News

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Informatika tahun 2020

Ming, 27 Des 2020
7.47 pm
Berita
Share :
Oleh : Admin-Informatika   |

Sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi, Departemen Teknik Informatika ITS menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat tahun 2020. Kegiatan ini terorganisir ke dalam laboratorium-laboratorium dengan mitra dari oraganisasi / lembaga formal dan non-formal di masyarakat.

Laboratorium Komputasi Berbasis Jaringan: Pelatihan Teknologi IoT untuk Pendidikan

Potensi perkembangan tekonologi Internet of Things (IoT) sangat membuka peluang untuk dapat menunjang aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Untuk ini, diperlukan kegiatan yang dapat memberikan wawasan tentang apa dan bagaimana menggunakan IoT secara praktis. Laboratorium Komputasi Berbasis Jaringan mengadakan pelatihan tentang best practices penggunaan IoT dalam kehidupan sehari-hari kepada guru-guru SMPN 53 Surabaya. Acara ini diikuti oleh 14 orang guru yang dilangsungkan pada tanggal 2 Oktober 2020. Materi diberikan secara berurutan mulai dari sejarah komputer (disampaikan oleh Prof Tohari Ahmad PhD), jaringan nirkabel (disampaikan oleh Bapak Royyana Muslim Ijtihadie PhD) dan penggunaan teknologi IoT (disampaikan oleh Bapak Waskitho Wibisono PhD dan Bapak Bagus Jati Santoso PhD). Kegiatan yang dikoordinasi oleh Bapak Ary Shiddiqi PhD ini dilangsungkan secara daring dengan memberikan presentasi tentang materi terkait dan media audio visual untuk memberikan gambaran yang lebih nyata tentang penggunaan IoT. Ke depannya, kegiatan serupa direncanakan secara luring agar dapat secara langsung dipraktekkan oleh para peserta.

Laboratorium Algoritma dan Pemrograman: Pengumpulan dan Pelaporan Data pada Aplikasi Penelusuran COVID-19 untuk Dinas Kesehatan Jawa Timur

Pada kegiatan abdi masyarakat ini, tim bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur. Pada sistem terdapat fitur penelusuran berbentuk grafik klaster kasus COVID-19 untuk menyediakan informasi pola persebaran kasus berdasarkan pengelompokan daerah atau hubungan kasus dari kabupaten/kota tinggal dari pasien serta kontak dan subkontak erat. Selain itu juga terlihat fitur prediksi kasus untuk membantu pemerintah dalam mempelajari pola persebaran, sehingga pengambilan kebijakan bisa lebih tepat sasaran. Prediksi yang disediakan antara lain kasus konfirmasi, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG) menggunakan regresi ensemble dari Single Linear, Polynomial, dan Chapman-Richard. Kegiatan pengabdian dilanjutkan pendampingan kepada Diskominfo dan Dinkes Jawa Timur dalam sosialisasi dan transfer ilmu mengenai pengumpulan dan pelaporan data agar sistem dapat diadaptasi untuk wilayah lain dan dikembangkan lebih lanjut.

  

Laboratorium Komputasi Cerdas dan Visi: Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Pembelajaran Daring di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy, Bangkalan, Madura

Laboratorium KCV mengadakan pelatihan penggunaan Google Classroom untuk pembelajaran daring bagi guru-guru Pondok Ponpes Miftahul Ulum Al-Islamy, Modung, Bangkalan yang dipimpin oleh Dr. H. Zubaidi Affan, M.Pd.. Kegiatan abmas ini dikoordinasi oleh Dini Adni Navastara, M.Sc. dan melibatkan mahasiswa – mahasiswa di laboratorium KCV.
Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 28, 29 dan 30 Agustus 2020 yang diikuti sekitar 50 orang guru Ponpes Miftahul Ulum Al-Islamy. Hari pertama disampaikan materi “Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran” oleh Prof. Handayani Tjandrasa dan pengenalan fitur-fitur Google Classroom oleh Dr. Eng. Nanik Suciati, Dr. Eng. Chastine Fatichah, Dr. Diana Purwitasari dan Dini Adni Navastara, M.Sc. Hari kedua, para peserta melaksanakan praktik yang didampingi oleh tim abmas. Di hari terakhir, dipaparkan materi platform daring alternatif oleh Prof. Agus Zainal Arifin. Pada hari itu juga diumumkan peserta dengan hasil tugas terbaik yang dikerjakan di hari sebelumnya.

 

Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer: Pelatihan  Pengembangan Aplikasi Manajemen Inventaris dan Produksi berbasis Web

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer memberikan kepada sebuah UKM Suraj (Sultan Ar-Rajabi) di pasuruan. Suraj bergerak di bidang bisnis syar’i, berbasis pada sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan franchise kuliner.
Tim abmas lab AJK memberikan Pelatihan Pengembangan Aplikasi Manajemen Inventaris dan Produksi berbasis Web pada Komunitas Perternakan Lebah Madu di Pasuruan. Para petani lebah madu Pasuruan, masih belum begitu mengenal perkembangan teknologi informasi secara luas terutama tentang website. Kami berencana melakukan pelatihan pengembangan web untuk mendukung kegiatan – kegiatan para petani lebah diantaranya dalam hal manajemen stok produksi beserta proses penjualan dan pemasarannya secara online.

   

Laboratorium Grafika, Interaksi dan Game: Pelatihan Teknik Multimedia dan Game

Laboratorium Grafika, Interaksi dan Game (GIGA) melakukan kerjasama dengan SMK Negeri 10 Surabaya untuk meningkat mutu pendidik melalui pelatihan Teknik Multimedia dan Game. Pelatihan dilakukan selama dua hari yang dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Pada hari pertama, topik pelatihan adalah tentang pengembangan aplikasi permainan dengan menggunakan kakas bantu Game Maker, dan pada hari kedua topik pelatihan adalah tentang perancangan model tiga dimensi dengan menggunakan Blender. Total peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah 10 orang guru yang tergabung dalam bidang minat Teknik Multimedia dan Game.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kompetensi pendidik di SMK Negeri 10 Surabaya. Sehingga ketika kompetensi pendidik meningkat, diharapkan kualitas lulusan juga meningkat. Selain itu diharapkan adanya kolaborasi dari pihak institusi perguruan tinggi dengan sekolah-sekolah untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan yang ada. Melalui kolaborasi pertama ini diharapkan kedepannya tidak hanya SMK Negeri 10 Surabaya yang dapat ditingkatkan kompetensi pendidiknya, tetapi SMK lain di Jawa Timur.

Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak: Pelatihan Pengembangan Web dengan Kerangka Kerja Laravel

Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) melasanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMK Negeri 10 Surabaya dengan menyelenggarakan pelatihan synchronous dan asynchronous learning. Materi yang digunakan dalam simulasi pada pelatihan ini adalah mengembangkan web dengan kerangka kerja Laravel. Peserta diberi modul yang berisi tahapan pengembangan aplikasi web dengan Laravel serta file pendukung yang dibagikan menggunakan tempat penyimpanan online Google Drive. Tahap pelatihan synchronous learning dilakukan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet pada tanggal 5 Oktober 2020. Sedangkan tahap pelatihan asynchronous learning dilakukan melalui pemberian materi pelatihan dan penugasan dengan menggunakan aplikasi Google Drive.

Laboratorium Pemodelan dan Komputasi Terapan: Pelatihan Pengantar Robotika untuk Guru TK ITS

Pada kegiatan Pengabdian pada Masyrakat sebagai wujud dari Tri-Dharma Perguruan Tinggi, laboratorium PKT mengajukan abdimas dengan judul Peningkatan Kompetensi Guru-Guru Playgroup Dan Tk Sepuluh Nopember Surabaya Melalui Pelatihan TIK”. Diawali dengan kegiatan diskusi dan koordinasi dengan para guru Playgroup dan TK ITS, maka disepakati format pelatihan dan kesiapan para guru dalam mengikuti kegiatan ini. Karena di masa pandemic COVID-19, maka pelatihan dilaksanakan secara daring (online) dengan materi Pengantar Robotika untuk Guru TK ITS. Sebelumnya, tim menyerahkan modul dan alat peraga Kit Robot Arduino Wall Avoider untuk memberikan gambaran awal tentang materi pelatihan.

Pelatihan dilaksanakan pada 8 Oktober 2020, diawali dengan sambutan pengantar dari ketua abdimas PKT dan pembukaan oleh Kepala Sekolah Play-group dan TK ITS. Materi pelatihan disampaikan oleh Bapak Fajar Baskoro, S.Kom, MT yang meliputi pengetahuan pengantar robotika dan demo. Pelatihan diikuti oleh 6 Guru dan berlangsung +  90 menit.

 

Latest News

  • Sasrabahu sebagai Platform Pertukaran Mahasiswa antar PTN-BH dipercayakan Pengembagannya kepada ITS

    Logo Sasrabahu, platform Sistem Pertukaran Mahasiswa antara Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Indonesia memiliki berbagai keanekaragaman budaya dan adat

    19 Feb 2021
  • i-nose c-19 Diujikan pada Panitia Ini Lho ITS 2021

    Pengguna memasukkan data diri mereka ke dalam alat i-nose c-19 Alat pendeteksi Covid-19 karya guru besar Institut Teknologi Sepuluh

    06 Feb 2021
  • Prof. Riyanarto Sarno Kembangkan i-nose c-19, Pendeteksi Covid-19 melalui Bau Keringat Ketiak

    Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menunjukkan hasil pendeteksian i-nose c-19 rancangan ITS yang dikirim melalui Whatsapp Guru

    17 Jan 2021