Program Sarjana Sistem Informasi

 

Departemen Informaton Sistem berada di bawah Fakultas Informaton Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, memiliki visi untuk menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan terutama di bidang Sistem Informasi terutama pada penerapan dan aplikasi desain dan pengembangan sistem informasi, sistem pendukung keputusan dan intelijen bisnis. Alumnus dari departemen akan dibekali dengan keterampilan dalam merancang dan menganalisis kebutuhan sistem informasi untuk organisasi, merancang pengembangan proyek dalam konteks sistem informasi secara komprehensif menggabungkan aspek infrastruktur IT (teknologi informasi),  seperti hardware, sofware, jaringan, data, hirarki organisasi, proses dan prosedur, sumber daya manusia dan budaya, dan kebijakan dan regulasi. Para mahasiswa juga disediakan dengan kemampuan keterampilan dasar dan kemajuan dalam penerapan dan pengembangan sofware, infrastruktur jaringan, pemeliharaan sistem manajemen informasi dari organisasi.

Prospek Karir

Profil Lulusan

Profil lulusan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan prodi di masyarakat atau dunia kerja, atau jawaban atas pertanyaan: ‚ÄúSetelah lulus nanti, akan menjadi apa saja lulusan program studi ini?‚Ä̬†Profil lulusan adalah basis perumusan kurikulum sebuah program studi, target sekaligus tolok-ukur berhasil/tidaknya sebuah kurikulum program studi untuk menghasilkan lulusan-lulusan dengan kompetensi yang diinginkan.

Mengakomodasi hasil survey alumni Jurusan Sistem Informasi ITS (JSI- ITS), ¬†masukan ¬†dari ¬†perusahaan ¬†pengguna ¬†lulusan ¬†JSI-ITS, ¬†rekomendasi ¬†dari asosiasi profesi (AIS dan ACM), dan analisis tren profesional SI/TI serta peluang lulusan JSI-ITS di masa mendatang, serta mengadopsi metode pengelompokkan pekerjaan (job) di bidang SI/TI (Robert Half Technology, 2008) maka telah ditetapkan bahwa Kurikulum JSI-ITS 2014 ‚Äď 2019 bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan 4 (empat) peran, yakni:

  1. Development of Information Systems (IS Developer) Pengembang Sistem Informasi (IS Developer) yakni peran yang mencakup perancang, pembuat, penguji, pengevaluasi, pembuat aturan bisnis, hingga menyiapkan sumber-daya pendukung sistem informasi (SI) agar tujuan/ permasalahan bisnis organisasi dapat tercapai/diselesaikan dengan efisien dan efektif melalui bantuan SI. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Manajer Proyek SI/TI, Analis Sistem (System Analyst), Analis Sistem Bisnis (Business System Analyst), Perancang Sistem (System Designer), Programmer, dan Arsitek Aplikasi (Application Architect).
  2. Consultant and Systems Integrator (Consultant & System Integrator), yakni peran yang mencakup supervisi, evaluasi dan konsultasi solusi teknologi informasi (TI), serta integrasi berbagai proses bisnis yang difasilitasi dengan SI/TI termasuk di level enterprise. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Konsultan SI/TI, Practice Manager, Enterprise Architect, dan Spesialis ERP.
  3. Specialist Database (Database Specialist), yakni peran yang mencakup perancang, pembangun, perawatan (termasuk updating), hingga analisis basis data. Peran ini dapat dikerjakan
    antara lain oleh Database Designer, Database Programmer, Database Administrator, Analis Data (Data Analyst), Data Warehouse Analyst, dan Business Intelligence Analyst.
  4. Akademisi SI (IS Academician), yakni peran yang terkait sikap seorang intelektual seperti kritis, analitis, dan menghasilkan karya ilmiah. Peran ini dapat dikerjakan antara lain oleh mahasiswa S2 Sistem Informasi.