Visi dan Misi

Visi

Sejalan dengan visi ITS yaitu menjadi perguruan tinggi dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, terutama yang menunjang industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan, maka  visi Departemen Informatika adalah menjadi inovator bidang informatika yang unggul di tingkat nasional dengan reputasi internasional, serta berperan aktif dalam upaya memajukan dan mensejahterakan bangsa

Visi PSTI adalah menjadi lembaga pendidikan dan penelitian di bidang informatika yang unggul di tingkat nasional dan memiliki reputasi internasional

Misi

Departemen Informatika memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, dan memenuhi standar nasional maupun internasional.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif, bermutu, dan bermanfaat.
  3. Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk masyarakat.
  4. Menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga, baik di dalam maupun di luar negeri.

Tujuan

Tujuan dari PSTI adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Informatika, serta memiliki daya saing dan kemandirian untuk berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.
  2. Melakukan perbaikan proses pembelajaran secara berkesinambungan.
  3. Menghasilkan karya penelitian yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat, serta publikasi di jurnal nasional ataupun internasional bereputasi.
  4. Memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu kehidupan masyarakat.
  5. Mengambil peran aktif dalam kegiatan bidang Informatika pada tingkat nasional dan internasional.

Sasaran

  1. Peningkatan kualitas PBM, penelitian, dan kerjasama.
  2. Peningkatan kualitas lulusan yang unggul pada tingkat nasional.
  3. Pertumbuhan dan Keberlanjutan (Growth and Suistainability), yaitu Pengembangan unggulan dan dikenalnya Jurusan di tingkat internasional.
  4. Peningkatan citra PSTI sebagai unggulan di tingkat nasional dan semakin dikenalnya PSTI di tingkat internasional.

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan magister bidang informatika yang berkualitasdan memilki reputasi yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian dan penerapan bidang keilmuan informatika baik di tingkat nasional ataupun internasional

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan program magister yang berkualitas dan mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi melalui pendidikan dan penelitian yang memenuhi standar pendidikan nasional dan internasional.
  2. Menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan untuk menghasilkan kontribusi keilmuan melalui penelitian yang unggul, kreatif, bermutu, bermanfaat serta berkelanjutan.
  3. Berperan aktif dalam memberikan kontribusi dengan menjalin kemitraan dengan pihak luar melalui kegiatan pengabdian atau pelayanan kepada masyarakat, industri ataupun pemerintah.

Tujuan

  1. Mendidik dan menghasilkan lulusan yang kompeten baik sebagai peneliti, pendidik maupun tenaga profesional dalam bidang keilmuan informatika yang memiliki kemampuan yang unggul dalam melakukan perancangan, analisis, dan eksperimen sistem yang berbasis komputer.
  2. Mendidik dan menghasilkan lulusan yang memilikikemampuan berpikir kritis, inovatif, serta memiliki kemampuan mengembangkan dirinya melalui proses pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).
  3. Mendidik dan menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan kemandirian untuk berkompetisi di tingkat nasional dan internasional dalam bidang informatika melalui kemampuan melakukan penelitian dan publikasi ilmiah.
  4. Mendidik dan menghasilkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu kehidupan masyarakat melalui penerapan ilmu dalam bidang informatika dalam berbagai bidang.

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan doktor di bidang ilmu komputer yang berkualitas dan memiliki reputasi yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian dan penerapan bidang ilmu komputer baik di tingkat nasional ataupun internasional

Misi

  1. Mengembangkan sumberdaya manusia yang tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang sains dan teknologi melalui pendidikaan dan penelitian yang relevan dan memenuhi standard nasional dan inter­nasional.
  2. Menjamin kualitas iklim penelitian dengan peningkatan kualitas laboratorium dan menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga, baik di dalam maupun di luar negeri untuk kemajuan sains dan teknologi kususnya bidang ilmu komputer.
  3. Mengembangkan mekanisme pembelajaran yang terintegrasi dengan kegiatan penelitian yang berkelanjutan.
  4. Membangun dan mengembangkan penelitian yang kreatif, bermutu, dan bermanfaat dengan dukungan iklim penelitian dan publikasi yang baik.

Tujuan

  1. Mendidik dan menghasilkan lulusan S3 di bidang ilmu komputer yang memiliki kemampuan berpikir kritis, inovatif, serta memiliki kemampuan mengembangkan dirinya melalui proses pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).
  2. Mendidik dan menghasilkan lulusan S3 di bidang ilmu komputer yang memiliki daya saing dan kemandirian untuk berkompetisi di tingkat nasional dan internasional dalam bidang informatika melalui kemampuan melakukan penelitian dan publikasi ilmiah.
  3. Menghasilkan lulusan S3 di bidang Ilmu komputer yang mampu melakukan penelitian berkualitas dan memiliki kemampuan untuk menghasilkan publikasi di jurnal ataupun seminar internasional yang bereputasi, dan mampu berperan aktif dalam kegiatan bidang ilmu komputer pada tingkat nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan lulusan S3 di bidang ilmu komputer dengan kemampuan ilmiah dan profesional yang unggul dan beretika serta memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu kehidupan masyarakat.