News

Maria Mahasiswa Departemen Statistika Bisnis, Kerap Menjuarai Perlombaan Kini Menjadi Wisudawan Terbaik Fakultas Vokasi 2023

Rab, 27 Sep 2023
11:03 am
Berita
Share :
Oleh : sbadmin   |


Maria Ulfa Yanuar, S.Tr, Stat (kiri) Wisudawan terbaik Fakultas Vokasi ITS

Departemen Statistika Bisnis. DSB Berita – Prestasi cemerlang yang membanggakan kembali di ukir oleh salah satu wisudawan Departemen Statistika Bisnis. Maria Ulfa Yanuar, S.Tr, Stat, berhasil meraih prestasi sebagai Wisudawan Terbaik Fakultas Vokasi ITS pada Wisuda ke-128 yang dilaksanakan pada hari sabtu 23 September 2023 lalu di Graha 10 Nopember ITS. Maria menyusun Tugas Akhirnya pada bidang asuransi bencana alam dengan judul “Analisis Risiko Kerugian Akibat Bencana Alam Menggunakan Value at Risk dengan Pendekatan Extreme Value Theory”.


Maria Ulfa Yanuar (dua dari kanan) menjadi Finalis Mawapres Sarjana Terapan ITS 2022

Saat aktif sebagai mahasiswa Departemen Statistika Bisnis, Maria juga kerap menjuarai beberapa ajang perlombaan antara lain Juara Favorit pada Lomba Infografis Pekan Raya Ekonomi 2021, Juara 2 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Pekan Raya Ekonomi 2021, Juara 1 pada Lomba Esai EXPOS 2022, Juara 2 pada Olimpiade Statistika Nasional SMATIC 2022, Finalis Mawapres Sarjana Terapan ITS 2022, dan beberapa kejuaraan lain.

Kendati demikian, perjuangan Maria sebetulnya tidaklah mudah untuk menjejakkan kaki di Kampus Pahlawan ini. Maria mengungkapkan bahwa ia sempat enam kali ditolak berbagai perguruan tinggi negeri sebelum akhirnya di terima sebagai mahasiwa Departemen Statistika Bisnis. “Aku sempat berdoa semoga kegagalanku dibalas dengan kesuksesan dan ternyata dikabulkan.” imbuhnya.

Perjalannya sebagai mahasiswa di Departemen Statistika Bisnis tidak cukup hanya dengan mengikuti berbagai perlombaan baik di bidang akademik maupun non-akademik saja. Maria juga mengembangkan kemampuannya di bidang analisis data dan manajemen risiko melalui magang virtual big data analitik di PT Kimia Farma. Tidak hanya itu, Maria juga magang di PT Terminal Petikemas Surabaya sebagai Commercial and Business Development Officer. Selama magang, Maria mempelajari proses bisnis sebuah perusahaan operator terminal petikemas. Magangnya di PT Pelindo Terminal Petikemas, perusahaan terminal peti kemas terbesar di Indonesia merupakan bukti semangatnya untuk terus berkembang. Maria mengaku pengalamannya selama empat bulan di PT Terminal Petikemas Surabaya banyak memberinya pengalaman dan keterampilan dalam dunia kerja. Lulus dari ITS dengan predikat sangat memuaskan dan mendapatkan segudang pengalaman membuka harapan Maria untuk berkarir di bidang data analitik, khususnya di industri logistik. Maria optimis untuk mengejar karir yang sesuai dengan potensi dan minatnya.

Latest News

  • DataZen Vol. 3

      Post Views: 77

    15 Jan 2024
  • DataSphere Vol. 4

      Post Views: 88

    15 Jan 2024
  • DataSphere Vol. 3

      Post Views: 84

    15 Jan 2024