Prodi Sarjana (S1) Reguler

Program Studi Sarjana (S1) Teknik Perkapalan

Sebagai salah satu kampus dengan layanan pendidikan tinggi ilmu perkapalan terbaik di Indonesia, Departemen Teknik Perkapalan menyediakan Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan (PSSTP) yang dijadwalkan selama empat (4) tahun. Program ini memungkinkan mahasiswanya mengeksplorasi teknik dan sains pada bidang hidrodinamis, desain, struktur dan pembangunan kapal. Mahasiswa juga mendapat kesempatan mengikuti kerja praktik di industri maritim baik di industri perkapalan, dan pemerintah.

Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan mempunyai beban studi 144 sks yang dijadwalkan dalam delapan semester; dibagi dalam Tahap Persiapan dengan beban studi 36 sks yang dijadwalkan dalam dua semester serta Tahap Sarjana dengan beban studi 108 sks yang dijadwalkan dalam enam semester. Pada Tahap Persiapan, mahasiswa dibekali pengetahuan tentang ilmu dasar keteknikan dan muatan nasional. Mahasiswa akan belajar matematika, kimia dan fisika dasar, bahasa, pancasila, agama, technopreneur, dll. Pada Tahap Sarjana dibekali pengetahuan dasar teknik, ilmu teknik perkapalan, desain dan produksi kapal. Mahasiswa akan belajar tentang ilmu perkapalan secara menyeluruh mulai proses mendesain, menganalisis hidrodinamis dan struktur, sampai proses pembangunan kapal. Tugas Akhir (Skripsi) merupakan puncak program pendidikan yang dapat berupa desain, penelitian, atau pengkajian teoritis terhadap suatu masalah.

Gelar yang diperoleh lulusan adalah Sarjana Teknik (S.T.). Lulusan Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan dapat bekerja di berbagai bidang, meliputi: industri maritim, industri perkapalan, pemerintahan, perbankan, klasifikasi, bisnis maritim dan sebagainya. Lulusan dari program ini akan mempunyai kompetensi seperti tertulis pada Capain Pembelajaran Lulusan (CPL), di mana CPL ini telah disepakati oleh konsursium Program Studi Teknik Perkapalan (PSTP) di Indonesia.

Ringkasan PSSTP

Jumlah mahasiswa: 468  mahasiswa

Jumlah pengajar: 26 dosen

Jumlah matakuliah: 49

Rata-rata IPK lulusan: 3.23

Gelar diperoleh: S.T. (Sarjana Teknik)

Akreditasi:

Misi Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan hanya mencakup aspek pendidikan saja yaitu:

Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu dan rekayasa Perkapalan yang unggul untuk menghasilkan lulusan berkualitas global dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Profil Profesional Mandiri Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan merupakan cerminan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh lulusan setelah lima tahun bekerja sebagai lulusan sarjana Teknik Perkapalan yaitu:

  1. Menjadi ahli perkapalan yang beretika dengan mempraktekkan prinsip-prinsip ilmu perkapalan yang selalu mengutamakan keselamatan kapal, penumpang, awak kapal, dan muatannya serta kelestarian lingkungan.
  2. Menjadi individu yang tangguh dengan kemampuan professional dan berkarakter kepemimpinan di dunia kerjanya,
  3. Menjadi individu yang berkembang dan belajar secara terus menerus di dalam bidang rekayasa, sains, bisnis, maupun bidang-bidang studi yang lainnya, di sertifikasi atau pelatihan profesi, dan secara aktif terlibat dalam kegiatan pengembangan profesi dalam pekerjaannya.

Lulusan Departemen Teknik Perkapalan dapat bekerja di berbagai bidang meliputi:

  1. Ship Designer
  2. Ship Production Engineer
  3. Marine Surveyor/Superintendent
  4. Marine Inspector
  5. Researcher and Academician
  6. Leader
  7. Entrepreneur

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan berdasarkan Kurikulum 2018


Keterampilan Umum

  • Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan;
  • Kemampuan menguasai prinsip-prinsip mekanika fluida dan benda padat, hidrostatik, probabilitas dan statistik terapan untuk masalah rekayasa perkapalan;
  • Kemampuan mendesain kapal beserta sistemnya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global;
  • Kemampuan menguasai prinsip-prinsip teknologi dan manajemen untuk perencanaan produksi kapal; serta
  • Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian performa teknik perkapalan.

Keterampilan Khusus

  • Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan; serta
  • Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik.

Pengetahuan

  • Kemampuan menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, kelestarian lingkungan; serta
  • Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan.

Sikap

  • Kemampuan menerapakan norma-norma Pancasila;
  • Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas di dalam batasan-batasan yang ada;
  • Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya;
  • Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik; serta
  • Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isuke kinian yang relevan.

Taxonomy Bloom, Kurikulum, dan Prasyarat Mata Kuliah
Departemen Teknik Perkapalan

[File diberikan dalam bentuk PDF viewer. Klik ‘next page’ untuk melihat halaman selanjutnya]

Departemen Teknik Perkapalan memiliki kompetensi utama dalam mempelajari, meneliti, merancang dan mengembangkan ilmu pembangunan kapal (naval architecture and shipbuilding) serta pengembangan sistem transportasi dan bisnis pengoperasian armada kapal (sea transaportation and shipping business). Semua bidang keahlian tersebut dipelajari secara mendalam dalam keempat bidang konsentrasi keahlian berikut:

Desain Kapal

Pada bidang ini, mahasiswa akan mendapat keterampilan dan pengetahuan untuk melakukan kegiatan desain kapal. Mendesain kapal adalah sebuah aktivitas untuk menciptakan informasi yang diperlukan untuk pembangunan kapal. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam melakukan desain kapal adalah pembuatan lines plan, general arrangement dan 3D Model dengan memperhatikan spesifikasi teknis atau spesifikasi yang diminta oleh pemilik kapal (owner requirements) serta regulasi nasional & internasional.  Selain itu mahasiswa juga dapat mengusulkan konsep-konsep baru atau desain baru dalam menghadapi permasalahan batasan desain yang ada. Sehingga mahasiswa dapat mengembangkan solusi teknis untuk memenuhi tujuan desain.

Hidrodinamika

Pada bidang hidrodinamika, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman dan keterampilan untuk menganalisis fenomena aliran air disemua badan kapal yang terkena air seperti lambung, jalur kemudi, baling baling kapal, serta fenomena yang terjadi pada macam-macam gerakan kapal dan manuver kapal. Bidang ini membahas secara menyeluruh bagian kapal yang tercelup didalam air dalam kaitannya mendapatkan desain lambung yang terbaik sehingga mampu memiliki hambatan minim serta olah gerak dan stabilitas yang baik. Mahasiswa yang mengambil bidang ini dapat memanfaatkan fasilitas laboratorium hidrodinamika dan berbagai software analisis yang disediakan DTP.

Konstruksi dan Kekuatan Kapal

Mahasiswa akan mendapatkan keterampilan dan pengetahuan untuk menilai, menganalisis dan memastikan bahwa kapal yang didesain memiliki kekuatan atau ketahanan terhadap beban kapal itu sendiri (muatan & konstruksi) maupun gaya dari luar seperti ombak dan angin. Untuk memastikan hal tersebut maka mahasiswa akan dihadapkan pada kasus (proses) pemilihan material kontruksi kapal, analisa struktur kekuatan global dan lokal kapal, getaran komponen struktur beserta respon gerakan kapal saat kapal beroperasi. Pada umumnya, mahasiswa yang mengambil bidang ini akan banyak berkecimpung dengan pengujian material di laboratorium (DT & NDT) serta pengujian menggunakan software.

Teknologi dan Manajemen Produksi Kapal

Bidang minat ini meliputi masalah perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pembangunan dan reparasi badan kapal dan perencanaan galangan kapal.

[File diberikan dalam bentuk PDF viewer. Klik ‘next page’ untuk melihat halaman selanjutnya]