Tesis

Prosedur Seminar Hasil Tesis

Tesis merupakan mata kuliah 8 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa Matematika ITS sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan Strata Dua dan mendapatkan gelar Magister Sains Matematika.

Mahasiswa diperbolehkan melaksanakan seminar hasil tesis paling cepat 12 pekan setelah pelaksanaan seminar proposal tesis. Berikut ini adalah proses yang harus dilakukan mahasiswa untuk mengikuti Seminar Hasil (SEMHAS) Tesis:

  1. Mahasiswa mendaftar SEMHAS Tesis di program SIAMAT.
  2. Mahasiswa mengumpulkan berkas SEMHAS Tesis kepada Kepala Program Studi Pascasarjana (KAPRODI).
  3. KAPRODI menjadwal SEMHAS Tesis.
  4. Mahasiswa melaksanakan SEMHAS Tesis. SEMHAS Tesis dilaksanakan selama 60 Menit, yang diawali dengan presentasi selama 20 menit, kemudian dilanjutkan tanya jawab selama 40 menit. Pembimbing menjadi moderator pada SEMHAS Tesis. Dosen Penguji pada SEMHAS Tesis minimal dua. Dosen pembimbing dan dosen penguji melaksanakan penilaian menggunakan rubrik.
  5. KAPRODI mengumumkan hasil SEMHAS Tesis serta catatan atau revisi dari penguji.
  6. Jika hasil SEMHAS Tesis dinyatakan DAPAT DILANJUTKAN, maka mahasiswa dapat melanjutkan proses pengerjaan Tesis dengan melakukan revisi dan mendaftar Ujian Tesis.
  7. Jika hasil SEMHAS Tesis sebaliknya, maka mahasiswa dapat melakukan SEMHAS Tesis ulang dengan mengumpulkan berkas SEMHAS Tesis (kembali ke poin 2)

Berkas Seminar Hasil Tesis

  1. Draf tesis 5 eksemplar (masing² dimasukkan dalam map mika putih)
  2. Lembar persetujuan dosen pembimbing (unduh di sini)
  3. Form Bimbingan Tesis (minimal 12x)
  4. bukti TEFL (jika sudah ada)
  5. bukti publikasi (jika sudah ada)

Rubrik Penilaian Seminar Hasil Tesis

Kriteria Tingkat Performa dan Deskripsi Bobot
1: Kurang 2: Cukup 3: Baik 4: Sangat Memuaskan
ISI Alat Bantu Visual dan Pengaturannya -Alat bantu visual justru

mengganggu presentasi.

-Presentasi berbolak-balik, maju mundur,

membingungkan.

-Alat bantu visual sulit dibaca pada beberapa bagian, tetapi tidak

mengganggu presentasi.

-Beberapa bagian dalam presentasi tidak berurutan.

-Tidak mengikuti the rule of nine, tetapi

masih mudah dibaca.

-Beberapa menggunakan bullet point.

-Tepat penggunaan warna, ukuran, dan

letak pada huruf, gambar, dan tabel.

-Presentasi memiliki sistematika yang

baik, hanya perlu perbaikan minor pada beberapa bagian.

-Alat bantu visual mudah dibaca, mengikuti rule of nine (9 baris/slide, 9 kata/baris).

-Menggunakan bullet point untuk membantu audiens fokus pada kata kunci.

-Tepat penggunaan huruf, gambar, dan tabel

(warna, ukuran, dan letak).

-Presentasi memiliki sistematika yang baik,

mengikuti standar yang ditetapkan (misalnya,

latar belakang, rumusan masalah, tujuan, kerangka konsep, metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan).

2
Penjelasan -Gagasan utama tidak jelas.

-Audiens tidak belajar

apapun, atau bahkan

menyesatkan.

-Gagasan utama tidak mudah diidentifikasi.

-Tidak menambah wawasan baru mengenai topik.

-Penjelasan akurat tapi tidak lengkap.

Gagasan utama dapat diidentifikasi.

-Audiens dapat mempelajari fakta yang tersirat, tetapi tidak menambah

wawasan baru mengenai topik.

-Penjelasan akurat dan lengkap.

-Gagasan utama dalam presentasi mudah diikuti dan dipahami.

-Menambah wawasan baru mengenai topik.

3
Pemahaman Tidak bisa menjawab semua pertanyaan. Tidak nyaman dengan pertanyaan dan hanya mampu menjawab

pertanyaan sederhana.

Menjawab semua pertanyaan sesuai

yang diharapkan, tanpa penjabaran

lebih.

Menunjukkan pengetahuan penuh dengan menjawab semua pertanyaan dengan penjelasan dan elaborasi (penjabaran). 5
KEMAMPUAN

VERBAL

& NON

VERBAL

Kemampuan Bicara, Gerak Tubuh dan Kontak Mata -Tak terdengar/ terlalu keras.

-Monoton.

-Tidak tepat mengucapkan

sebagian besar istilah.

-Gelisah, berjalan mondar mandir.

-Tidak ada kontak mata dengan audiens, selalu

melihat catatan.

-Seringkali bergumam.

-Tidak tepat mengucapkan Sebagian besar istilah.

-Postur tidak tegak, bertumpu pada satu sisi tubuh, tangan terpaku di sisi tubuh atau di podium. Kontak mata minimal dengan audiens, banyak melihat catatan.

-Suara jelas, tetapi volume menurun pada beberapa bagian.

-Tepat mengucapkan sebagian besar istilah.

-Perlu menambah atau mengurangi gerak tubuh dalam memberi penekanan pada poin penting. Kontak mata dengan audiens, dan sesekali melihat catatan.

-Suara terdengar jelas. Tepat mengucapkan

istilah.

-Menggunakan gerak tubuh dalam

mendeskripsikan atau memberi penekanan pada poin penting.

-Menjaga kontak mata langsung dengan

audiens.

2

Prosedur Ujian Tesis

Berikut ini adalah proses yang harus dilakukan mahasiswa untuk mengikuti Ujian Tesis:

    1. Mahasiswa mengumpulkan berkas Ujian Tesis kepada Kepala Program Studi Pascasarjana (KAPRODI).
    2. KAPRODI menjadwal Ujian Tesis.
    3. Mahasiswa melakukan Ujian Tesis secara tertutup. Ujian Tesis dilaksanakan selama 120 Menit. Ketua sidang pada Ujian Tesis bukan dosen Pembimbing. Dosen pembimbing dan dosen penguji melaksanakan penilaian menggunakan rubrik.
    4. KAPRODI mengumumkan hasil Ujian Tesis serta catatan atau revisi dari penguji.
    5. Jika hasil Ujian Tesis dinyatakan LULUS, maka mahasiswa dapat melanjutkan proses pengerjaan Tesis dengan melakukan revisi dan melengkapi berkas yudisium.
    6. Jika hasil Ujian Tesis sebaliknya, maka mahasiswa dapat melakukan Ujian Tesis ulang dengan mengumpulkan berkas Ujian Tesis (kembali ke poin 1)

Berkas Ujian Tesis

  1. Draf tesis 5 eksemplar (masing² dimasukkan dalam map mika putih)
  2. Bukti TEFL
  3. Bukti publikasi (jika sudah ada)

Rubrik Penilaian Ujian Tesis

Rubrik Penilaian Dosen Penguji

No Komponen Penilaian Kurang (56-63) Cukup (65-70) Baik (73-81) Sangat Memuaskan (83-95) Bobot
1 Penguasaaan bidang ilmu Mahasiswa tidak menguasai bidang ilmu Mahasiswa kurang menguasai bidang ilmu Mahasiswa menguasai bidang

ilmu dengan baik

Mahasiswa menguasai bidang

ilmu dengan sangat baik

20%
2 Penguasaan metode

penelitian yang relevan

dengan penelitian tesis

Mahasiswa tidak menguasai metode penelitian yang relevan

dengan penelitian tesis

Mahasiswa kurang menguasai metode penelitian yang relevan dengan penelitian tesis Mahasiswa menguasai dengan

baik metode penelitian yang

relevan dengan penelitian tesis

Mahasiswa menguasai dengan

sangat baik metode penelitian

yang relevan dengan penelitian

tesis

20%
3 Kemampuan melakukan

abstraksi dan menyusun

sistematika pola pemikiran

ilmiahnya

Mahasiswa tidak mampu

melakukan abstraksi dan

menyusun sistematika pola pemikiran ilmiahnya

Mahasiswa kurang mampu melakukan abstraksi dan menyusun sistematika pola pemikiran ilmiahnya Mahasiswa mampu melakukan

abstraksi dan menyusun

sistematika pola pemikiran

ilmiahnya dengan baik

Mahasiswa mampu melakukan

abstraksi dan menyusun

sistematika pola pemikiran

ilmiahnya dengan sangat baik

20%
4 Kemampuan menyampaikan

argumentasi ilmiah

menjawab pertanyaan yang relevan dengan penelitian tesisnya

Mahasiswa tidak mampu

Menyampaikan argumentasi ilmiah menjawab pertanyaan

yang relevan dengan penelitian tesisnya

Mahasiswa kurang mampu menyampaikan argumentasi ilmiah menjawab pertanyaan yang relevan dengan penelitian tesisnya Mahasiswa mampu

menyampaikan argumentasi

ilmiah menjawab pertanyaan

yang relevan dengan penelitian tesisnya dengan baik

Mahasiswa mampu menyampaikan argumentasi ilmiah menjawab pertanyaan yang relevan dengan penelitian tesisnya dengan sangat baik 20%
5 Kemampuan mengusulkan

strategi untuk mengembangkan

penelitiannya

Mahasiswa tidak mampu

mengusulkan strategi untuk mengembangkan penelitiannya

Mahasiswa kurang mampu mengusulkan strategi untuk

mengembangkan penelitiannya

Mahasiswa mampu mengusulkan strategi untuk mengembangkan

penelitiannya dengan baik

Mahasiswa mampu mengusulkan

strategi untuk mengembangkan

penelitiannya dengan sangat baik

20%

 

Rubrik Penilaian Dosen Pembimbing

No Komponen Penilaian Kurang (56-63) Cukup (65-70) Baik (73-81) Sangat Memuaskan (83-95) Bobot
1 Sikap: kemandirian, inisiatif, keterampilan pemecahan masalah, keterampilan

organisasi, kepemimpinan, kerja kolaboratif dan komunikasi lisan

Mahasiswa mempunyai sikap yang tidak baik Mahasiswa mempunyai sikap yang kurang baik Mahasiswa mempunyai sikap yang baik Mahasiswa mempunyai sikap yang sangat baik 40%
2 Log book penelitian – Penulisan tidak sistematis, tidak ringkas dan tidak jelas

– Gambar dan grafik disajikan dengan tidak jelas dan format yang tidak benar

– Penulisan rumus dan

formula matematika tidak sesuai dengan aturan dan format yang benar

– Penulisan kurang sistematis, kurang ringkas dan kurang jelas

– Gambar dan grafik disajikan dengan kurang jelas dan format yang kurang benar

– Penulisan rumus dan

formula matematika kurang sesuai dengan aturan dan format yang benar

– Penulisan sistematis,

ringkas dan jelas

– Gambar dan grafik

disajikan dengan jelas dan format yang benar

– Penulisan rumus dan

formula matematika sesuai dengan aturan dan format yang benar

– Penulisan sangat sistematis, sangat ringkas dan sangat jelas

– Gambar dan grafik disajikan dengan sangat jelas dan format yang benar

– Penulisan rumus dan formula matematika sangat sesuai dengan aturan dan format yang

benar

20%
3 Sopan santun Mahasiswa tidak memiliki sopan santun Mahasiswa kurang memiliki sopan santun Mahasiswa memiliki sopan santun yang baik Mahasiswa memiliki sopan santun yang sangat baik 20%
4 Artikel jurnal atau prosiding

yang terkait tesis

Artikel jurnal atau prosiding memiliki kualitas yang tidak

baik

Artikel jurnal atau prosiding memiliki kualitas yang kurang

baik

Artikel jurnal atau prosiding memiliki kualitas yang baik Artikel jurnal atau prosiding memiliki kualitas yang sangat

baik

20%

Penilaian tesis menggunakan komposisi sebagai berikut:

  1. Nilai Seminar Proposal (10%)
  2. Nilai Seminar Hasil (20%)
  3. Nilai Pembimbing saat Ujian Tesis (40%)
  4. Nilai Penguji saat Ujian Tesis (30 %)

Informasi Yudisium

  1. Preview Ijazah yang telah ditandatangani
  2. Bukti Update biodata wisudawan
  3. Surat Keterangan Telah Publikasi di Seminar Internasional/Jurnal (unduh di sini)
  4. Draf paper yang dipublikasikan di Seminat Internasional/disubmit ke Jurnal
  5. Bukti Publikasi (Sertifikat Seminar Internasional/ Submit Jurnal)
  6. Tanda Terima Penyerahan Buku Tesis (unduh di sini)
  7. Lembar Pengesahan Tesis (unduh di sini)
  8. Surat Keterangan Babas Pustaka dari perpustakaan pusat
  9. Bukti Upload File di SIAMAT
  10. Sertifikat TEFL

Berkas Yudisium dalam folder dengan nama folder: NRP_NAMA dan dikirimkan ke email: pascamatits@gmail.com

Post Views: 3,429