Visi dan Misi

Visi

Departemen Teknik Sistem Perkapalan (DTSP) menjadi pusat unggulan pendidikan dan riset di bidang Marine Engineering dengan reputasi internasional yang berwawasan lingkungan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Marine Engineering untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing pada tingkat nasional maupun internasional.
  2. Mengembangkan penelitian dan inovasi IPTEK di bidang Marine Engineering untuk menghasilkan produk unggulan.
  3. Mengembangkan DTSP sebagai sumber dan jejaring bagi perluasan kegiatan pendidikan dan penelitian di bidang Marine Engineering.
  4. Menumbuhkan dan menjaga moral akademik, etika dan agama untuk pembangunan peradaban manusia.
  5. Melaksanakan pengelolaan Departemen berdasarkan prinsip transparasi, akuntabilitas, bertanggung jawab, mandiri, dan berkeadilan.

Profil Profesional Mandiri

  1. Lulusan Teknik Sistem Perkapalan yang dapat mendesain dan menganalisa sistem di kapal dan struktur di laut sesuai dengan kode, standar dan peraturan dengan memperhatikan aspek ekonomi, keselamatan dan lingkungan.
  2. Lulusan Teknik Sistem Perkapalan yang dapat melakukan perencanaan, proses, dan evalusi dalam pemeliharaan dan perbaikan sistem pada kapal dan struktur laut menggunakan Sistem informasi dan Teknologi Informasi.
  3. Lulusan Teknik Sistem Perkapalan yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur, unggul dalam pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang sistem perkapalan dengan menguasai teknologi dan seni.
  4. Lulusan Teknik Sistem Perkapalan yang mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui sistem jejaring pada tingkat nasional maupun internasional yang dilandasi etika akademik, manfaat dan saling menguntungkan pada bidang pendidikan, riset dan pelayanan pada masyarakat.
  5. Lulusan Teknik Sistem Perkapalan yang menumbuhkan iklim enterpreneur yang kondusif dalam usaha membentuk masyarakat kelautan yang mandiri dan berkedaulatan.

Sasaran

Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan dari program studi sarjana Teknik Sistem Perkapalan, telah ditetapkan empat sasaran dan strategi-strategi pencapaiannya, yaitu:

  1. Peningkatan aspek internal departemen, yaitu peningkatan kualitas internal sivitas akademika DTSP secara berkelanjutan, sehingga mencapai reputasi internasional.
  2. Peningkatan kegiatan serta kontribusi ilmiah dan penelitian
  3. Perluasan kerja sama dan jejaring
  4. Terciptanya tata kelola Organisasi Departemen yang baik

Departemen Teknik Sistem Perkapalan telah menetapkan strategi pencapaian sasaran strategis di atas untuk rentang waktu lima tahun kedepan. Untuk lebih memfokuskan strategi pencapaian sasaran, beberapa sub tema sasaran strategis telah dikembangkan untuk merespon perubahan – perubahan yang terjadi dan berdasarkan kondisi terkini yang relevan. Berikut adalah uraian strategi dari masing – masing sasaran berikut sub tema yang diusung.