Program Doktoral

Program Studi Doktoral (S3)

Departemen Teknik Sipil berada di bawah Fakultas Teknologi Sipil Lingkungan dan Kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Teknik Sipil memiliki visi menjadi Pusat Rujukan (Resource Center) ke-Teknik Sipil-an di Indonesia yang menunjang pembangunan industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan.

Kurikulum dan seluruh kelengkapannya harus ditinjau ulang mencakup beberapa aspek :

  1. Dengan mengacu pada SOP yang ditetapkan oleh perguruan tinggi
  2. Ditinjau setiap 4-5 tahun
  3. Kurikulum DTS ditinjau setiap 5 tahun sekali dengan mempertimbangkan hasil survey kepuasan pengguna lulusan dan benchmarking dari berbagai perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri.
  4. Melibatkan pihak-pihak terkait (relevansi sosial dan relevansi epistemoligis)
    Dalam penyusunan kurikulum DTS melibatkan pihak terkait seperti ikatan alumni, stake holder, pihak ITS (fakultas dan rektorat). Menyesuaikan dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders). Dalam penyusunan kurikulum, DTS selalu mempertimbangkan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders). Hal ini dilakukan dengan melakukan survey kepuasan pengguna lulusan. Hasil survey menunjukkan bahwa lulusan DTS bekerja di bidang kontraktor , konsultan dan bank. Dari hasil survey juga dapat diketahui kekurangan dan hal hal yang perlu ditingkatkan. Misalnya kemampuan lulusan untuk presentasi dlam bahasa Inggris dianggap kurang, maka DTS menindaklanjuti dengan meningkatkan jumlah mata kuliah dengan pengantar bahasa Inggris.
  5. Direview oleh lembaga/tim yang relevan
  6. Kurikulum disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi

Hasil yang diharapkan

Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden No. 8/2012 tentang Indonesia Nasional kualifikasi kerangka (INQF) sebagai panduan Nasional Perumusan lulusan hasil pembelajaran diharapkan (ELO). Ini memberikan pemahaman bahwa setiap siswa harus memiliki standar yang sama kompetensi. Program sarjana harus mengatur hasil belajar sehingga lulusan harus mencapai tingkat 6 INQF. Menurut peraturan ini, ELO adalah kemampuan yang dapat diperoleh dari akumulasi pengalaman kerja, pengetahuan, kemampuan manajerial dan sikap.

DCE ELO diformulasikan berdasarkan profil lulusan yang berasal dari visi dan misi ITS, Fakultas dan Departemen, INQF, pemangku kepentingan dan Alumni Input dan pembandingan dengan praktik terbaik nasional dan Universitas-universitas internasional. Menurut diskusi panjang dengan DCE anggota akademik, lulusan DCE profil mendefinisikan sebagai: “menghasilkan lulusan teknik yang mampu bekerja sama dalam kelompok desain berwawasan infrastruktur teknik sipil, dan memiliki Pengusaha keterampilan, serta untuk memiliki pengetahuan yang cukup untuk memperbaiki diri berdasarkan filosofi pembelajaran seumur hidup.”

Selain kompetensi inti yang menjadi tanda pengenal utama DCE lulusan, itu juga didefinisikan dalam ELO tentang mendukung kompetensi dan kompetensi tertentu sesuai dengan kompetensi inti. Unsur-unsur kompetensi setiap subjek termasuk landasan aspek kepribadian, penguasaan pengetahuan dan keterampilan, kemampuan untuk bekerja, sikap dan perilaku dalam pekerjaan, dan memahami aturan kehidupan dan masyarakat. Profil adalah berasal dari 4 utama ELO dengan 12 sub-ELOs dan diharapkan oleh lulusan DCE-nya. Berdasarkan ELO, DoS siap struktur dan isi dari kurikulum agar kompetensi diperlukan harus dicapai.

Program sarjana S1 (2014-2019 DCE kurikulum) ini dibagi dalam 2 tahap sebagai berikut: 1. persiapan panggung dengan beban 36 kredit semester (dilakukan dalam 2 semester), dan 2. tahap sarjana dengan beban kredit 108 (6 semester). Total 144 kredit program (48 mata pelajaran) terdiri dari mata kuliah wajib 45 (132 kredit) dan 3 mata pelajaran pilihan (12 kredit). Mata kuliah wajib terdiri dari mata kuliah wajib pada tahap persiapan, besar mata kuliah wajib yang termasuk proyek akhir dan karya-karya proyek, dan mendukung/interdiscipline mata pelajaran. Pada tahap persiapan, mata kuliah wajib termasuk ilmu pengetahuan dasar dan teknik subyek yang mendukung DCE kurikulum, dan keterampilan lembut mata pelajaran yang diajarkan dalam semua fakultas yang berdasarkan kelembagaan kurikulum (ITS kurikulum). Pada tahap persiapan, program berfokus pada pengembangan keterampilan generik dan pengetahuan. Dengan demikian, mata pelajaran keterampilan lembut yang ditunjuk untuk mempersiapkan dan membekali mahasiswa tahun pertama dengan etika profesional akademik dan sikap. Keterampilan generik dan pengetahuan siswa kemudian diperkuat dalam tahap sarjana dengan menyelesaikan subyek pendukung. Oleh karena itu, 34.7% subyek dalam program dirancang untuk mengembangkan keterampilan generik dan pengetahuan, sementara 65.3% dari mata pelajaran terstruktur untuk mengembangkan keterampilan khusus dan pengetahuan (Kursus wajib, elektif yang besar dan proyek akhir).

Besar mata kuliah wajib dikategorikan ke dalam 5 modul inti, yaitu, struktur, geoteknik, transportasi, hydrotechnics dan manajemen proyek. Sementara mendukung interdiscipline subjek survei tanah, programmeming komputer dan aplikasi, teknik sipil yang menggambar, rekayasa matematika, statistik untuk teknik sipil, sistem pemodelan untuk teknik sipil. Minimum 3 dari 24 mata pelajaran pilihan dapat diambil oleh siswa mulai dari semester 5 untuk mendukung proyek akhir topik yang menarik (klasifikasi elektif mata pelajaran yang terkait dengan topik tugas akhir). Kursus-kursus ini elektif memungkinkan siswa untuk menghadiri kelas-kelas sesuai dengan kebutuhan mereka untuk mendukung khusus keahlian dan pengetahuan mereka. Struktur dalam program sarjana diringkas dalam tabel di bawah ini.

Sistem pendidikan dinyatakan oleh sistem Kredit Semester (Sistem Kredit Semester-SKS), yang didefinisikan sebagai sistem pendidikan dengan satuan kredit semester (kredit) untuk beban negara mahasiswa, dosen, dan implementasi program per minggu. Satu kredit didefinisikan sebagai kuliah 50 menit, 50-100 menit kegiatan akademik terstruktur dan 50-100 menit independen kegiatan belajar. Semester adalah satuan waktu untuk mengajar dan belajar kegiatan, setara dengan 16 (Enambelas) Minggu kelas atau lain dijadwalkan kegiatan termasuk evaluasi. Ringkasan dari program yang berhubungan dengan kredit saja dan tingkat studi disajikan dalam tabel di bawah ini.

SEMESTER I
1 IG14-1101~5 Religious Education 2
2 SF14-1201 Basic Physic 3
3 SM14-1201 Calculus 1 3
4 RC14-1311 Statically-Determinate Structure 3
5 RC14-1312 Land Surveying 2
6 RC14-1313 Computer Programming and Application 2
7 IG14-1106 Nationality insight 3
Total Credits 18
SEMESTER II
1 SM14-1202 Calculus 2 3
2 IG14-1108 English 3
3 RC14-1321 Civil Engineering Drawing + Assignment 3
4 RC14-1322 Mechanics of Materials 3
5 RC14-1323 Concrete and Material Technology + Lab Work 4
6 RC14-1324 Construction Management 2
Total Credits 18
SEMESTER III
1 RC14-1331 Engineering Mathematics 2
2 RC14-1332 Statistic for Civil Engineering 2
3 RC14-1333 Statically Indeterminate Structure 3
4 RC14-1334 Concrete Structure 1 3
5 RC14-1335 Traffic Engineering 3
6 RC14-1336 Project Financial Feasibility Study + Assignment 3
7 RC14-1337 Fluid Mechanics and Hydraulics + Lab Work 4
Total Credits 20
SEMESTER IV
1 RC14-1341 Applied Engineering Mechanics 3
2 RC14-1342 Elements of Steel Structures 3
3 RC14-1343 Concrete Structure 2 2
4 RC14-1344 Soil Mechanics and Foundations 4
5 RC14-1345 Time and Cost Planning Of Construction Project 3
6 RC14-1346 Highway and Railway Geometrics 2
7 RC14-1347 Hydrology 3
Total Credits 20
SEMESTER V
1 RC14-1351 Software for Civil Engineering (CAD + Plaxis) 2
2 RC14-1352 Concrete Building Structures + Assignment 4
3 RC14-1353 Steel Building Structures + Assignment 4
4 RC14-1354 Embankment and Earth-Retaining Structures 4
5 RC14-1355 Transportation Planning and Modeling 2
6 RC14-1356 Drainage and Irrigation System and Structures 4
Total Credits 20
SEMESTER VI
1 IG14-1107 Scientific information technology and communication 3
2 RC14-1361 Modeling of System for Civil Engineering 2
3 RC14-1362 Bridge Engineering + Assignment 4
4 RC14-1363 Highway Pavement Design + Lab Work 3
5 RC14-1364 Water Building Construction Planning + Assignment 3
6 RC14-1365 Coastal and River Engineering 3
Total Credits 18
SEMESTER VII
1 RC14-1371 Practical Work/ Industrial Field Practice 2
2 IG14-1109 Technopreunership 3
3 RC14-1372 Construction Method and Equipment 3
4 RC14-1373 Airport Planning 2
5 RC14-1374 Harbor Planning 2
6 RC14-1375 Scientific Writing Method 2
Total Credits 14
SEMESTER VIII
1 RC14-1501 Final Project 6
2 Elective Courses 10
Total Credits 16

ELECTIVE COURSES

No. Code Course Title Credits

1

RC14-1401

Timber Structures 2

2

RC14-1402

Prestressed Concrete Structures 2

3

RC14-1403

Finite Element Method 3

4

RC14-1404

Ductile Steel Structures 3

5

RC14-1405

Long Span Bridge 2

6

RC14-1406

Structure Dynamics 3

7

RC14-1407

Small Dam and Hydro Power 2

8

RC14-1408

Water Resources Management 2

9

RC14-1409

Piping Network Planning 2

10

RC14-1410

Coastal and River Building Planning 2

11

RC14-1411

The Operation and Maintenance of Water Building 2

12

RC14-1412

Special Topics 2

13

RC14-1413

Time and Cost Optimization 2

14

RC14-1414

Procurement and Construction Project Contract 2

15

RC14-1415

Buidings Utility 2

16

RC14-1416

Maintenance of Civil Engineering Structures 2

17

RC14-1417

Engineering Geology 2

18

RC14-1418

Ground Improvement Method 2

19

RC14-1419

Foundations on Rocks 2

20

RC14-1420

Advanced Foundation Engineering 2

21

RC14-1421

Dynamics of Foundations 2

22

RC14-1422

Highway Economics 2

23

RC14-1423

Mass Transport and Transportation Facility 2

24

RC14-1424

Railway Engineering 2