Program Studi

Pusat Pendidikan Arsitektur Berbasis Riset dan Bereputasi Internasional

TUJUAN :


Melaksanakan pendidikan arsitektur yang berbasis riset yang menghasilkan lulusan dengan kemampuan kritis, kreatif, visioner, dan adaptif.

 

SASARAN UMUM:


Menghasilkan lulusan dengan kemampuan menerapkan dan mengembangkan  ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang Arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis,  Arsitektur Nusantara dan Perancangan berbasis Komputer, melalui kegiatan penelitian yang berkualitas internasional.; memecahkan permasalahan di bidang keahliannya; dan menekuni kinerja profesionalnya melalui penelitian dan kegiatan akademik lainnya.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN


  1. Mengabdi kepada Satu Tuhan Yang Maha Kuasa dan mampu memelihara religiusitas serta menghargai nilai kemanusiaan.
  2. Mampu berperan serta dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan, kualitas masyarakat, kebangsaan, kewarganegaraan dan peradaban yang berlandaskan hukum dan prinsip dasar bangsa Indonesia (Pancasila).
  3. Mampu menghormati etika akademik, norma dan nilai, tanggung jawab, kemandirian, ketekunan, nilai kewirausahaan dan kerja sama tim.
  4. Mampu menerapkan pemikiran ilmiah, kreatif, dan desain, serta melakukan kajian dan desain arsitektur asli dalam bentuk proyek desain dan / atau laporan penelitian.
  5. Mampu mendemonstrasikan karya yang berkualitas dan terukur, melakukan evaluasi diri dan supervisi, serta membangun jejaring di tingkat nasional dan internasional.
  6. Mampu menguasai konsep teoritis arsitektur, desain arsitektur, sistem dan jasa struktur bangunan.
  7. Mampu menguasai prinsip-prinsip desain arsitektur dan metode perancangan.
  8. Mampu menguasai prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi bangunan, lansekap, tata kota dan desain, perumahan & permukiman dan ekologi yang mengacu pada konteks lokal.
  9. Mampu menguasai komunikasi arsitektural dan teknik presentasi.
  10. Mampu membuat konsep desain arsitektur yang mengintegrasikan kajian pada lingkungan dan perilaku lokal, aspek teknis dan nilai-nilai arsitektural.
  11. Mampu mendesain arsitektur berbasis penelitian secara mandiri, menghasilkan karya arsitektur yang kreatif, kontekstual dan valid secara teoritis.
  12. Mampu menyajikan pemikiran dan desain arsitektural secara komunikatif dalam bentuk presentasi lisan, tulisan, karya dan model grafik manual dan digital.
  13. Mampu memanfaatkan pengetahuan desain dalam lingkup konstruksi dan pengawasan gedung.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.