Laboratorium Creative Digital Media

PROFIL SINGKAT LAB:

Laboratorium Media Kreatif dan Digital (Lab MEKDI) bertujuan melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang desain, media komunikasi visual dan konten kreatif berbasis digital maupun konvensional untuk kebutuhan komunikasi.

Sebagai Lab penunjang pendidikan, Laboratorium Media Kreatif dan Digital juga dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk melakukan eksperimen, riset dan pengembangan media komunikasi visual dan konten kreatif, seperti: Film dan Videografi, Animasi dan Game, Virtual Reality dan Multimedia, Fotografi, Ilustrasi, Digital Printing dan Packaging.

Visi Keilmuan

Menjadi Laboratorium yang unggul dalam riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Desain dan Media Komunikasi Visual untuk  menunjang industri kreatif nasional dan berwawasan global.

Misi Keilmuan

Memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Desain dan Media Komunikasi Visual melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan berbasis kreativitas, intelektual, manajerial, strategi dan teknologi digital.

  • VIDEO, FILM AND ANIMATION MEDIA
  • GAMES AND NEW MEDIA
  • CREATIVE DIGITAL CONTENT
  • CREATIVE BRANDING AND PACKAGING
  • SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALs (SDGs)

 

  1. Riset :
  2. Pemodelan Lingkungan Virtual Reality Dalam Pembelajaran Animasi dan Game Digital
  3. Desain Model Karakter Clay untuk Mendukung Produksi Film Animasi Stopmotion
  4. Rancang Bangun Film Berbiaya Rendah dengan Metode Virtual Set
  5. Strategi Digital Marketing Untuk UMKM (Studi Kasus Keripik Kulit Kebab UD. Misscrip).
  6. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Sebagai Sarana Belajar di Area Eks-Lokalisasi Dolly

 

  1. Pengabdian pada Masyarakat :
  2. Purwarupa Papan Permainan Bertema Global Pandemic Sebagai Upaya Edukasi Bencana Kesehatan Menggunakan Simulasi Augmented Reality.
  3. Efektivitas Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Pemahaman Sejarah Kemerdekaan Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.
  4. Pengembangan Branding Kemasan Produk Olahan Hasil Laut Untuk UMKM Di Kecamatan Bulak Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing dan Perluasan Pemasaran

 

  1. Eksperimen Mahasiswa
    1. Film dan Videografi,
    2. Animasi dan Game
    3. Virtual Reality dan Multimedia
    4. Fotografi, Ilustrasi
    5. Digital Print, Packaging.
    6. Komik Digital
    7. Mobile Game
    8. Card Game
    9. Visual Book
    10. Visual Identity, dll.