News

Tim Pendukung Data dan Informasi dan Pemetaan Tata Ruang (Periode registrasi: 06 Jun – 17 Jul 2022)

Kam, 07 Jul 2022
8:42 am
Kegiatan MBKM Terbaru
Share :
Oleh : Admin-Perancanaan Wilayah Kota   |

Rincian Kegiatan

INSPIRING (Internship in Spatial Planning for Regional and National Growth) Batch II

Dalam lingkup Direktorat Jenderal Tata Ruang (DJTR), RPJMN 2020-2024 dijabarkan ke dalam Rencana Strategis (Renstra) DJTR tahun 2020-2024. Renstra DJTR tahun 2020-2024 mengacu pada Tujuan Strategis Kementerian ATR/BPN ketiga yaitu Penataan Ruang berbasis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

Target program prioritas penyediaan RDTR ditetapkan sebanyak 2.000 RDTR Kabupaten/Kota selama tahun 2020-2024, dengan didukung juga oleh target seperti RTR Nasional, RTRW Provinsi/Kabupaten/Kota, NSPK dan Sinkronisasi Program Pembangunan. Namun demikian, tingkat pemenuhannya masih jauh panggang dari api. Salah satu isu strategis yang menghambat produktivitas, kualitas, dan efektifitas produk rencana tata ruang adalah rendahnya kualitas dan kuantitas SDM di bidang tata ruang.

Menghadapi tantangan pembangunan Indonesia dalam kurun lima tahun mendatang dan upaya mendukung pencapaian visi Indonesia 2045, DJTR memandang perlu melakukan percepatan penyediaan produk RDTR sebagai upaya meningkatkan daya saing wilayah. DJTR, oleh karena itu, merancang program percepatan penyusunan RDTR berbasis magang kepada mahasiswa melalui kolaborasi dengan PPSDM Kementerian ATR/BPN, Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI), Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Ilmu Geografi dan Pendidikan Geografi (FORPIMGEO), dan kalangan akademia dengan melanjutkan program Magang Bersertifikat sejak tahun 2021 dan program INSPIRING Batch I tahun 2022.

Aktivitas INSPIRING merupakan sebuah aktivitas di dalam magang bersertifikat yang didesain untuk menyelesaikan backlog produk RDTR. Penyusunan RDTR dilakukan dengan mengacu kepada yang ketentuan yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021. Saat melakukan kegiatan magang, peserta magang akan didampingi oleh mentor yang selanjutnya akan menjadi ketua atau anggota tim penyusunan RDTR. Peserta magang akan menjadi bagian dalam tim penyusunan RDTR. Program magang direncanakan selesai dalam waktu 5 (lima) bulan, aktivitas ini akan dijalankan sejak Juli hingga Desember 2022.

Kompetensi yang Dikembangkan

  • Teamwork
  • Self Development
  • Pembangunan Wilayah
  • Database Management
  • Web Development
  • Geographic Information System (GIS)
  • Problem Solving, Decision Making dan Conflict Management
  • Etika Profesi
  • Simulasi dan Pemodelan Spasial
  • Computer Network
  • Network Administration and Management
  • Critical Thinking
  • Programming

Kriteria Peserta

1. Peserta WAJIB melakukan pendaftaran melalui platform Kampus Merdeka dan link berikut: https://bit.ly/DaftarTimDatin-INSPIRING2

2. Mahasiswa perguruan tinggi aktif yang menempuh semester 5, atau 7, belum yudisium, serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu Program Magang di Mitra berlangsung;

3. Berasal dari program studi Sistem Informasi dan Teknologi Informatika, Geografi, atau program studi yang relevan;

4. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bekerja dalam kelompok;

5. Memiliki inisiatif yang tinggi;

6. Diutamakan memiliki kemampuan coding, programming, dan computer network untuk mahasiswa IT;

7. Bersedia ditempatkan di Direktorat Jenderal Tata Ruang, serta lokasi yang telah ditetapkan; dan

8. Sanggup menjalani program magang secara penuh-waktu (fulltime) dan tidak dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan lain (kuliah, kuliah kerja nyata, skripsi/Tugas Akhir, bekerja, program Kampus Merdeka, atau program magang lainnya).

Informasi Tambahan

Mahasiswa akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Tata Ruang, Dinas OPD Pengampu Urusan Tata Ruang Kabupaten/Kota, atau lokasi-lokasi yang telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan untuk mendukung target Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Jenderal Tata Ruang, yaitu tersusunnya 2.000 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di tahun 2024.

Informasi selengkapnya :

Kunjungi Website

Latest News

  • Digital Transformation in The Government and Public Sector (Periode registrasi: 06 Jun – 17 Jul 2022)

    Digital Transformation in The Government and Public Sector Social Economic Accelerator Lab (SEAL) di Kab. Malang 20 SKS Rincian

    15 Jul 2022
  • Tata Kelola Kota/Kawasan ( Periode registrasi: 06 Jun – 17 Jul 2022)

    Rincian Kegiatan Town Management Mengajak seluruh mahasiswa Indonesia untuk bergabung dalam program magang di divisi Town Management di PT.

    14 Jul 2022
  • Building and Area Development Officer (Periode registrasi: 06 Jun – 17 Jul 2022)

    Strategic Taskforce Pengembangan Role Model Technopark Nasional Solo Technopark (STP) memainkan peran sebagai role model nasional pengembangan talenta, inovasi

    13 Jul 2022