PPID

Layanan informasi publik ITS yang dikelola oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ITS

Kontak Petugas

Tidak menemukan informasi yang anda cari di dalam layanan website kami ? Silahkan kontak petugas PPID.

Survei Layanan

Fakultas dan Sekolah

  Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD)

Untuk mendukung visi ITS menjadi universitas bereputasi internasional atau World Class University, serta dalam rangka menjawab tantangan industri 4.0, pada tahun 2020 fakultas ini mendapat nama baru yakni Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD). Fakultas ini menaungi Departemen Matematika, Statistika, Aktuaria, Fisika, Kimia, dan Biologi.

  Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS)

Perkembangan industri di Indonesia sangat pesat. Hingga 2019, ada sekitar 24.500 industri terdaftar di Kementerian Perindustrian dan lebih dari 100 kawasan industri, dimana setiap daerah memiliki ratusan hingga 2.267 hektar. Dengan populasi Indonesia yang lebih dari 250 juta dan luasnya mencapai 1.905 juta km2, tentu saja sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan menggunakan sumber daya alam yang melimpah. Departemen yang ada di Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem:  Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Material dan Metalurgi.

  Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian (FTSPK)

Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian merupakan hasil dari perampingan  fakultas  berdasar penyesuaian rumpun ilmu dan bidang ilmu yang ada di ITS. FTSPK terdiri dari enam Departemen, yaitu Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah Kota, Teknik Geomatika, dan Teknik Geofisika. Seluruh departemen mempunyai kompetensi yang menunjang target ITS dalam mencapai World Class University dan peningkatan Kontribusi Nasional.  FTSPK juga merupakan wadah dari Departemen yang menghasilkan lulusan yang terbaik dan memiliki kompetensi sesuai dengan bidang ilmunya  dengan keunikannya masing-masing.

  Fakultas Teknologi Kelautan (FTK)

Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS didirikan sesuai Keputusan Presiden No. 58 tahun 1982 dan merupakan pengembangan dari Fakultas Teknik Perkapalan  yang bersamaan dengan berdirinya Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tahun 1960. FTK memiliki Program Sarjana (S1) terdiri dari Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Teknik Transportasi Laut, serta Program Pascasarjana (Magister dan Doktor) yaitu Program Pascasarjana Teknologi Kelautan (PPsTK) dan Pascasarjana Teknik Sistem Perkapalan.

  Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC)

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (F-Electics) adalah fakultas unggulan di ITS yang didirikan sebagai gabungan dari Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) dan Fakultas Teknologi Elektro (FTE). F-Electics yang terdiri dari enam departemen serta delapan program studi untuk S1 ini memiliki lebih dari 2500 mahasiswa baik di tingkat S1, S2 ataupun S3 dengan visi membentuk sumber daya manusia berkarakter, berbudi unggul serta berkelas dunia dalam bidang teknologi elektro, sistem informasi, biomedik, komputer,  informatika  dan teknologi informasi.

  Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD)

Perubahan cepat dalam kehidupan karena kemajuan teknologi dan informasi seperti berkembangnya Artificial Intelligence dan Internet of Things (IoT) menyebabkan manusia perlu memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Kreatifitas dan inovasi menjadi kunci dalam mengantisipasi dinamika perubahan teknologi yang menyebabkan perubahan budaya dan tatanan kehidupan, karena kreativitas adalah kemampuan manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin. Demi pencapaian kesejahteraan manusia yang seimbang dengan lingkungan yang berakar dari nilai-nilai kebajikan dan budaya Indonesia, maka Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (CREABIZ) ini didirikan. Terdiri dari 6 Departemen: Manajemen Teknologi, Desain Produk, Manajemen Bisnis, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual dan Studi Pembangunan, Fakultas CREABIZ mempersiapkan sumber daya unggul yang kreatif, inovatif dan adaptif dengan design thinking dan kemampuan manajerial untuk mengantisipasi kecepatan perubahan teknologi dan informasi untuk kesejahteraan manusia dan alam sekitarnya.

  Fakultas Vokasi (FV)

Fakultas Vokasi ITS merupakan Fakultas yang memiliki 6 (enam) Departemen yaitu; Teknik Infrastruktur Sipil, Teknik Mesin Industri, Teknik Elektro Otomasi, Teknik Kimia Industri, Teknik Instrumentasi dan Statistika Bisnis dengan 8 (delapan) Program studi Sarjana Terapan dan 1 (satu) Magister Terapan:

  1. S.Tr. Teknologi Rekayasa Manufaktur (TRM)
  2. S.Tr. Teknologi Rekayasa Konversi Energi (TRKE)
  3. S.Tr. Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil (TRPPBS)
  4. S.Tr. Teknologi Rekayasa Kontruksi Bangunan Air (TRKBA)
  5. S.Tr. Teknologi Rekayasa Otomasi (TRO)
  6. S.Tr. Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI)
  7. S.Tr. Rekayasa Teknologi Instrumentasi (RTI)
  8. S.Tr. Statistika Bisnis (SB)

Dan  Program Magister Terapan

  1. M.Tr. Rekayasa Perawatan dan Restorasi Bangunan Sipil

  Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT)

Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT)  adalah sekolah baru yang didirikan ITS tahun 2021 dan tata kelolanya diatur dengan Peraturan Rektor nomor 11 tahun 2021. Sekolah ini akan mengelola beberapa program studi pada tingkat pascasarjana serta Pendidikan bersertifikat. Beberapa program studi yang akan dikelola adalah Doktor Manajemen Teknologi yang mulai beroperasi tahun 2020, Magister Manajemen Teknologi yang beroperasi sejak tahun 1996, Magister Inovasi Sistem dan Teknologi yang akan menerima mahasiswa mulai tahun 2022, dan Program Profesi Insinyur. Semua program ini terutama ditujukan untuk para profesional yang dimungkinkan untuk menempuh Pendidikan sambal bekerja.