News

NOPEC, olimpiade ke teknik kimia an bagi siswa SMA/SMK sederajat terbesar di Indonesia.

Kam, 14 Feb 2019
8:37 am
Informasi
Share :
Oleh : Admin-TeknikKimia   |

National Olympiad of Chemical Engineering atau yang sering disebut dengan NOPEC adalah sebuah kompetisi yang diadakan tentang ke teknik kimia an di tingkat nasional yang ditujukan untuk para siswa SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia yang diadakan setiap tahunnya. NOPEC merupakan salah satu dari 4 sub-acara CHERNIVAL 2019 (Chemical Engineering Innovation Festival 2019), yang diadakan oleh departemen Teknik Kimia FTI Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pada tahun ini, NOPEC telah mencapai umur 11 tahun sejak diawalinya event ini. Serangkaian kegiatan NOPEC 2019 sendiri diawali dengan try out (30 januari 2019), penyisihan(1-2 Februari 2019), quarterfinal (3 Februari 2019), semifinal(7-9 Februari 2019), dan final (10 Februari 2019). Dengan peserta awal sebanyak 2258 tim, para peserta melaksanakan babak penyisihan yang dilakukan secara online dan diambil 150 tim terbaik untuk masuk ke quarterfinal. Dari 150 tim terbaik, diambil kembali 25 tim terbaik dari babak quarterfinal untuk masuk ke semifinal.

Rangkaian kegiatan Semifinal NOPEC dimulai pada Kamis, 7 Februari 2019. Hari pertama pelaksanaan Semifinal NOPEC 2019 diawali dengan sambutan pembukaan Semifinal NOPEC 2019 oleh Senja Isudin selaku Presiden Chernival 2019, dilanjutkan dengan Fathi Haqqani F. sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia, dan diakhiri oleh pembukaan rangkaian kegiatan NOPEC 2019 oleh Juwari, ST., M.Eng. PhD. selaku Kepala Departemen Teknik Kimia FTI-ITS. Dilanjutkan dengan kegiatan Technical Meeting untuk para semifinalis NOPEC 2019, hal ini dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta mengetahui dan dapat bertanya lebih jauh tentang peraturan-peraturan yang ada di NOPEC 2019. Kegiatan pembukaan dan Technincal Meeting ini dilakukan pada gedung SCC ITS. Di hari yang sama, para semifinalis NOPEC 2019 diajak untuk melakukan lab tour yang ada di teknik kimia agar mereka lebih mengenal tentang lab yang ada di teknik kimia ITS. Beberapa laboratorium yang di kunjungi antara lain Lab. Teknologi Proses, Lab. Pengolahan Biologis Limbah Industri Cair, Lab. Biomassa dan Konversi Energi, Lab. Teknologi Biokimia, Lab. Elektrokimia dan Korosi, Lab. Thermodinamika, Lab. Perencanaan dan Pengendalian Proses.

 

Foto 1.1 Sambutan Pembukaan NOPEC 2019 oleh Bapak Juwari, ST., M.Eng. PhD

 

Foto 1.2 Para peserta antusias saat kegiatan Laboratorium Tour

Pada 8 Februari 2019, para Semifinalis NOPEC 2019 diajak untuk melakukan company visit menuju PT. Amerta Indah Otsuka Indonesia dengan didampingi perwakilan dosen Departemen Teknik Kimia FTI – ITS yaitu Bapak Annas Wiguno S.T,M.T. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui suatu proses produk di Industri, yang mana dunia pemorsesan pada industry bukanlah hal yang asing lagi pada dunia Teknik Kimia.

Foto 1.3 Para semifinalis berfoto bersama setelah kegiata Company Visit

Kemudian pada 9 Februari 2019, dilaksanakan kegiatan semifinal round yang dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu Praktikum Kimia Analisa dan Rally Games. Pada Praktikum Kimia Analisa, para semifinalis diuji untuk melakukan praktikum beberapa modul Kimia Analisa. Lalu, dilanjutkan dengan kegiatan Rally Games, dimana para semifinalis memasuki 5 pos yang nantinya pada setiap pos mereka akan mengerjakan soal-soal yang berdasarkan materi mengenai dasar Teknik Kimia. Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman para finalis NOPEC 2019, dan diakhir dengan Technical Meeting bagi para finalis NOPEC 2019

Foto 1.4 Kegiatan Praktikum Kimia Analisa

Pada hari terakhir rangkaian kegiatan Semifinal NOPEC 2019, para semifinalist melaksanakn mengikuti seminar SBMPTN dari LBB PROSUS INTEN, dan dilanjutkan dengan mengunjungi pusat oleh-oleh Wisata Rasa. Sedangkan untuk para finalist melaksanan final round yang dimulai dengan praktikum Kimia Organik di Lab Kimia Organik Teknik Kimia FTI-ITS. Kemudian para finalis. melaksankan presentasi tentang pengolahan limbah, dengan penilai dari beberapa dosen Teknik Kimia-FTI ITS, yakni Sri Rachmania Juliastuti, Ir., M.Eng., Dr.Tantular Nurtono ST., M.Eng., serta Yeni Rahmawati ST. MT.

Foto 1.5 Para finalis melaksanakan Presentasi mengenai pengolahan limbah

Kemudian masuk ke babak terakhir di final round yaitu finding word games. Pada malamnya, dilaksanakan Gala Dinner di Kediaman Wali Kota Surabaya. Pada acara ini, dihadiri oleh beberapa tamu penting yang memberikan sambutan yakni, Ibu Siswati S.Si, selaku perwakilan Pemerintah Kota Surabaya, Kasi Kurikulum Sekolah Menengah Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Bapak Prof.Dr.Ir.Heru Setyawan M.Eng. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS,  Bapak Juwari S.T., M.Eng.,PhD selaku Kepala Departemen Teknik Kimia serta Bapak Fadlilatul Taufany S.T., PhD selaku Sekretaris Program Studi S1.

Foto 1.5 Sambutan Pembukaan Gala Dinner NOPEC 2019 oleh Bapak Juwari S.T., M.Eng.,PhD

 

Foto 1.6 Sambutan Pembukaan Gala Dinner NOPEC 2019 oleh perwakila Pemerintah Kota Surabaya, Ibu Siswati S.Si

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penampilan beberapa tarian khas Surabaya seperti Tari Remo, dan dilanjutkan dengan Acara makan bersama. Gala dinner ini ditutup dengan pengumuman juara NOPEC 2019. Pemenang NOPEC 2019 adalah tim Anemonicus dari SMAN 5 kota Depok  pada sebagai Juaara Ketiga,  Tim Felis Aries dari SMAK 1 Petra Surabaya pada posisi juara kedua, dan juara pertama yang berhak mendapatkan Free Pass menjadi Mahasiswa Teknik Kimia FTI – ITS 2019 adalah tim Wehrmacht dari SMAN 1 Pati. Selamat untuk para pemenang!

Foto 1.7 Para Pemenang NOPEC 2019

 

Foto 1.8 Peraih Juara 1 NOPEC 2019, tim Wehrmacht dari SMAN 1 Pati bersama Prof. Dr. Ir. Heru Setyawan, M.Eng. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

Latest News

  • Leadership as Competitive Edge

    Kuliah soft skills pada sesi ke – 4 dengan tema Why Am I here? Leadership as Competitive Edge telah

    28 Jan 2021
  • Bangkitkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa Melalui Kuliah Soft Skill “Why I Am Here? Building Entepreneurship”

    “Siapa bilang Entrepreneurship cuma milik pengusaha? Entrepreneurship bukanlah profesi apalagi cuma sekedar status. Entrepreneurship adalah cara memandang hidup, pola

    15 Des 2020
  • Mewujudkan Pembuatan Nata dengan Bahan Dasar Legen di Gresik

    Legen merupakan minuman tradisional dari Gresik Jawa Timur. Legen banyak ditemukan di sekitar wilayah Hendrosari Gresik. Minuman legendaris ini terbuat

    19 Nov 2020