News

Tim ABMAS & KKN ITS Rancang Dashboard Interaktif untuk Kota Mojokerto

Jum, 13 Okt 2023
3:13 pm
Berita
Share :
Oleh : sbadmin   |


Foto Tim KKN ABMAS Statistika Bisnis ITS dengan Diskominfo serta OPD-OPD Mojokerto

DSB Berita– Satikomo (Satu Data Informasi Kota Mojokerto) merupakan program yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Mojokerto sebagai wadah pengembangan pusat data terpadu. Program ini bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai pembina data, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) sebagai koordinator data, Diskominfo sebagai walidata dan OPD-OPD Kota Mojokerto sebagai produsen data.

Satikomo memiliki fitur untuk visualisasi data. Visualisasi data tetapi masih dilakukan secara statis menggunakan Tableau, sehingga visualisasi data yang terdapat di dalam Satikomo memiliki kekurangan yakni tidak terintegrasi secara real time. Untuk mengatasi kekurangan tersebut  tersebut, tim ABMAS dan KKN Statistika Bisnis ITS, pada bulan Agustus 2023 telah melaksanakan program pengabdian masyarakat di kota Mojokerto. Dalam hal ini tim Abmas sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Mojokerto untuk merancang bangun suatu dashboard sebagai bentuk visualisasi informasi interaktif menggunakan Power BI.

Tim ABMAS dan KKN Statistika Bisnis ITS diketuai oleh Dra. Lucia Aridinanti,M.T., dengan tim pengabdi yakni Muhammad Alifian Nuriman, M.Stat., Dr. Wahyu Wibowo, M.Si., Zakiatul Wildani, M.Sc., Iis Dewi Ratih, M.Si., Ir. Sri Pingit Wulandari, M.Si., dan Dra. Sri Mumpuni Retnaningsih,M.T. Tim Abmas didukung oleh 10 mahasiswa KKN yakni Meira Frisca Anindhita, Ferdyansyah Permana Putra, Wahyu Novitasari, Rizka Widya Berliana, Desy Nazalia Rafika, Mochammad Rozan Hakim, Diana Shintawati, Divy Allyssa Pramestira, dan Nabila Aisha. Kegiatan KKN mahasiswa adalah mulai dari persiapan, pengumpulan data,  pembuatan dashboard, serta pendampingan oleh tim pengabdi. Selama kegiatan ini sangat mendapat dukungan penuh dari pihak Diskominfo dan OPD-OPD Kota mojokerto.


Rapat Bersama Diskominfo dan OPD Mojokerto

Proses rancang bangun Dashboard interaktif dimulai melalui pengumpulan data yang dikordinasikan oleh Diskominfo Mojokerto terhadap OPD-OPD Mojokerto. Selanjutnya, pemahaman data dilakukan untuk meninjau indikator-indikator yang akan disajikan dalam dashboard sehingga tujuan dari pembuatan dashboard dapat terealisasikan dengan baik. Pre-Processing data akan menjadi penunjang utama dalam menyiapkan kualitas data. Tahap terakhir yakni visualisasi data pada masing-masing variabel secara interaktif dalam dashboard menggunakan media Power BI.

Dashboard ini dirancang user friendly dan interaktif yang mudah diakses oleh semua petugas / staf bahkan masyarakat luar agar mempermudah pemahaman tentang informasi data di sektor kesehatan, pendidikan, sosial  dan UMKM di Kota Mojokerto dengan visualisasi Power BI. Melalui kerjasama ini, Kepala Bidang Persandian dan Data Statistik Siti Noor’ Ainy berharap pembangunan dashboard yang baru nanti dapat memberikan data yang lebih update. “Semoga dengan pembangunan dashboard ini bisa bermanfaat untuk Kota Mojokerto dan tentunya sangat membantu kami untuk memajukan SATIKOMO,” terang Ainy.

Latest News

  • DATAMAGZ Vol.7

    Post Views: 72

    01 Jun 2024
  • DataZen Vol. 3

      Post Views: 118

    15 Jan 2024
  • DataSphere Vol. 4

      Post Views: 128

    15 Jan 2024