News

Kenalkan Bidang Pelabuhan, HIMASEATRANS Adakan Visit Company

Kam, 26 Sep 2019
8:34 am
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Transportasi Laut   |

Guna meningkatkan pemahaman mahasiswa baru akan ranah keprofesian dari Departemen Teknik Transportasi Laut, Himpunan Mahasiswa Teknik Transportasi Laut (HIMASEATRANS) mencanangkan sebuah program yang dapat merealisasikan tujuan tersebut. Seatrans Visit Company yang merupakan salah satu program kerja HIMASEATRANS yang dipegang langsung oleh Departemen Hubungan Luar.

Seatrans Visit Company merupakan suatu acara kunjungan lapangan dengan tujuan perusahaan bidang maritim yang sesuai dengan ranah keprofesian di Departemen Teknik Transportasi Laut ITS. Dilaksanakan pada Maret lalu, acara ini berjalan sangat lancar. Bertempat di PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI), kali ini mahasiswa baru dikenalkan terhadap bidang pelabuhan.

“Belajar di ruangan saja tidak cukup, dengan adanya acara ini mahasiswa baru akan memiliki pandangan secara langsung tentang dunia kerja Seatrans,” tutur Kenneth Joshua, Staf Departemen Hubungan Luar HIMASEATRANS. Meskipun tidak sedetail saat  kerja praktek dan hanya membahas kulitnya saja, paling tidak dapat menjadi bekal.

Diawali dengan penyambutan secara formal oleh PT BJTI, peserta visit company diberikan penjelasan mengenai pengelolaan pelabuhan di Indonesia yang dikemas dalam bentuk presentasi. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, para peserta menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi, mengingat ini merupakan kali pertamanya mengikuti kegiatan kunjungan setelah dikukuhkan sebagai mahasiswa ITS.

Peserta visit company juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu terminal di Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Berlian. Menemui jembatan penimbangan sebagai gerbang masuk terminal, peserta mendapat kesempatan berkunjung ke ruang operasional. Tak hanya sampai disitu, peserta juga dibawa mengelilingi terminal dan melihat proses bongkar muat dari kapal menuju kendaraan darat dan sebaliknya. Mahasiswa baru angkatan 2018 dapat melihat lalu lalang alat berat dan peti kemas di lingkungan terminal.

Penulis: Bima Aditya Nugraha
Editor: Yusri Rahmatul I.

Latest News

  • SEATRANS SUPER SAILING REBORN 2022 GOES TO LABUAN BAJO

    Bertajuk Seatrans Super Sailing (Triple S) Reborn, kegiatan tahunan Departemen Teknik Transportasi Laut ini kembali hadir setelah 2 (dua)

    23 Sep 2022
  • Perdana! Kuliah Tamu Luring setelah Pandemi Bersama Praktisi Korea

    Kampus ITS, Seatrans News –  Setelah melewati masa pandemi dengan seluruh kegiatan diadakan daring. Saat ini kegiatan perkuliahan dapat

    08 Jun 2022
  • Peringati Hari Jadi Ke-10, Departemen Teknik Transportasi Laut Luncurkan Buku SEATRANS X

    Kampus ITS, Seatrans News – Sebagai salah satu wujud syukur sekaligus perayaan hari jadi ke-10 Departemen Teknik Transportasi Laut

    11 Jan 2022