News

Penggunaan B20 Sektor Maritim Didukung ITS

Jum, 26 Okt 2018
1:52 pm
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Sistem Perkapalan   |

JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyambut positif kebijakan penggunaan bahan bakar biosolar B20 pada industri maritim yang telah disahkan pemerintah. Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan ITS, M Badrus Zaman mengungkapkan bahwa pihaknya telah penelitian untuk memanfaatkan minyak nabati sebagai bahan bakar biosolar sejak 2000.

Beberapa minyak nabati yang berpotensi dikembangkan sebagai bahan bakar biosolar, seperti crude palm oil (CPO/minyak sawit), minyak goreng, minyak kemiri, minyak jarak dan beberapa minyak nabati lain. Pengujian pada skala laboratorium telah dilakukan pada mesin land use 1.500-2.500 rpm, menggunakan berbagai variasi biosolar mulai B10, B20, B50, hingga B100 atau alias biosolar murni, serta variasi beban. Hasilnya, biosolar dapat digunakan secara baik pada kondisi-kondisi variasi tersebut.

“Bahkan sudah ada pengujian pada kendaraan bermotor bermesin diesel,” kata Badrus dalam Focus Group Discussion bertajuk “Kesiapan Penggunaan Bahan Bakar B20 pada Industri Maritim” di Hotel Royal, Kuningan, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Dibanding solar, biosolar memang punya sejumlah keunggulan. Sebagai bahan bakar nonfosil, biosolar bisa diperbarui (renewable). B20 memiliki kandungan oksigen dan setana yang lebih tinggi ketimbang solar. Hal ini membuat proses pembakaran lebih sempurna sehingga lebih ramah lingkungan.

“Dari kajian kami terhadap proses pembakaran dan emisi yang diukur, biosolar memiliki sifat yang hampir sama dengan solar murni, tetapi emisi baik SOx, partikulat meter, HC, CO yang ditimbulkan lebih rendah,” kata Badrus.

Meskipun begitu, untuk menuju penggunaan massal B20 pada industri maritime, diperlukan kesiapan dan antisipasi. Menurut hasil penelitian ITS, pembakaran biosolar menghasilkan NOx (salah satu hasil emisi) yang sedikit lebih tinggi dari solar. Titik panasnya yang rendah juga menyebabkan konsumsi B20 lebih besar dibandingkan solar untuk memperoleh daya atau tenaga yang sama.

“Jadi memang perlu ada pemantapan yang lebih mendalam, terutama berkenaan dengan dampak yang ditimbulkan, juga sisi keekonomian dari penggunaan B20 ini,” katanya.

Dalam FGD tersebut juga terungkap bahwa karet dan filter pada mesin menjadi komponen paling membutuhkan perhatian dalam penggunaan B20. Konversi dari solar ke biosolar dapat menyebabkan terlepasnya endapan pada sistem bahan bakar sehingga menyumbat filter bahan bakar.

Karena itu, pada fase awal konversi, pergantian filter bahan bakar harus dilakukan lebih sering sampai sistem bahan bakar bener-benar bersih. “Setelah itu, jangka waktu penggantian filter bahan bakar bisa kembali normal,” tutur Heru Hermawan, dari PT Caterpillar Indonesia.

(akr)

Latest News

  • Program Bantuan Riset Talenta Riset dan Inovasi (BARISTA)

    P/s: Diperuntukkan bagi mahasiswa yang berminat untuk mengambil Tugas Akhir di bidang Marine Hydrodynamics, bekerja sama dengan Balai Teknologi

    20 Apr 2022
  • Info Outbond Maret 2022

    1. Chonnam National University Exchange Fall Semester 2022 with AIMS Scholarship Fall semester 2022 (1 Sept – 19 Dec

    30 Mar 2022
  • Pendaftaran IISMA 2022

    Bagi mahasiswa yang berminat mengikuti Program IISMA, wajib mendaftarkan diri melalui Direktorat Kemitraan Global (DKG) dan mengikuti segala kebijakan

    14 Mar 2022
Send Text
💬 You Have Question?
SISKAL Whatsapp
Halo, ada yang bisa kami bantu?

Hello can we Help You?