Lab Statistika Bisnis-Analitik

Bisnis analitik merupakan istilah untuk sekumpulan  keterampilan, teknologi, dan eksplorasi data bisnis masa lalu untuk mendapatkan wawasan dan arah  perencanaan bisnis. Bisnis analitik berfokus pada pengembangan wawasan baru dan pemahaman tentang kinerja bisnis berdasarkan data dan metode statistik.  Beberapa mata kuliah terkait dengan bisnis analitik diantaranya adalah pengantar ilmu ekonomi, ekonometrik, riset pasar, rekayasa ekonomi, dan peramalan (deskripsi terlampir).

Berikuti ini disajikan daftar penelitian yang dapat dikategorikan dalam ruang lingkup penelitian laboratorium Bisnis Analitik.

Tahun Penelitian
2010 Perhitungan Biaya Kerugian Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Akibat Pencemaran Minyak di Laut
2011 Market Potensial Research untuk Revitalisasi Pasar Tradisional di Surabaya, Penelitian Kerjasama Industri, ITS.
2012 Kajian Atas Faktor Faktor yang berpengaruh dalam Penetapan level dan Indikator Crisis Management Protocol (CMP) Dalam rangka Pencegahan dan Penanganan Krisis Pasar Utang Berharga Negara
2012 Decision Support System Untuk Perhitungan Biaya Kerugian Akibat Pencemaran Laut
2014 Pembanguna  Model Penilaian Resiko Anggota Dana Perlindungan Pemodal
2013 Pemetaan dan Pemodelan Resiko Kerugian Ekonomi

Akibat Bencana Alam

2014 Pemetaan dan Pemodelan Resiko Kerugian Ekonomi

Akibat Bencana Alam (Tahun kedua)

2015 Pembangunan Model Penilauian Resiko Anggota DPP Bank Kustodian
2015 Analisis  Pola  Aktivitas  Dan Potensi Wilayah Untuk  Pengembangan Bisnis Di Kawasan Pelabuhan Teluk Lamong
2015 Survei Kepuasan Konsumen Badan Pusat Statistik (BPS) 2015 di Kota Probolinggo
2017 Prediksi Fianansial Distress Menggunakan Linear Discriminant Analysis Dan Support Vektor Machine Pada Perusahaan Sektor Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
2017 Pengembangan Metode Hybrid ARIMAX-Regresi Kuantil Untuk Peramalan Data Konsumsi Listri di Jawa Timur Yang Mengandung Heteroskedatisitas
2017 Analisa Ekonomi Dampak Perubahan Iklim Terhadap Produktivitas Pertanian di Indoensia Untuk Mengantisipasi Ketahanan Pangan Menggunakan Model Panel Ekonometrika
2017 Analisis Value At Risk Menggunakan Pendekatan Copula Armax-Garchx Untuk Mengestimasi Risiko Return Saham Pada Sub Sektor Perbankan

Penguasaan pasar merupakan hal penting  agar industri dapat terus tumbuh.  Semua hasil industri, baik barang dan jasa, akan diserap oleh konsumen.  Semakin luas pangsa pasar yang dijangkau, tentu akan semakin banyak produk yang dihasikan.  Salah satu cara menguasai pasar adalah dengan riset pemasaran.  Dalam hal ini sangat diperlukan orang yang memiliki keahlian merancang sampling, merancang instrument, melakukan survey and pengolahan data.  Selain itu, analisis terhadap kompetitor juga penting dilakukan, seperti dengan bisnis intelligen.