Program Studi Pascasarjana

Program Pascasarjana Magister (S2) dan Doktoral (S3)

Tujuan dari program pasca sarjana teknik sipil adalah untuk menghasilkan lulusan:

  1. Yang memiliki keahlian khusus di salah satu bidang teknik sipil dan memahami hubungan antara berbagai bidang keahlian teknik sipil.
  2. Mampu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknik sipil sesuai dengan kondisi pulau dan sumber daya alam yang ada di negeri ini.
  3. Mampu berkomunikasi dan mentransfer ilmu pengetahuan dan teknik di bawah kendali mereka melalui penelitian, pengembangan dan perluasan sipil.
  4. Mampu untuk menerapkan ilmu dan teknik sipil secara profesional dan dapat bersaing secara internasional, tetapi masih menegakkan integritas moral dan etika dalam profesi.

Persyaratan Program Pascasarjana

  1. Peserta program terbuka bagi lulusan
    1. Program Sarjana dengan IPK 3,00 (untuk Program Magister), dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    2. Program Magister dengan IPK 3,00 (untuk Program Doktor) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    3. Untuk Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
      1. Sarjana unggul (fresh graduate) lulusan 3 tahun terakhir atau akan mengikuti wisuda bulan September bagi lulusan ITS
      2. Persyaratan IPK pelamar sebagai berikut :
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,25
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,75
      3. Usia pada saat mendaftar tidak lebih dari 24 tahun
  2. Mendapatkan dua surat rekomendasi (format bisa diunduh disini) yang bisa berasal dari:
    1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja.
    2. Mantan pembimbing akademik program sarjana.
    3. Dosen senior dengan jabatan fungsional minimal lektor.
  3. Memiliki sertifikat TOEFL/TOEFL – like Paper based dengan nilai skor minimal 450 (untuk program master) dan 477 (untuk program doktor) dari instansi:
    1. Institutional Testing Program (ITP).
    2. Sertifikat Bahasa Inggris dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
    3. Sertifikat TEFL paper based dapat digantikan dengan sertifikat IELTS dengan skor minimal 4.5 atau TOEFL IBT dengan skor minimal 32.
    4. Untuk di ITS, jadwal tes sejenis TOEFL (TEFL) bisa dilihat di: bahasa.its.ac.id atau Telp. (031) 5990322 / 5947274 ext. 1221
  4. Memiliki sertifikat Tes Potensi Kemampuan Akademik (TPKA) dengan skor minimal 450 (untuk program master) dan 450 (untuk program doktor), yang dikeluarkan oleh: Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik (DIRP2A-ITS), atau Tes Potensi Akademik (TPA) yang dikeluarkan oleh BAPPENAS, dan TKDA HIMPSI. Untuk tes TPA DIRP2A-ITS bisa dilihat disini atau mengubungi Telp. (031) 5994251 – ext 1126, 1384.
  5. Lulus seleksi masuk/tes masuk :
    • Tulis: Materi Bidang;
    • Wawancara
  6. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.
  7. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini, serta formulir kesediaan dosen calon pembimbing bisa diunduh disini

Persyaratan Tambahan untuk Program Pascasarjana Jalur Riset

Program Magister Jalur Riset

Mahasiswa baru Program Magister jalur riset harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Lulus sarjana dari program studi yang terakreditasi minimal B dengan IPK ≥ 3,25 (skala 4); atau lulus program sarjana dari program studi yang sama dengan akreditasi A dengan IPK ≥ 3,00 (skala 4).
  2. Lulus ujian masuk Program Magister yang meliputi: tes potensi kemampuan akademik (TPKA) (minimal 450), TEFL atau yang setara (minimal 477), tes materi bidang (minimal 66), dan wawancara (minimal 66).
  3. Mempunyai 1 (satu) publikasi ilmiah dalam 5 tahun terakhir yang dipublikasikan dalam prosiding seminar internasional bereputasi (terindeks di web of science atau scopus); atau jurnal nasional terakreditasi (Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3 atau Sinta 4); atau jurnal internasional bereputasi; atau paten yang telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia – Republik Indonesia.
  4. Bagi calon mahasiswa baru dari program sarjana yang tidak sebidang atau beda jenis program pendidikannya harus mengikuti peraturan rekognisi pembelajaran lampau (RPL).
  5. Nilai Tugas Akhir atau Skripsi adalah A.
  6. Semua prodi INDSYS dan CIVPLAN dengan NTUST menyediakan beasiswa khusus bagi mahasiswa Indonesia Timur.

Program Doktor Jalur Riset

Mahasiswa baru Program Doktor jalur riset harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Lulus program magister dari program studi yang terakreditasi minimal B dengan IPK ≥ 3,25 (skala 4); atau lulus program sarjana dari program studi yang sama dengan akreditasi A dengan IPK ≥ 3,00 (skala 4).
  2. Lulus ujian masuk Program Doktor yang meliputi: tes potensi kemampuan akademik (TPKA) (minimal 450), TEFL atau yang setara (minimal 500), tes materi bidang (minimal 66), dan wawancara (minimal 66).
  3. Mempunyai 2 (dua) publikasi ilmiah dalam 5 tahun terakhir yang dipublikasikan dalam prosiding seminar internasional bereputasi (terindeks di web of science atau scopus) dan merupakan flagship web of science atau scopus; atau jurnal nasional terakreditasi (Sinta 1 atau Sinta 2); atau jurnal internasional bereputasi; atau paten yang telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia – Republik Indonesia.
  4. Bagi calon mahasiswa baru dari program magister yang tidak sebidang atau beda jenis program pendidikannya harus mengikuti peraturan rekognisi pembelajaran lampau (RPL).

Tata Cara Pendaftaran

Bagi calon pendaftar yang berasal dari program studi yang tidak sebidang dan Lintas Jenis, silahkan mendaftar melalui program RPL pada pendaftaran semester gasal

    1. Melalui web ITS: http://smits.its.ac.id calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
    2. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
    3. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00

 

      1. GELOMBANG I
        Mulai tanggal 1 April 2020 s.d. 24 April 2020 (paling lambat pukul 16.00 WIB) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 24 April 2020 pukul 24.00 WIB.

 

      1. GELOMBANG II
        Mulai tanggal 15 Juni 2020 s.d. 10 Juli 2020 (paling lambat pukul 16.00 WIB) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 10 Juli 2020 pukul 24.00 WIB.

 

  1. Panduan Detail Cara Pembayaran Melalui Internet Banking/ATM bisa dilihat disini.
  2. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat http://smits.its.ac.id, dengan login menggunakan KAP dan PIN.
  3. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Ijazah Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4).
    3. Transkrip Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4).
    4. Ijazah Magister (khusus program S3).
    5. Transkrip Magister/Magister Terapan (khusus program S3).
    6. Surat Rekomendasi 2 buah.
    7. Sertifikat TOEFL/IELTS.
    8. Sertifikat TPA atau TPKA.
    9. Surat Keterangan Sehat
    10. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini, serta formulir kesediaan dosen calon pembimbing bisa diunduh disini.
  4. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  5. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  6. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
  7. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara.
  8. Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada saat wawancara.

Waktu Pendaftaran

Gelombang I
Pendaftaran 1 – 24 April 2020
Ujian Masuk 28 April 2020
Pengumuman 8 Mei 2020
Pengisian SIPMABA 25-29 Mei 2020
Pendaftaran Ulang 2-4 Juni 2020
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 19 Agustus 2020
Gelombang II
Pendaftaran 15 Juni – 10 Juli 2020
Ujian Masuk 14 Juli 2020
Pengumuman 23 Juli 2020
Pengisian SIPMABA 27 – 31 Juli 2020
Pendaftaran Ulang 3 – 7 Agustus 2020
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 19 Agustus 2020

CATATAN: Pendaftaran untuk Manajemen Teknologi diadakan pada 17 Februari 2020 s.d. 10 Juli 2020 (tidak ada Gelombang I dan II). Tes dilakukan setiap hari Sabtu.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan Program Pascasarjana ITS adalah sebagai berikut :

No. Program Biaya Pendidikan SPI
1. Magister Reguler Rp. 10.000.000,00
Kelas Eksekutif Teknik Sipil Rp. 10.000.000,00 Rp. 20.000.000,00
2. Doktor Rp. 15.000.000,00
3. Magister dan Doktor Kerjasama Sesuai dengan PKS (MOA) Sesuai dengan PKS (MOA)

Informasi Lebih Lanjut

Sekretariat Pendaftaran Program Pascasarjana ITS
Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik
Gedung KPA Plasa Dr. Angka Lantai 3
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya
Telp. (031) 5994251 ext. 1126, 1384
Email: kasubdit.p3[at]its.ac.id

Informasi lengkap mengenai program pasca sarjana dapat Anda lihat disini.