Program Studi Doktor Ilmu Komputer (S3)

Service Desk

Silahkan menghubungi ServiceDesk ITS, apabila ada permasalahan mengenai email, hosting, domain, maupun permasalahan yang terkait kepegawaian / sdmo.

Program Studi Doktor Ilmu Komputer (S3)

Program Studi S2 Teknik Informatika dan S3 Ilmu Komputer, Departemen Informatika, FTIK-ITS, didirikan dengan SK Nomor 2851/D/T/2001 dan SK Nomor 95/E/O/2011, terakreditasi BAN-PT dengan SK Terakhir 3011/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2017 dan 1230/SK/BAN-PT/Akred/D/V/2018. Hingga saat ini telah meluluskan alumni sebanyak 606 orang, yang tersebar di dalam dan luar negeri.

Pascasarjana Departemen Informatika – ITS, didukung oleh 16 staf pengajar (S3) dengan 5 Guru Besar. Terdapat 8 Rumpun Mata Kuliah (RMK). Lulusan Pascasarjana Departemen Informatika ITS tersebar di dalam dan luar negeri dengan profesi sebagai dosen perguruan tinggi, peneliti, praktisi industri, pengembang IT, pegawai pemerintah, dan lain-lain.

Kerjasama yang telah dilakukan antara lain Program Dual Degree (2 ijazah) dan Student Exchange dengan perguruan tinggi di Perancis, Thailand, Taiwan, New Zealand dan Belgia. Mahasiswa Program Pascasarjana Departemen Informatika – ITS terdiri dari mahasiswa dalam dan luar negeri baik untuk Program Studi S2 ataupun S3.

Program Studi S3 Ilmu Komputer dilaksanakan dalam waktu 6 semester (3 tahun),dengan beban kredit total 42 sks. Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni. Pendaftaran dilalukan pada semester ganjil.

Sistem perkuliahan adalah full time dimana 12 SKS adalah tahap pra-ujian kualifikasi (2 semester) dan 28 SKS (4 Semester) adalah tahap desertasi. Mahasiswa yang diterima mendapatkan alokasi komputer dan (dalam ruang residensi S-3) selain juga bisa melakukan penelitian dalam laboratorium riset terkait. Tahun pertama lebih banyak akan fokus kepada penyusunan proposal riset yang akan diteliti dalam program S-3 dimana akan diisi metodologi penelitian dan seminar riset tentang rencana penelitian mahasiswa. Kewajiban full time harus dilakukan dalam masa studi. Setelah lulus ujian kualifikasi (kandidat doktor), diisi dengan penelitian yang dievaluasi dalam setiap semester kemajuannya (dalam bentuk seminar dan presentasi internal). Pada tahapan ini mahasiswa diharapkan juga sudah berhasil memiliki publikasi (dalam jurnal internasional / Minimal Scopus) dengan status diterima (full acceptance), sebagai salah satu syarat kelulusan dari kandidat doktor.

Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Komputer (S3)

SEMESTER 1SEMESTER 2
Metodologi Riset dan Filsafat Ilmu (3 sks)
Seminar 1 (3 sks)
Seminar 2 (6 sks)
SEMESTER 3SEMESTER 4
Desertasi - Riset 1 (4 sks)
Desertasi - Seminar Riset 1 (3 sks)
Desertasi - Riset 2 (4 sks)
Desertasi - Seminar Riset 2 (3 sks)
SEMESTER 5SEMESTER 6
Desertasi - Riset 3 (4 sks)
Desertasi - Seminar Riset 3 (2 sks)
Penulisan Disertasi (2 sks)
Disertasi - Sidang Promosi (8 sks)

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU
Program S-2 dan S-3Gelombang I (Beasiswa dan Non Beasiswa)Senin, 12 Februari s/d, Jum’at 16 Maret 2018
Gelombang II (Freshgraduate dan Non Beasiswa)Senin, 9 April s/d Rabu, 27 Juni 2018
UJIAN MASUK MAHASISWA BARU
Program S-2 dan S-3Gelombang I (Beasiswa dan Non Beasiswa)Rabu, 21 Maret 2018
Gelombang II (Freshgraduate dan Non Beasiswa) Rabu, 4 Juli 2018
PENGUMUMAN HASIL UJIAN
Program S-2 dan S-3Gelombang I (Beasiswa dan Non Beasiswa)Senin, 2 April 2018
Gelombang II (Freshgraduate dan Non Beasiswa)Rabu, 11 Juli 2018

Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru Doktor Ilmu Komputer (S3) dapat dilihat disini.

Beasiswa Mahasiswa Doktor Ilmu Komputer (S3) dapat dilihat disini.

Fasilitas Laboratorium dapat dilihat disini.

Brosur

Brosur-S2-1819
catatan, Apabila pdf tidak tampil, coba matikan Aplikasi Downloader (seperti IDM), atau masukkan domain its.ac.id/* kedalam exclude list