Sambutan Kepala Departemen

Sambutan Kepala Departemen

ide, riset dan lokalitas

Departemen arsitektur ITS memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan arsitektur berkualitas dengan jalan mengeksplorasi dan mendorong kemampuan merancang (designing) mahasiswa baik dalam hal berfikir (thingking), membuat rancangan (creating) dan berkomunikasi (communicating) serta riset arsitektur hingga mencapai prestasi-prestasi akademis baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Dengan fokus pembelajaran pada eksplorasi dan pengembangan pengetahuan serta ide arsitektural yang berbasis riset dan lokalitas, mahasiswa akan ditantang untuk dapat menggali potensi lokal melalui riset dan menjabarkannya ke dalam ide-ide arsitektural yang khas, inovatif dan berkontribusi pada pemecahan pemasalahan arsitektur terkini.

Fokus pembelajaran seperti tersebut di atas memiliki tujuan-tujuan strategis. Pertama, dengan fokus pada eksplorasi dan pengembangan ide, seseorang dapat berkontribusi dan eksis dengan melintas ruang dan waktu. Kedua, dengan pijakan eksplorasi dan pengembangan ide baru pada potensi lokal, ide menjadi lebih kompetitif karena unsur keunikannya. Ketiga, dengan melandaskan proses eksplorasi dan pengembangannya pada riset kedalaman dan keserbacakupan sebuah ide semakin berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Departemen Arsitektur percaya bahwa dengan pendidikan yang telah diperoleh di ITS lulusan dapat mengembangkan pengetahuan dan menghasilkan ide-ide arsitektural yang khas dan inovatif. Dengan kemampuan ini lulusan departemen arsitektur ITS akan memiliki kepercayaan diri dan daya saing yang tinggi serta peran yang semakin luas.

Kepala Departemen Periode 2015-2019
Ir. I Gusti Ngurah Antaryama, Ph.D