Mahasiswa Internasional

Program Sarjana Teknik Fisika merupakan program pendidikan Strata 1 (S1) dengan Akreditasi A bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA/SMU) atau yang sederajat (SMK). Pada Tahun Akademik 2017/2018, penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (S1) Teknik Fisika mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasarkan Peraturan Menteri tersebut ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (S1) Teknik Fisika dilakukan melalui tiga pola, yaitu:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan
  3. Seleksi Mandiri Program Kemitraan dan Mandiri (PKM)

Daya tampung mahasiswa baru Program Sarjana (S1) Teknik Fisika yang diterima melalui SNMPTN paling sedikit 30% (tiga puluh persen), melalui SBMPTN paling sedikit 40% (empat puluh persen), dan melalui seleksi mandiri paling banyak 30% (tiga puluh persen) sesuai dengan Permenristekdikti.

Mahasiswa pada Program S1 Reguler diwajibkan menyelesaikan perkuliahan minimal sebanyak 144 sks (satuan kredit semester) yang dijadwalkan dalam 8 semester (1 semester terdiri atas 16 minggu perkuliahan dan evaluasi). Lulusan Program Sarjana Teknik Fisika akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T). Adapun beban studi ini dibagi menjadi 2 tahap, yaitu :

  • Tahap Persiapan, dengan beban 36 sks yang dijadwalkan dalam 2 semester
  • Tahap Sarjana, dengan beban 108 sks yang dijadwalkan dalam 6 semester
Dalam menempuh pendidikan S1 Teknik Fisika, mahasiswa dapat memilih salah satu dari lima bidang minat yang ditawarkan. Bidang minat berkaitan erat dengan mata kuliah pilihan yang diambil dan topik tugas akhir yang diajukan oleh mahasiswa. Program S1 Teknik Fisika FTI-ITS memiliki 5 bidang minat (dikenal dengan Kelompok Bidang Minat, (KBM) sebagai berikut :
RMK Rekayasa Instrumentasi

Bidang minat Rekayasa Instrumentasi adalah bidang minat yang berhubungan dengan perancangan, manufakturing, dan pendayagunaan instrumen fisik atau sistem instrumentasi untuk kegiatan deteksi, observasi, pengukuran, kontrol automatik, komputasi dan simulasi, komunikasi atau sistem akusisi data pada eksperimen dan pengujian serta pengendalian data proses industri.

Pengembangan Bidang Minat Rekayasa Instrumentasi :

  • Mengembangkan rancang bangun instrumentasi pengukuran, pengendalian dan safety untuk aplikasi di industri dan medik.
  • Mengembangkan teknologi jaringan untuk sistem deteksi, observasi dan pengendalian.
  • Mengembangkan metode neural network, genetik algorithma, fuzzy logic, artificial intelligent untuk komputasi dan simulasi.
  • Mengembangkan rancang bangun instrumentasi kedokteran untuk aplikasi medis.
    Sarana untuk mengembangkan bidang minat ini disediakan Laboratorium Rekayasa Instrumentasi.

 

RMK Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan

Bidang minat Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan memiliki karakteristik dalam mengembangkan disiplin ilmu rekayasa termal dan energi serta aplikasinya terhadap lingkungan dengan spesifikasi penelitian dan penerapan IPTEK variabel besaran fisis termal seperti temperatur, tekanan, aliran fluida, dll. agar diperoleh kondisi lingkungan nyaman yang selanjutnya akan mampu meningkatkan kinerja sistem. Sedangkan pada bidang energi, penelitian dan pengembangan dititik beratkan pada rekayasa pengadaan atau pembangkitan (konversi) energi, konservasi energi, konversi energi, serta manajemen energi baik di Industri maupun dikalangan masyarakat. Misi yang diemban oleh lab ini adalah menciptakan riset dan pengembangan serta aplikasi teknologi energi dan rekayasa pengkondisian lingkungan termal dalam skala departemen, fakultas, institut, regional dan internasional. Sarana untuk mengembangkan bidang minat ini disediakan Laboratorium Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan.

 

RMK Rekayasa Bahan

Bidang Minat Rekayasa Bahan adalah bidang minat yang berhubungan dengan rancang bangun dan analisis kinerja bahan. Bidang minat ini sangat bergantung pada perkembangan pengetahuan dan terapan bahan disatu sisi dan terapan bahan sesuai sifat serta pemakaiannya di sisi lain.

Pengembangan Bidang Minat Rekayasa Bahan :

  • Rancang bangun dan perekayasaan sensor termasuk sensor berbasis bahan semikonduktor & keramik.
  • Rancang bangun dan perekayasaan bahan kemasan produk industri, termasuk kemasan divais mikroelektronika & sensor.
  • Analisis kinerja bahan, baik pada instrument industri maupun sistem operasi di industri manufaktur.
    Sarana untuk mengembangkan bidang minat ini disediakan Laboratorium Rekayasa Bahan.

 

RMK Vibrasi dan Akustik

Bidang Minat Vibrasi dan Akustik adalah bidang minat yang berhubungan dengan konsep dan karakteristik dari getaran, akustik, pencahayaan dan diaplikasikan untuk mendapatkan kondisi yang nyaman dengan memenuhi persyaratan teknis di dalam maupun diluar ruangan.

Sarana untuk mengembangkan bidang minat ini disediakan Laboratorium Vibrasi dan Akustik.

 

RMK Rekayasa Fotonika

Studi tentang hakekat fungsi dan peranan cahaya, optika, optoelektronika, dan fotonika dalam perkembangan ilmu dan teknologi merupakan kegiatan pokok dalam bidang minat ini. Studi tentang cahaya sudah dimulai sejak kurun waktu yang lama dan sampai saat ini telah banyak misteri yang terungkap sehingga banyak diterapkan dalam berbagai bidang teknologi, misalnya sistem komunikasi dengan media serat optik, yang memberikan karakteristik loss dan kapasitas transmisi yang jauh lebih baik dibanding dengan menggunakan kabel biasa.

Ilmu fotonika telah banyak menyumbang dalam bidang instrumentasi, sistem transmisi informasi, kedokteran, industri dan sebagainya. Perkembangan tersebut tentunya tidak lepas dari penemuan laser pada dekade 60-an yang merupakan awal revolusi dalam dunia optika.  Pengembangan teknologi laser baik pada aspek rancang bangun, karakteristik dan penerapannya juga merupakan bagian kegiatan dalam bidang minat rekayasa fotonika. Bidang minat ini mempunyai 2 student chapter yaitu OSA dan SPIE, organisasi fotonika Internasional yang mendukung pembelajaran dan pendanaan riset dibidang fotonika secara professional. Kegiatan dalam bidang minat dan student chapter didukung dan dilaksanakan oleh Laboratorium Rekayasa Fotonika.

Lulusan S1 Departemen Sistem Informasi ini akan memberikan ilmu mengenai empat peran , yaitu pengembang sistem informasi (IS Developer), konsultan dan integrator sistem, spesialis database, dan akademisi sistem informasi. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali keterampilan dalam merancang dan menganalisis kebutuhan sistem informasi untuk organisasi, merancang pengembangan proyek dalam konteks sistem informasi secara komprehensif menggabungkan aspek infrastruktur IT (teknologi informasi), seperti hardware, sofware, jaringan, data, hirarki organisasi, proses dan prosedur, sumber daya manusia dan budaya, dan kebijakan dan regulasi.

Pelajari kurikulum Program Studi S1 Departemen Sistem Informasi disini

Mahasiswa S1 dibekali keterampilan dalam merancang dan menganalisis kebutuhan sistem informasi untuk organisasi, merancang pengembangan proyek dalam konteks sistem informasi secara komprehensif menggabungkan aspek infrastruktur IT (teknologi informasi), seperti hardware, sofware, jaringan, data, hirarki organisasi, proses dan prosedur, sumber daya manusia dan budaya, dan kebijakan dan regulasi.

Pelajari mata kuliah Departemen sistem informasi disini

Based on the curriculum of Engineering Physics Departement FTI-ITS 2014-2019, the National Standard of Higher Education, and referring to the Regulation of Ministry of Research, Technology, and Higher Education num. 44 year 2015, every study program and/or Department in every stage of education has certain learning outcomes, which for Bachelor of Engineering Physics are listed as follows :

Working capability : analysis of technical problems based on Engineering Physics scope (instrumentation, energy and environmental conditioning, materials, vibration and acoustics, and photonics), and actively engaged in industrial problem-solving.

Theoretical knowledge :mastering and able to integrate the science of Engineering Physics (instrumentation, energy and environmental conditioning, materials, vibration and acoustics, and photonics) for the development of technology.

Managerial abilities : precise, rational, and professional decision-making related to engineering problems with concern for social, culture, and environment.