News

LSCAMP 2023 Halal Supply Chain: Menggerakkan Produk Indonesia ke Pasar Halal Global

Kam, 15 Jun 2023
9:22 am
Berita
Share :
Oleh : adminpkh   |

LSCAMP 2023 Halal Supply Chain : Menggerakkan Produk Indonesia ke Pasar Halal Global

Surabaya — Pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 30-31 Mei 2023, Laboratorium Logistics dan Supply Chain Management (LSCM) Departemen Teknik Sistem dan Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menyelenggarakan kegiatan Logistics and Supply Chain Camp (LSCAMP) yang ke-7.

LSCAMP merupakan kegiatan learning camp tahunan yang diselenggarakan oleh laboratorium LSCM yang terbuka untuk umum. Topik yang diangkat dalam LSCAMP merupakan topik-topik terkini di bidang logistik dan supply chain yang disampaikan secara menarik dan menyenangkan oleh akademisi dan praktisi dari berbagai perspektif yang terkait. Di tahun 2023, LSCAMP mengangkat judul “Halal Supply Chain: Driving Indonesia Product to Global Halal Market” yang disampaikan dalam bentuk seminar, diskusi interaktif, dan visitasi industri.

Tema tersebut diangkat mengingat industri di Indonesia memiliki potensi besar dalam menembus pasar produk halal dan bersaing secara global, dimana untuk hal tersebut diperlukan adanya dukungan sistem sertifikasi halal, perkembangan teknologi, serta penerapan halal supply chain management lainnya. Acara ini dikemas secara fun, antara lainnya dalam bentuk seminar, diskusi interaktif, serta kunjungan industri di dua lokasi rumah pemotongan hewan modern di Jombang dan industri minuman fermentasi Yakult di Mojokerto. Terdapat lebih dari 80 peserta dengan berbagai macam latar belakang telah mengikuti acara ini.

Hari pertama LSCAMP 2023 dilaksanakan seminar yang membahas mengenai topik-topik yang berhubungan dengan rantai pasok dari sudut pandang halal.  Acara LSCAMP dibuka oleh keynotes topic dengan judul “Pendahuluan Mengenai Rantai Pasok” yang disampaikan oleh Kepala Laboratorium Logistik dan Supply Chain Management (LSCM), Ir. Niniet Indah Arvitrida., S.T., M.T., Ph.D, IPU.

Topik utama, pertama kali disampaikan oleh Prof. Setiyo Gunawan, S.T. Ph.D, IPM, sebagai Kepala Pusat Kajian Halal ITS dan Direktur Industri Halal Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa Timur, yang membawakan topik “Memberdayakan Industri UMKM untuk Memenuhi Standar Halal Indonesia”. Setelah itu, dilanjutkan dengan topik “Implementasi Sistem Traceability pada Halal Supply Chain” yang dibawakan oleh  Prof. Iwan Vanany S.T., M.T..

Setelah itu dilanjutkan dengan topik “Penggerak Halal Supply Chain: Belajar dari Praktik dan Inovasi Terbaik oleh Berkah Chicken” yang dibawakan oleh Roni Maulana S,Pt sebagai CEO PT Berkah Global Business atau Berkah Chicken. Topik keempat adalah Memperkuat Rantai Pasok Halal Indonesia melalui Infrastruktur yang dibawakan oleh President Director of PT Makmur Berkah Amanda Tbk (Safe n Lock), Adi Saputra Tedjasurya, B.Eng, MCom. Pada topik terakhir, CEO dan Founder Ladang Lima, Raka Bagus, Dipl. Des,  yaitu sebuah perusahaan tepung dan makanan yang membawakan topik “Membangun Rantai Pasokan Halal yang Handal pada Produk Berbasis Singkong”.

 

Setelah mendapatkan pembekalan ilmu, pada hari kedua, para peserta melakukan kunjungan ke perusahaan PT Phalosari Unggul Jaya dan CV Wahana Sejahtera Foods di Jombang yang merupakan rumah potong hewan modern. Pada kunjungan ini, para peserta berkesempatan untuk melihat proses potong ayam dan bebek berdasarkan kaidah halal. Kunjungan dilanjutkan ke PT Yakult Indonesia Persada di Mojokerto untuk mengetahui keunggulan halal pada perusahaan manufaktur sebuah perusahaan susu terfermentasi.

Tentunya acara ini tidak dapat berlangsung dengan sukses tanpa adanya bantuan dari para mitra dan sponsor, PT PLN, PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO), PT PLN NUSANTARA POWER (PJB), PZ Cussons, dan Fishlog, serta media partner LSCAMP 2023 yaitu ITS TV, Webinar ID, Seputar.InfoID, Kompetisi Mahasiswa, Event Surabaya, dan Cek Info Logistik.

Ketua Panitia Penyelenggara, Ghina Dzakira Aqilah mengatakan bahwa penyelenggaraan LSCAMP 2023 kali ini lebih menantang dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini karena LSCAMP tahun ini merupakan tahun ke-tujuh diadakan dan menjadi LSCAMP pertama yang diselenggarakan kembali secara offline setelah 3 tahun diadakan secara online akibat pandemi. Ghina Dzakira Aqilah juga turut mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak mitra yang membantu keberhasilan acara LSCAMP 2023, yang terdiri dari Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Jawa Timur, PT Phalosari Unggul Jaya, CV Wahana Sejahtera Foods, PT Yakult Indonesia Persada, dan Hotel Raden Wijaya. Pelaksanaan LSCAMP juga didukung dengan peserta dari berbagai kalangan yang antusias mengikuti kegiatan ini.

Kepala Laboratorium Logistics and Supply Chain Management, Ir Niniet Indah Arvitrida, ST., MT., PhD., IPU juga menyampaikan bahwa  LSCAMP adalah salah satu kegiatan yang digerakkan oleh mahasiswa yang memiliki passion dalam mempelajari logistik dan rantai pasok. LSCAMP telah menjadi wadah pembelajaran sekaligus networking untuk peserta yang memiliki minat untuk berkembang di bidang manajemen logistik dan rantai pasok. Niniet berharap bahwa kegiatan yang telah diselenggarakan secara rutin selama 7 (tujuh) tahun ini dapat secara konsisten memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk mahasiswa, praktisi, dan akademisi.

Latest News

  • PKH ITS Adakan Pelatihan Uji DNA Babi dengan Metode RT-PCR

    Surabaya — Salah satu metode pengujian kehalalan produk yang biasa dilakukan oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) adalah deteksi berbasis

    14 Jul 2023
  • Kick off dan Pembukaan Workshop Kampung Madani Bagi Lurah dan Takmir Masjid Kota Surabaya

    Surabaya — Pusat Kajian Halal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama mengadakan sosialisasi kesadaran halal

    15 Jun 2023
  • LSCAMP 2023 Halal Supply Chain: Menggerakkan Produk Indonesia ke Pasar Halal Global

    Surabaya — Pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 30-31 Mei 2023, Laboratorium Logistics dan Supply Chain Management (LSCM) Departemen

    15 Jun 2023