Laboratorium Algoritma dan Pemrograman

Service Desk

Silahkan menghubungi ServiceDesk ITS, apabila ada permasalahan mengenai email, hosting, domain, maupun permasalahan yang terkait kepegawaian / sdmo.

Laboratorium Algoritma dan Pemrograman

Dr. Yudhi Purwananto, S.Kom., M.Kom.

Kepala Laboratorium
Email: yudhi[at]if.its.ac.id
initial, YP

Selamat Datang di halaman Laboratorium Algoritma dan Pemrograman (AP).

Laboratorium ini menawarkan bidang keahlian yang ditekankan pada kemampuan lulusan dalam,

  • untuk merancang dan menganalisa algoritma dalam menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efisien berdasarkan kaidah pemrograman yang kuat,
  • mampu mengaplikasikan model pemrograman yang mendasari berbagai bahasa pemrograman yang ada,
  • serta mampu memilih bahasa pemrograman untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai, seperti mengembangkan sistem/aplikasi berbasis kerangka kerja dan pada perangkat bergerak.

Mata kuliah wajib terkait AP antara lain:
Dasar Pemrograman, Struktur Data, Pemrograman Berorientasi Objek, Perancangan dan Analisis Algoritma, Pemrograman Web, Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Mata kuliah bidang keahlian AP antara lain:
Pengembangan Analisis Algoritma, Pemrograman Berbasis Antarmuka, Pemorgraman Perangkat Bergerak, Topik Khusus Algroritma dan Pemrograman.

Fasilitas

Laboratorium Algoritma dan Pemrograman dilengkapi dengan komputer yang memiliki spesifikasi bervariasi mulai dari,

  • Processor Intel Core i3 Gen-3, i5 Gen-8, sampai Intel® Xeon® E5-2640 dengan RAM 4GB-16GB.
  • Untuk HDD sebagian besar minimal 1TB.
  • Semua monitor berukuran 19″ untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan kegiatan pemrograman.

Penelitian

  1. Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi : Sistem Rekomendasi Media Sosial untuk Mendukung Produktivitas berdasarkan Perilaku Penduduk Usia Produktif dengan Pendekatan Ego-Centric Network Analysis dalam Mengatasi Keterbatasan Ruang Gerak Akibat COVID19
  2. PENELITIAN KEILMUAN : Fitur Multi-Atensi Pada Arsitektur Deep Learning Untuk Translasi Teks Bahasa Indonesia-Arab
  3. PENELITIAN KERJASAMA ANTAR PERGURUAN TINGGI : ANALISIS PENGARUH AKUN KREDIBEL PADA TEKS TWITTER MULTI-KELAS UNTUK MENGETAHUI PUBLIC CONCERN DI MASA PANDEMI COVID-19
  4. PENELITIAN KOLABORASI PUSAT : Pengembangan Sistem Pelacakan Gejala COVID-19 dan Identifikasi Ketaatan Protokol Kesehatan pada Kapal Penumpang
  1. Penelitian Dana Departemen : Pemodelan Adaptif pada Data Deret Waktu dengan Pembelajaran Ensemble Berbasis Regresi: Studi Kasus pada Jumlah Pasien Terkonfirmasi COVID-19
  2. Penelitian Dana Departemen : Deep Learning pada Pembangkitan Data Spam untuk Review Produk dengan Perluasan Representasi Vektor Kata Berbasis Topik
  1. Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT) : Educational Data Mining berbasis Klasifikasi untuk Menganalisis Mahasiswa Berpotensi Berhenti Kuliah pada Kasus Imbalanced Class Distribution
  2. Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) : Pengembangan Electronic-Nose Untuk Deteksi Kemurnian Daging Sapi Hibah 
  3. Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) : Sistem Enterprise Tanggap Proses Bisnis (Business Process Aware Enterprise Systems)  
  4. Penelitian Kajian Kebijakan : Pedoman Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi: Pengembangan Perangkat Asesmen Skema Manajer Proyek 
  5. Penelitian Departemen : Pengembangan Model Hybrid Recurrent Neural Networks untuk Prediksi Data Time Series Multivariat
  6. Penelitian Doktor Baru : Pengembangan Sistem Kehadiran Online dengan Pencocokan Wajah dan Tanda Tangan Digital
  7. Penelitian Departemen : Pengembangan Sistem Pintu Otomatis Berbasis E-KTP dan Face Recognition
  8. Penelitian Departemen : Rancang Bangun “AWASI” sebagai Media Komunikasi untuk Orangtua dan Guru 
  9. Penelitian Laboratorium : MODIFIKASI MINIMAL COST METHOD UNTUK PENCARIAN INITIAL BASIC FEASIBLE SOLUTION PADA PERSOALAN TRANSPORTASI
  1. Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) : Pengembangan Electronic-Nose Untuk Deteksi Kemurnian Daging Sapi
  2. Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) : Sistem Enterprise Tanggap Proses Bisnis (Business Process Aware Enterprise Systems)  
  3. Penelitian Doktor Baru : Pengembangan Sistem Kehadiran Online dengan Pencocokan Wajah Pengganti Fingerprint
  4. Penelitian Departemen : Rekayasa Kebutuhan pada Sistem Inter-Library Loan untuk Meningkatkan Layanan Peminjaman Koleksi (Studi Kasus Ruang Baca Departemen di ITS)
  1. Penelitian Lab-based Education (LBE) : Sistem Enterprise Tanggap Proses Bisnis (Business Process Aware Enterprise Systems)
  1. PENELITIAN JURUSAN ITS : Perancangan Layanan Online Informasi Tata Ruang dengan Data Spasial Berbasis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR)
  2. SK PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Pengenal Keadaan Mental Manusia Berdasarkan Gelombang Aktifitas Otak EEG
  3. PENELITIAN JURUSAN ITS : Eksplorasi Fitur Tekstur Citra Iris Mata Menggunakan Transformasi Wavelet untuk Identifikasi Personal
  4. PENELITIAN KAJIAN KEBIJAKAN ITS : KAJIAN ANALISIS BIAYA PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM: STUDI KASUS FTIF ITS
  5. PENELITIAN JURUSAN ITS : Aplikasi Pemetaan Tingkat Kemiskinan Masyarakat Berbasis Perangkat Bergerak
  6. PENELITIAN PEMULA ITS : Sistem Klasifikasi Data Medis Menggunakan Algoritma Multilayer Perceptron Backpropagation Network dan Teori Fuzzy Set
  7. PENELITIAN LAB BASED EDUCATION : Peringkasan Multi Dokumen Berita Berbahasa Indonesia Berdasarkan Trending Issue Data Twitter dengan Deteksi Kejadian Non Trivial Sebagai Pemilihan Kata Kunci
  8. PENELITIAN JURUSAN ITS tahun 2016: Rencana Bangun Aplikasi Tanggap Potensi Banjir dan Kekeringan
  9. PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : DETEKSI ANOMALI PADA PROSES BISNIS MENGGUNAKAN METODA PROCESS MINING
  10. PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : Sistem Manajemen Arus Lalu Lintas Cerdas, Studi Kasus: di Kota Kupang, NTT

Sumber : https://data.its.ac.id/akreditasi/ai_v_penelitan_lablist.php?start=21

  1. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi : Sistem Manajemen Arus Lalu Lintas Cerdas, Studi Kasus: di Kota Kupang, NTT
  2. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi : DETEKSI ANOMALI PADA PROSES BISNIS MENGGUNAKAN METODA PROCESS MINING
  3. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi : Aplikasi Enterprise Resoure Planning Untuk Usaha Kecil Menengah Menggunakan Konsep Software as a Service
  4. Penelitian Lab Based Education : Peringkasan Multi Dokumen Berita Berbahasa Indonesia Berdasarkan Trending Issue Data Twitter dengan Deteksi Kejadian Non Trivial Sebagai Pemilihan Kata Kunci
  5. Penelitian KAJIAN KEBIJAKAN ITS : New INTEGRA : Rancang Ulang Portal e-Layanan ITS yang Terintegrasi dan Berbasis Sistem Autentifikasi Tunggal
  6. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi : Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Pengenal Keadaan Mental Manusia Berdasarkan Gelombang Aktifitas Otak EEG

Sumber : https://data.its.ac.id/akreditasi/ai_v_penelitan_lablist.php?start=21

Publikasi

DOSEN SCOPUS GOOGLE SCHOLAR SINTA
1. Dr. Yudhi Purwananto, S.Kom., M.Kom. detail detail detail
2. Dr. Diana Purwitasari, S.Kom., M.Sc. detail detail detail
3. Ir. F.X. Arunanto, M.Sc. detail detail detail
4. Rully Sulaiman, S.Kom,M.Kom. detail detail detail
5. Dwi Sunaryono, S.Kom., M.Kom. detail detail detail
6. Fajar Baskoro, S.Kom., MT. detail detail detail
7. Misbakhul Munir Irfan Subakti, S.Kom., M.Sc. detail detail detail
8. Agus Budi Raharjo, S.Kom., M.Kom., Ph.D. detail detail detail

Pengabdian Masyarakat

  1. Pengabdian Dana Departemen : Analisis Klaster Kasus dan Kurva Epidemi dengan pengembangan Sistem Tracing COVID-19 Jawa Timur
  1. Pelatihan Desain Grafis untuk Guru PAUD
  2. Pelatihan Perakitan dan Pengelolaan Papan Informasi Elektronik di Panti Asuhan “Habibie” Kecamatan Sukolilo Surabaya
  3. Pembinaan Pemenang Seleksi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi
  4. Pembuatan Modul Pembelajaran dan Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk Pemuda-pemudi Putus Sekolah dari Keluarga Tidak Mampu di Rumah Gemilang Indonesia
  5. Penerapan “Psycho-Auggo” Aplikasi Augmented Reality sebagai Sarana Pembelajaran dan Evaluasi Pelajaran Matematika di SD Muhammadiyah 26 Surabaya
  6. Seleksi Nasional Pengadaan Aparatur Sipil Negara
  1. Jasa Pemborongan Pekerjaan Pembangunan Aplikasi Electronic Instrument Database System (ELIDA) di PT Badak NGL
  2. Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk Pengurus PKK RW 07 Kelurahan Gunung Anyar Tambak Surabaya
  3. Pelatihan Pembuatan Soal Ujian Online untuk Guru Sekolah Menengah di Kota Blitar sebagai Persiapan Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer
  4. Peningkatan Ketrampilan Teknis di Bidang IT bagi Pelaku UMKM Batik Cerme Khas Kabupaten Gresik Guna Mendukung Pemasaran Melalui Internet
  5. Rancang Bangun Website Edukasi E-Resources Perpustakaan ITS sebagai Media Literasi Informasi yang Efektif
  6. Seleksi Nasional Pengadaan Pegawai Negeri Sipil
  1. Jasa Pemborongan Pekerjaan Enhancement e-Procurement Kontrak Jasa di PT Badak NGL
  2. Pelatihan Internet di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya
  3. Pelatihan Keahlian Terapan Bidang Informatika bagi Warga Kurang Mampu di Surabaya
  4. Pemanfaatan Perdagangan Elektronik (E-Commerce) untuk Ibu-Ibu PKK Perumahan Rewwin Kelurahan Kepuh Kiriman Kecamatan Waru Sidoarjo
  5. Pembuatan Sistem Ujian Online Kota Surabaya
  6. Pemeliharaan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Jawa Timur
  7. Penyusunan Aplikasi Perencanaan Kendali Operasi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya
  8. Perjanjian Pengembangan & Implementasi Dewatering Integrated System
  9. Seleksi Nasional Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil
  1. PEMBINA OLIMPIADE KOMPUTER INDONESIA 2016 YANG DISELENGGARAKAN OLEH DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DALAM KEGIATAN INTERNATIONAL OLYMPIADE IN INFORMATICS KE 28 KAZAN RUSSIA
  2. INSTRUKTUR/PEMATERI DALAM KEGIATAN PELATIHAN NASIONAL 2 TOKI 2016
    SK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ITS tahun 2016: Sistem Informasi Pengelolaan Peralatan Infrastruktur Jaringan Komputer di Lingkungan LPTSI ITS
  3. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ITS tahun 2016: Peningkatan Kualitas Guru SMA di Tulungagung dalam Bidang TIK Untuk Penyiapan Materi Pembelajaran
  4. Tim Pembina Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Kegiatan “Persiapan Olimpiade siswa Bidang Komputer Tingkat Kabupaten/Kotamadya tahun 2016”
  5. Inventarisasi Sistem dan Teknologi Informasi di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya
  6. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ITS tahun 2016: Pelatihan Internet Untuk Ibu-Ibu PKK RW 07 Kelurahan Gunung Anyar Tambak Surabaya
  7. Narasumber dalam pengabdian kepada masyarakat kegiatan “Rapat Koordinasi Pembuatan Aplikasi Jelajah Surabaya”
  8. Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Eksekutif
  9. Kerjasama Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Pengembangan System Informasi Penanaman Modal

Sumber : https://data.its.ac.id/akreditasi/ai_v_abmas_lablist.php?start=41

  1. Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (Jasa Konsultasi/Pendampingan Berupa Pengolahan Data PSB On Line Tahun 2015)
  2. Tenaga Ahli Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2015
  3. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ITS tahun 2015: Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam menyediakan Modul Pembelajaran Interaktif di PPT Umi Qolbu Rusun Penjaringan Surabaya
  4. Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  5. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ITS tahun 2015: Workshop Pembuatan Game Interaktif Sebagai Bekal Wirausaha Industri Kreatif Bagi Anak Panti Asuhan Ibnu Sina Surabaya
  6. narasumber dalam kegiatan Pengabdian kpd Masyarakat berupa “Workshop Penyusunan Kurukulum Berbasis KKNI” pd tgl 3 Oktober 2015 di ITS Surabaya”

Sumber : https://data.its.ac.id/akreditasi/ai_v_abmas_lablist.php?start=41

Buku Laboratorium

  1. Baskoro, F. (2018) Bermain dengan Arduino dan Robot menggunakan MBlock-Scratch, Penebar Media Pustaka, ISBN: 978-602-5888-64-9
  2. Baskoro, F. (2018) Mahir Membuat Game Multiplatform dengan Construct, Penebar Media Pustaka, ISBN: 978-602-5414-87-9
  3. Baskoro, F. (2018) Mengenal Kode Game Belia dengan ScratchJr, Penebar Media Pustaka, ISBN: 978-602-5414-92-3
  4. Baskoro, F. (2018) Mudah Memprogram Game Langsung di Smartphone dengan Pocketcode, Penebar Media Pustaka, ISBN: 978-602-5888-40-3
  5. Baskoro, F. (2018) Terampil Membuat Game Android dengan Scratch, Penebar Media Pustaka, ISBN: 978-602-5414-77-0
  6. Baskoro, F. (2018) Tutorial Animasi dengan Scratch, Penebar Media Pustaka, ISBN: 978-602-5414-64-0

HKI

No Pendaftaran Judul Usulan Nama Pengusul Bulan Tahun
C00201705320 APLIKASI MOBILE MUSICMOO SEBAGAI SARANA PENCARIAN JUDUL LAGU Dwi Sunaryono, S.Kom, M.Kom 11 2017

Sumber : https://data.its.ac.id/akreditasi/ai_v_hki_lablist.php?showmaster=lab&fk_id_lab=133

Dosen Anggota Laboratorium Algoritma dan Pemrograman