News

Galang Donasi, Tim Mahasiswa Manajemen Bisnis ITS Produksi MASCOVITS

Rab, 01 Jul 2020
11:31 am
Berita
Share :
Oleh : Admin-Manajemen Bisnis   |

Galang Donasi, Tim Mahasiswa Manajemen Bisnis ITS Produksi MASCOVITS

 

Sejak kemunculan virus corona, masker menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki semua orang dari semua lintas usia. Menanggapi hal tersebut tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di bawah koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 ITS memproduksi masker scuba (Protective Scuba Face Mask) guna membantu mencegah dan menghindari penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Naufal Hilmy Fauzan, mahasiswa Departemen Manajemen Bisnis yang menjadi salah satu penggerak pada program ini mengungkapkan, masker yang diproduksi ini tidak secara langsung dijual, namun lebih membantu para donatur yang ingin berdonasi lewat barang. “Dalam hal ini kami membuat masker, karena saat ini banyak dibutuhkan orang-orang sekitar yang mengharuskan beraktivitas di luar rumah,” jelasnya.

Naufal Hilmy Fauzan (kiri) dan Arya Anoraga (kanan) menunjukkan produk MASCOVITS

Langkah ini dimulai Naufal bersama lima mahasiswa ITS lainnya, di antaranya dari Departemen Manajemen Bisnis (Arya Anoraga, Dea Adivanesa Aura, Baskoro Tirta Nugraha, dan Nana Suliyana), dan satu mahasiswa Departemen Teknik Komputer (Ahmad Syiham Akbar). Masker yang bernama MASCOVITS ini hadir dengan menggandeng Cahaya Kumala sebagai salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Surabaya. “Program ini berasal dari gagasan salah satu organisasi bisnis It’s B yang terbentuk karena adanya mata kuliah Sociopreneur dari Manajemen Bisnis sendiri,” tambah Naufal.

Proses penjahitan Masker Scuba MASCOVITS

Mahasiswa angkatan 2017 ini menyebutkan bahwa saat ini sudah ada 7700 masker yang berada pada tahap produksi. Selain banyaknya bantuan dana dari donatur, ITS juga ikut menyumbangkan dana dalam program ini. “Apabila ada donatur yang ingin memesan masker, bisa menghubungi kontak terkait dan melakukan donasi sesuai harga produksi dan ongkos kirim,” tutur salah satu Business Project Manager di Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis ini.

Poster ajakan berdonasi masker MASCOVITS

Wakil Rektor bidang Inovasi, Kerjasama, Kealumnian, dan Hubungan Internasional mengungkapkan bahwa ITS turut menyumbang biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi masker, namun hanya membantu dalam operasionalnya saja, “Selebihnya dan sebagian besar dana sangat bergantung dengan banyaknya donasi yang dari para donatur,” imbuh dosen Teknik Mesin ini.

Di akhir, Naufal berharap dengan adanya donasi masker ini, semakin banyak pula orang yang mendapatkan manfaat, “Khususnya diharapkan terjadi peningkatan kesadaran akan pentingnya pemakaian masker khususnya pada saat (pandemi) seperti ini,” tutupnya.

Latest News

  • Hadirkan Profesor Inggris, MB ITS Didik Maba Berpikir Global

    Sebagai upaya untuk mengasah intelektual mahasiswa baru (maba), khususnya dalam pengetahuan global. Kali ini, melalui Orientasi Keprofesian dan Kompetensi

    19 Agu 2022
  • Tingkatkan Literasi Digital dalam Bisnis, Sebanyak 150 Usaha Mikro diberikan Pelatihan Digital Payments di Kab. Situbondo, Jawa Timur

    Pesatnya perkembangan teknologi digital, salah satunya dalam bidang digital payments membuat peningkatan literasi digital oleh para pengusaha adalah prioritas

    12 Des 2021
  • Galang Donasi, Tim Mahasiswa Manajemen Bisnis ITS Produksi MASCOVITS

    Galang Donasi, Tim Mahasiswa Manajemen Bisnis ITS Produksi MASCOVITS   Sejak kemunculan virus corona, masker menjadi salah satu barang yang

    01 Jul 2020