquisition
42.Astria Nur Irfansyah S.T., M.Eng., Ph.D.Mixed Signal Circuit Design, VLSI, Stochastic Circuits, Microelectronics, Embedded Systems
43.Vita Lystianingrum Budiharto Putri S.T., M.Eng., Ph.D.Supercapacitors, Batteries, Monitoring and Diagnostics
44.Ni Ketut AryaniIr., M.T., Dr.Power system operation, Power system economics, Power Quality
45.Dimas Fajar Uman Putra S.T., M.T., Dr.power systems, power system stability, smart grid, power system distribution
46.Diah Puspito Wulandari S.T., M.Sc., Dr.Computer Engineering
47.Muhammad AttamimiB.Eng, M.Eng, Ph.D.Visual Recognition, Intelligent Systems, Artificial Intelligence, Intelligent Robotics
48.Ali Fatoni Ir., M.T.Control Engineering
49.Gatot Kusrahardjo Ir., M.T.Telecommunication, Network Access
50.Harris Pirngadi Ir., M.T.Electronics
51.Mochammad SahalS.T., M.T.Control Systems Engineering, Multi Agent Systems, Signal Processing
52.Rusdhianto EAK Ir., M.T.Control Systems, Theory Process Control, Autonomous Vihicle, Motor Design, Electric Drive
53.Sjamsjul Anam Ir., M.T.Power System
54.Tasripan Ir., M.T.Sensor electronic engineering, data acquisition, control system engineering
55.Zulkifli Hidayat S.T., M.Sc.Control Engineering, System Engineering, State Estimation
56.Devy Kuswidiastuti S.T., M.Sc.Wireless Communications, Radar system, signal processing
57.Eka Iskandar S.T., M.T.Industrial Automation, Industrial Process Control, industrial informatics, Variable Speed Drives/inverter, CNC
58.Fajar BudimanST., M.Sc.Electronic robotic, sensors, IoT
59.Nurlita GamayantiS.T., M.T.Optimization System, System and Cybernetic
60.Prasetiyono Hari MuktiS.T., M.T., M.Sc.Wireless Communication, Radio Propagation, Antenna, System Microwave Engineering, Radar Systems
61.Rudy Dikairono S.T., M.Sc.Electonics, Embedded systems, Robotics
62.Sri Rahayu S.T., M.T.Telecommunacation
63.Suwito S.T., M.T.Industrial Automation, Instrumentation, Power Electronics
64.Yusuf Bilfaqih S.T., M.T.System Engineering, Education Engineering
65.Daniar FahmiS.T., M.T.Electrical Engineering, Power Electronic, High Voltage Engineering, Liquid Insulation
66.Mohamad Abdul HadyS.T., M.T.control system, intelligent controller, robotics

Peran stakeholder untuk penyusunan Kurikulum

Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (EED-ITS) berdiri pada tahun 1960 dengan nama Fakultas Teknik Elektro. Hanya program sarjana, atau Program Sarjana Bahasa Indonesia, yang ditawarkan pada waktu itu hingga tahun 1993. Didorong oleh perkembangan sistem pendidikan tinggi nasional yang pesat dan permintaan yang besar untuk lulusan berkualifikasi tinggi, EED-ITS mendirikan Program Magister Teknik dan Doktor pada tahun 1993 dan 2004 , masing-masing. Sejak saat itu EED-ITS tumbuh dan didorong untuk mencari pengakuan internasional melalui penyampaian praktik pendidikan berstandar internasional dan penguatan kegiatan penelitian.

EED-ITS memiliki visi menjadi institusi pendidikan tinggi kelas dunia dan menjadi preferensi dalam penelitian dan pengembangan teknologi terdepan di bidang teknik kelistrikan dan bidang terkait. Untuk mencapai visi tersebut EED-ITS telah menetapkan beberapa misi yang dijabarkan di bawah ini:

    1. Mewujudkan proses belajar mengajar yang berstandar tinggi yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan fasilitas berstandar.
    2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi mahasiswa dan staf untuk memicu pemikiran kreatif dan inovatif.
    3. Memberikan dukungan untuk kegiatan penelitian terkait
    4. Berkontribusi kepada masyarakat melalui ide / pemikiran yang inovatif dan kreatif, penerapan teknologi, dan kemitraan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Program Studi S1 yang selanjutnya kita sebut sebagai program studi adalah program studi S1 yang ditawarkan oleh EED-ITS pada tahun 1960. Program studi ini didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 93367 / UU / 1960 tanggal 03 November 1960. Saat ini program studi tersebut telah menjadi salah satu program studi teknik elektro terbaik di Indonesia menurut Sinta.

    1. Lulusan mampu berkontribusi dalam profesinya dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilannya di bidang teknik elektro
    2. Lulusan mampu mempraktekkan kode etik keteknikan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan
    3. Lulusan mampu menjalankan profesinya dengan tangguh, percaya diri, kreatif, dan taat pada keyakinannya.
    4. Lulusan memiliki karakter kepemimpinan yang mampu mengkomunikasikan, menginspirasi dan memelihara lingkungannya, serta bertanggung jawab terhadap pekerjaannya

 

Untuk memastikan lulusan dikaitkan dengan profil yang diinginkan, program studi telah merumuskan seperangkat Program Learning Outcome (PLO’s) yang dijelaskan pada Tabel 1.1. PLO mendeskripsikan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang harus diperoleh siswa ketika mereka menyelesaikan studi di program studi. Korelasi antara rumusan PLO dan PEO di Tabel 1.2 menunjukkan bahwa hasil pembelajaran yang diinginkan mendukung profil lulusan yang diinginkan.

Pengembangan PEO dan PLO merupakan bagian dari evaluasi umum berkala terhadap kurikulum yang diadakan setiap lima tahun sekali di ITS. Evaluasi terakhir dilakukan pada tahun 2018 dimana kurikulum berbasis hasil pembelajaran diperkenalkan untuk pertama kalinya. Kurikulum berbasis capaian merupakan implementasi dari Bingkai Kualifikasi Indonesia (KKNI, Perpres No 08/2012). Kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia tentang Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI, UU Kementerian Pendidikan Tinggi No 44, 2015).

Tahapan penyusunan profil lulusan sebagai bagian dari bagan pengembangan kurikulum ditunjukkan pada Gambar 1.1. Evaluasi dan pengembangan kurikulum melibatkan banyak pihak termasuk seluruh sivitas program studi, Dewan Pembina, dan pemangku kepentingan dari pengusaha lulusan, akademisi, regulator, dan alumni.

Evaluasi kurikulum diawali dengan analisis kekuatan dan kelemahan berdasarkan hasil tracer study. Saran dan masukan dari pemangku kepentingan digunakan untuk meningkatkan dan meningkatkan PEO dan PLO yang pada gilirannya akan diimplementasikan dalam perubahan atau variasi pada kursus dalam kurikulum baru. Umpan balik dan saran sebagian besar diperoleh dari tracer study dan survei kepuasan pemberi kerja yang dilakukan oleh Student Advisory Center ITS. Dalam beberapa kesempatan, program studi dapat mengadakan survey sendiri untuk mendapatkan informasi spesifik dari alumni dan pemberi kerja. Selain tracer study, program juga mengundang tokoh-tokoh di bidangnya untuk berdiskusi dan berdiskusi dalam berbagi pengalaman dan harapan praktis bagi lulusan. Dalam pengembangan kurikulum terakhir, program studi mengundang profesor dari universitas luar negeri, praktisi dari industri, dan alumni. Beberapa kegiatan pengembangan kurikulum ditangkap dalam foto- foto yang ditunjukkan pada Gambar 1.2.

Setelah dokumen kurikulum dilengkapi, program studi meminta persetujuan dari dewan kurikulum institut. Setelah disetujui, informasi resmi tentang kurikulum, termasuk PEO dan PLO, kemudian diterbitkan di situs web departemen. Dalam rangka sosialisasi profil lulusan dan hasil pembelajaran kepada stakeholders, juga dilampirkan dokumen pelengkap bernama SKPI beserta ijazah. Dokumen ini menyatakan secara eksplisit PEO dan PLO dari program studi.

Pemetaan PLO program studi digunakan untuk memeriksa kepatuhan terhadap sampel hasil pembelajaran yang disarankan dalam Kriteria Subjek-Spesifik (SSC). Pemetaan didasarkan pada aspek pengetahuan, keterampilan, etika, dan karakter. Korelasi antara PLO program studi dan SSC yang relevan ditunjukkan pada Tabel 1.3. Terlihat dari tabel bahwa semua hasil belajar program studi yang dimaksud berkorelasi baik dengan hasil belajar yang disarankan dalam SSC.

Student Advisory Center ITS melakukan tracer study dan survey kepuasan pemberi kerja secara berkala. Hasil tracer study 2018 (tahun kelulusan 2016) menunjukkan bahwa tingkat penyerapan tenaga kerja adalah 70%. Lulusan yang tersisa melanjutkan studi (~ 24%), wiraswasta (~ 4%), dan hampir 2% dari mereka menjadi wirausaha. Di antara alumni yang bekerja, sekitar 74% menyatakan bahwa mereka bekerja di bidang teknik kelistrikan dan / atau bidang terkait.

Aturan Penetapan Kurikulum dan Versi nya

Kurikulum yang berlaku saat ini adalah Kurikulum tahun 2018. Ditetapkan oleh Peraturan Rektor ITS Nomor 15 tahun 2018 tetang Peraturan Akademik ITS Tahun 2018

Skema Kurikulum

Struktur umum Kurikukum Teknik Elektro Program Sarjana adalah sebagai berikut Tabel 2.1. Struktur kurikulum program sarjana teknik elektro

No.

Type Mata Kuliah

Credits page27image7945440Percentage page27image7100512Semester

1

Wajib Nasional

page27image7961456 page27image58740808 page27image58749125.5 page27image5875536I 7 II

2

Wajib ITS

page27image5877200 page27image58776167 page27image58784484.8 page27image5879072I,VI, & VII

3

Basic science dan matematika

page27image5881568 page27image588198426 page27image588344018.1 page27image5884480I, & II

4

Wajib Elektro *

59

41

III sampai VIII

5

Pilihan Elektro**

page27image5887808 page27image588822441 page27image588905628.5 page27image5889680V sampai VIII

6

Pengayaan

page27image5892176 page27image58925923 page27image58940482.1 page27image5895088VI sampai VIII

144

100

page27image7087296

*termasuk: KP, pra TA, TA
**Termasuk konsentrasi bidang: wajib dan pilihan

Matrix Capaian Pembelajaran Lulusan ke The Subject-Specific Criteria (SSC) Lampiran 10.1

Objective Module Matrix Lampiran 11.1

Matrix CPL ke MK

Setiap matakuliah di desain untuk menunjang capaian pembelajaran lulusan (CPL). Pemetaan CPL ke Matakuliah dapat dilihat pada Lampiran 12.1

Sylabuss

Silabus setiap matakuliah dapat diakses di website DTE sebagai berikut :

Terlampir, RAE, RT dan penilaian di share di kelas

Deskripsi 1 SKS

Mengutip peraturan Akademik ITS tahun 2019, berikut ini diskripsi beban SKS program studi dan diskripsi satuan SKS:

Matrix Kurikulum per Semester

Matrik Kurikulum setiap semester dapat dilihat pada lampiran 15.1

Prasyarat MK

Prasyarat Matakuliah dapat dilihat pada Lampiran 16.1

Course flow

Untuk pengambilan matakuliah mulai semester 1 hingga semester 8, dapat mengikuti Course flow atau alur matakuliah. Terdapat matakuliah persiapan bersama Teknik elektro dan bidang minat. Courflow dapat dilihat pada Lampiran 17.1

SKEM dan Bahasa Asing

Selain harus menempuh kuliah sebanyak 144 SKS, untuk kelulusan, mahasiswa harus memenuhi Satuan Kredir Ekstra Kurikuler mahasiswa (SKEM) dan lulus Bahasa asing. Ini diatur dalam peraturan akademik Pasal 10 ayat 7.