Visi dan Misi

Visi

Menjadi Program studi yang berkelas dunia, berkontribusi pada kemandirian bangsa, menjadi rujukan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam keilmuan desain komunikasi visual dalam menghadapi industri di masa mendatang.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan Desain Komunikasi Visual berbasis kreatifitas dan teknologi yang berorientasi internasional;
  • Menghasilkan lulusan yang berwawasan desain dan mampu menghadapi problem dan tantangan industri desain di masa mendatang;
  • Berperan aktif dalam pengembangan keilmuan desain komunikasi visual melalui kegiatan penelitian nasional dan internasional;
  • Berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan problem yang dihadapi masyarakat,industri, pemerintahan pusat dan daerah dalam menghadapi tantangan perkembangan bisnis, media dan teknologi melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Nilai

Nilai-nilai yang ingin ditanamkan oleh Departemen Desain Komunikasi Visual adalah:

  1. Etika dan Integritas (Ethics and Integrity); dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, maupun menjalankan profesinya, selalu berpegang teguh pada norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat, negara, dan agama
  2. Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); selalu mencari ide-ide baru untuk menghasilkan inovasi dalam menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik
  3. Ekselensi (Excellence); berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
  4. Kepemimpinan yang kuat (Strong Leadership); menunjukkan perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab
  5. Sinergi (Synergy); bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
  6. Kebersamaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial (Socio-cohesiveness and Social Responsibility); menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai oleh Departemen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah:

  1. Bidang Pengajaran/Akademik
  • Menghasilkan lulusan yang berdaya saing
  • Menyelenggarakan program yang mampu mendorong ke arah reputasi internasional
  1. Bidang Penelitian
  • Menghasilkan penelitian yang berdampak pada revenue generation à mendorong penelitian yang produknya layak jual
  • Menghasilkan paper yang dapat meningkatkan h-index
  1. Bidang Pengabdian
  • Menerapkan IPTEK untuk meningkatkan perekonomian
  1. Bidang Sarana dan Prasarana
  • Tersedianya  sarana dan prasarana
  1. Bidang Sumber Daya Manusia
  • Tersedia SDM yang berkompeten untuk tri dharma
  1. Bidang Organisasi dan Manajemen
  • Tersedianya OTK dan SOP yang komprehensif
  • Terlaksananya sistem manajemen mutu di level Jurusan