Laboratorium Rekayasa Hidro-Informatika Kelautan

Sebagai fasilitas pendidikan di Jurusan Teknik Kelautan ITS, Laboratorium komputasi ini berfungsi untuk mendukung praktikum dari beberapa mata kuliah, antara lain :

  • Praktikum Mata kuliah Pemrograman Komputer
  • Praktikum Mata kuliah Analisa Numerik
  • Praktikum Mata kuliah Pasang Surut
  • Tugas Rancang Besar I (TRB I)

Fasilitas
Peralatan utama laboratorium komputasi ini adalah berupa personal komputer intel Core i3, intel Core i5. Komputer server  HP proliant Server ML150 GB sera NAS bufallo dengan jumlah yang memadai dan terhubung dengan LAN.

Isu StrategisKonsep PemikiranPemecahan MasalahTopik Riset yang diperlukan
Perancangan Sistem dan Struktur Lepas Pantai Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat besar. Potensi laut dangkal hampir habis dengan potensi yang terbatas dan potensi laut dalam yang melimpah dan masih sedikit yang dimanfaatkan. Maka sintesa pemanfaatan potensi terbatas dan pemanfaatan yang mengarah ke laut dalam sangat mungkin untuk dilakukan.
Untuk daerah dengan potensi terbatas perlu konsep struktur baru agar memenuhi aspek resiko yang ekonomis.

Umumnya sistem struktur laut dalam terdiri dari: floating structure, mooring lines, dan angker/pondasi.
Dan pipeline, serta subsea structure.

Untuk mendukung upaya pemanfaatan dilaut dalam dengan lingkungan yang ekstrem akan memberikan response yang tidak kecil sehingga couple-problem (fluid-structure, heat-structure, soil-structure), transient analysis, dynamic analysis, non-linear geometry dan non-linear material response menjadi hal yang penting dalam proses desain (operating, extreme, fabrication, installation).

Untuk mendapatkan desain yang handal tentunya memerlukan pengembangan desain sintesis berbasis resiko dan optimasi, yang memberikan hasil desain dengan resiko yang ekonomis.
Kajian Numerik Perancangan system dan struktur lepas pantai untuk daerah terbatas berbasis resiko dan optimasi.

Kajian Numerik struktur lepas pantai dengan pendekatan fluid-structure interaction dan non-linear geometri dan material

Kajian Numerik pondasi struktur lepas pantai dengan pendekatan soil-structure interaction dan non-linear geometri dan material

Kajian Numerik mooring lines struktur lepas pantai dengan pendekatan fluid-structure interaction dan non-linear geometri dan material

Kajian Numerik Perancangan sistem dan struktur lepas pantai berbasis resiko dan optimasi

Perancangan Sistem dan Struktur Pantai Indonesia mempunyai wilayah pantai yang sangat panjang dan memerlukan perlindungan terhadap pengaruh erosi, abrasi, banjir dan tsunami, terutama akibat perubahan musim global yang ekstrem, maka untuk sistem, struktur pantai dan struktur perlindungan pantai memerlukan desain yang handal.Bebagai macam pelindung pantai: Perlindungan pantai secara natural, seawall, dan breakwater: non-overtop, overtop, submerged, dan floating, serta groin.
Dan struktur pantai:
Dermaga, jetty, dolphin

Dengan perubahan cuaca yang ekstrem, maka dalam perhitungan beban: angin, gelombang, arus dan pasang-surut perlu dievaluasi.

Dengan perubahan cuaca yang ekstrem, maka dalam perhitungan respon struktur aspek couple-problem (fluid-structure dan soil structure), non-linear geometri dan non-linear material, transient analysis dan dynamic analysis adalah penting.

Untuk mendukung upaya perlindungan pantai yang handal tentunya memerlukan pengembangan desain sintesis yang berbasis resiko dan optimasi, yang memberikan hasil desain dengan resiko yang ekonomis.
Kajian numerik perilaku arus dan gelombang didaerah pantai dengan cuaca ekstrem yang akan datang.

Kajian Numerik proses erosi dan abrasi pantai dengan cuaca ekstrem yang akan datang.

Kajian Numerik efek perubahan cuaca ekstrem pada stabilitas sebuah seawall.

Kajian Numerik Perancangan system dan struktur pantai berbasis resiko

Kajian Numerik Perancangan system dan struktur pantai berbasis optimasi

Kajian Numerik Perancangan system dan struktur pantai berbasis resiko dan optimasi

Kajian perilaku pasang surut pada kondisi ekstrem dimasa datang
Monitoring dan Perawatan Sistem Pantai dan Lepas Pantai, Struktur Pantai dan Struktur Lepas PantaiMonitoring dan Perawatan dari sistem pantai dan lepas pantai, struktur pantai dan struktur lepas pantai merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari konsep desain yang handal. Dengan sistem monitoring yang baik akan memberikan informasi yang tepat dari masa perawatan dari sistem pantai dan sistem lepas pantai, struktur pantai dan struktur lepas pantaiMonitoring dan Perawatan dari sistem pantai dan lepas pantai, struktur pantai dan struktur lepas pantai merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari konsep desain yang handal. Dengan sistem monitoring yang baik akan memberikan informasi yang tepat dari masa perawatan dari sistem pantai dan sistem lepas pantai, struktur pantai dan struktur lepas pantai
Untuk membangun sistem monitoring dan perawatan yang handal, maka perlu dikembangkan sistem monitoring yang kontinyu dan sistem pengolah data monitoring yang handal.


Kajian numerik tentang pengolahan data untuk mengetahui perilaku struktur/sistem

Kajian numerik tentang pengolahan data untuk memperkirakan perilaku struktur/sistem dikemudian hari
NoJenis KegiatanNama KegiatanFrekuensi/Tempat
1PelatihanPemrograman komputer menggunakan Intel Visual Fortran

Pemrograman komputer menggunakan Pyton dan Matlabs

Pelatihan Delft 3D Software

First Aids and Fire Awareness Training

Penggunaan GT.Strudl dalam analisa struktur bangunan lepas pantai
Berdasarkan permintaan



Berdasarkan permintaan

Berdasarkan permintaan

Berdasarkan permintaan


Berdasarkan permintaan
2Pemberdayaan MasyarakatPengembangan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Silvianita, S.T., M.Sc., Ph.D.

  1. Suntoyo, S.T., M.Eng., Ph.D.
  2. Wimala Lalitya Dhanistha, S.T., M.T
  3. Raditya Danu Riyanto, S.T., M.T.
  4. Dr. Dendy Satrio, S.ST.