Profil Lulusan

Departemen Informatika telah merumuskan profil lulusan dan hasil belajar (kompetensi) lulusan Program Studi Teknik Informatika adalah:

  1. Pengembang perangkat lunak: menerapkan pengetahuan luas tentang bahasa pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan sistem operasi komputer untuk pembuatan perangkat lunak.
  2. Analis / pengembang sistem: mengubah permintaan atau persyaratan pengguna menjadi spesifikasi desain teknis dan bertindak sebagai penghubung antara klien / profesional TI dan vendor teknologi.
  3. pengembang web: membangun situs web kami termasuk kode yang dirancang, dapat diuji, dan efisien dengan menggunakan praktik pengembangan perangkat lunak terbaik.
  4. Spesialis jaringan komputer: menjaga integritas sistem jaringan dengan mengawasi sistem pendukung, kapasitas pengiriman server sistem dan perangkat lunak yang diinstal.
  5. Spesialis database: memelihara database dengan merencanakan, memantau, dan meningkatkan kinerja.
  6. Konsultan TI: mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam bisnis dan menunjukkan kepada klien bagaimana menggunakan TI secara lebih efisien untuk membantu mencapai tujuan dan target.
  7. Pelatih TI: mengajar staf TI untuk menggunakan berbagai bahasa pemrograman komputer dan aplikasi khusus.
  8. Teknisi / pengembang game: mengembangkan program dan jaringan game untuk penggunaan pihak ketiga, merancang game, dan membuat mekanisme game yang berkoordinasi dengan sebuah cerita.
  9. Pengembang Aplikasi Seluler: mengembangkan dan memelihara aplikasi seluler termasuk menerjemahkan kode, dan merancang aplikasi baru berdasarkan konsep, praktik terbaik, dan terminologi terbaru untuk pengodean aplikasi seluler.
  10. Spesialis Keamanan: mencegah serangan dunia maya pada sistem informasi dan untuk mencegah penjahat mendapatkan akses ke informasi keuangan, rahasia militer, dan data rahasia lainnya.
  11. Analis Data: mengidentifikasi dan mengkomunikasikan wawasan berbasis data yang memungkinkan manajer, pemangku kepentingan, dan eksekutif lain dalam suatu organisasi untuk membuat keputusan yang lebih tepat.
  12. Manajer Proyek Perangkat Lunak: perencanaan dan pemantauan proyek termasuk penulisan proposal proyek, estimasi biaya proyek, penjadwalan, staf proyek, penyesuaian proses perangkat lunak, pemantauan dan pengendalian proyek, manajemen konfigurasi perangkat lunak, manajemen risiko, penulisan dan presentasi laporan manajerial, dan berinteraksi dengan klien.