News

Mahasiswa ITS Bantu Siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro dalam Pemrograman Web

Ming, 16 Okt 2022
7.41 pm
Berita
Share :
Oleh : Admin-Informatika   |

Perkembangan dunia online semenjak pandemi Covid-19 membuat sumber informasi bergantung pada dunia digital. Salah satu media yang efektif untuk digunakan adalah situs web. Melihat hal itu, sembilan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang bergerak dari Lab Rekayasa Perangkat Lunak Departemen Informatika memberikan pencerdasan keilmuan web kepada siswa SMA, khususnya SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Anggota KKN, Alexander mengungkapkan KKN yang diselenggarakan oleh Lab RPL ini mengangkat tema Pemrograman Web. Hal ini ternyata senada dengan kebutuhan dari SMA Negeri 1 Bojonegoro di mana menyemarakkan digitalisasi dengan mata pelajaran informasi dan teknologinya. Sejalan dengan kebutuhan tersebut, Alex, sapaan akrabnya, menggelar pelatihan selama empat hari yang memberikan pengenalan pemrograman web bagi siswa SMA.

Alex menambahkan program pencerdasan pemrograman ini dilakukan dengan melakukan survei kebutuhan tentang apa saja yang diinginkan oleh siswa SMA perihal keilmuan web. “Kami melihat bahwa siswa-siswa kini memiliki semangat tinggi dalam belajar ilmu pemrograman web untuk menunjang kebutuhan mereka kelak,” sambungnya.

Pelatihan ini berlangsung dengan pemaparan dasar web disertai praktik langsung oleh para siswa. Tak hanya itu, Alex mengungkapkan program pengabdian masyarakat kali ini menghadirkan penggunaan trend Tailwind CSS untuk mempermudah pembuatan web. “Bergerak dari sulitnya pemrograman CSS mereka, pengajaran Tailwind CSS ini diharapkan dapat mengakselerasi web sehingga mereka tidak perlu berganti-ganti lokasi file,” ungkap Alex.

Pengabdian masyarakat ini lantas ditutup dengan praktik pembuatan web yang hasil akhirnya akan diberikan nilai kepada siswa dengan hasil terbaik. Mereka juga mendapatkan perangkat IT untuk menunjang keseharian mereka. “Kami berharap output dari kegiatan ini dapat dikenang dan dipelajari untuk semangat digitalisasi siswa di sekolah,” pungkas Alex.

Selain Alexander, kelompok bimbingan Sarwosri, S.Kom, M.T., ini beranggotakan Pramudya Tiandana Wisnu Gautama, Lathifa Itqonina Mardiyati, Fairuz Hasna Rofifah, Muhammad Dzikri Fakhrizal Syairozi, Made Rianja Richo Dainino, Muhammad Yunus, Muhammad Rizqi Tsani, dan Benedictus Bimo C W.

Latest News

  • SELAMAT KEPADA TIM GEMASTIK TEKNIK INFORMATIKA ATAS 2 MEDALI EMAS, 1 MEDALI PERUNGGU, DAN JUARA HARAPAN GEMASTIK XV 2022

    DEPARTEMEN TEKNIK INFORMATIKA MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA TIM GEMASTIK TEKNIK INFORMATIKA ATAS 2 MEDALI EMAS, 1 MEDALI PERUNGGU, DAN JUARA

    25 Nov 2022
  • Turut Berduka Cita

    Departemen Teknik Informatika – ITS turut berduka cita atas berpulangnya Johnivan Aldo Sudiono (Mahasiswa Departemen Teknik Informatika ITS) Pada

    31 Okt 2022
  • Alumni Sharing Session “Peluang Studi Lanjutdi USA”

    Setelah menjalani pendidikan sarjana, ada sebagian mahasiswa yang tetap ingin melanjutkan pendidikannya untuk lebih menguasi ilmunya. Tidak sedikit mahasiswa

    18 Okt 2022