Program Studi

Mencetak Marine Engineer Bereputasi Internasional

Departemen Teknik Sistem Perkapalan (DTSP) bertujuan mencetak profesional dan akademisi muda yang mempunyai kemampuan dalam perancangan instalasi, manajerial, serta perawatan kapal dan anjungan lepas pantai. Tak hanya disuguhkan pada teori, mahasiswa juga dibiasakan untuk menyelesaikan problematika nyata dalam industri maupun masyarakat. Teknik Sistem Perkapalan ITS berkonsentrasi pada perencanaan dan pembangunan berbagai sistem yang ada di kapal maupun anjungan lepas pantai. Sistem-sistem tersebut meliputi sistem permesinan, propulsi, perpipaan, kelistrikan, pengendalian dan automatisasi.

Sejak tahun 1987 Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS memperoleh akreditasi internasional dari IMarEST (Institute of Marine Engineering Science and Technology) yang merupakan asosiasi profesi berpusat di London, Inggris. Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS juga telah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi serta akreditasi dari ZEvA Accreditation Board-Europe. Di Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS, mahasiswa akan belajar secara intensif di bawah bimbingan 30 pengajar tetap dengan komposisi pengajar yang berpendidikan S-3 sebanyak 11 orang, yang berpendidikan strata S-2 sebanyak 17 orang. Selain itu, Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS memiliki 2 profesor dan 7 visiting professor dari Hochschule Wismar, Jerman di program double degree.

Untuk mendukung iklim riset tersebut, Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS didukung oleh 6 laboratorium yang menjadi pusat aktivitas riset mahasiswa dan dosen. Di luar kelas, mahasiswa juga akan belajar dan bergaul dalam lingkungan dengan semangat untuk berkarya. Tak kurang inovasi dan prestasi yang diukir atas insiatif mahasiswa. Misalnya marine solar boat, inovasi kapal tenaga surya sejak 2012 lalu yang telah melalangbuana di kompetisi baik nasional maupun internasional. Sejak tahun 2011, DTSP juga telah bekerjasama dengan Hochschule Wismar, Jerman untuk menyelenggarakan program double degree in Marine Engineering.

Hal tersebut mengakibatkan alumni departemen ini telah diakui baik secara nasional maupun internasional dalam bidang kemaritiman. Saat ini, alumni Teknik Sistem Perkapalan ITS tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri dengan pekerjaan di bidang Shipyard/Offshores, Industri Kemaritiman, Shipping Company, Oil and Gas, Classification Society, Pegawai Negeri, Instansi Pemerintah dan bidang lainnya yang sejenis.

Berita

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Send Text
­čĺČ You Have Question?
SISKAL Whatsapp
Halo, ada yang bisa kami bantu?

Hello can we Help You?