Sambutan Kepala Departemen

Dr. oec. HSG. Syarifa Hanoum, S.T., M.T.

ibu_syarifa_hanoum

Selamat datang di Departemen Manajemen Bisnis (MB@ITS) !!

Lingkungan dinamis yang kompetitif dan meningkatnya globalisasi, ditandai dengan perubahan teknologi yang cepat dalam industri 4.0, menuntut kita meninggalkan pendekatan konvensional dalam berbisnis. Untuk mengahadapi kondisi dinamis ini, perusahaan dituntut mengembangkan strategi inovasi seperti: Inovasi produk dan proses yang berkelanjutan, transfer teknologi yang cepat, dan pengembangan sumber daya manusia 4.0 yang cerdas.

Sebagai perguruan tinggi berbasis teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki visi untuk berkontribusi pada perekonomian bangsa melalui pengembangan bisnis berbasis teknologi, melalui Departemen Manajemen Bisnis (MB@ITS), dimana dalam struktur di ITS berada dibawah Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital.

MB@ITS bertujuan untuk mempersiapkan lulusan untuk mengejar karir di dunia bisnis sebagai pengusaha/pebisnis baru, atau sebagai profesional bisnis yang berjiwa kewirausahaan dan inovatif. Program Sarjana Manajemen Bisnis dirancang untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan yang penting dalam mengelola bisnis di era persaingan berbasis teknologi saat ini. Kami menawarkan dua program: Reguler (dengan menggunakan bilingual Indonesia dan Inggris) dan International Undergraduate Program (IUP) yang menggunakan bahasa Inggris penuh sebagai bahasa yang digunakan dalam proses belajar-mengajar.

Dalam proses pembelajaran, kami menggunakan pendekatan Problem Based Learning & Lab-Based Education untuk memberikan pengalaman belajar yang lengkap bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia bisnis riil sehingga mereka memiliki kemampuan membuat keputusan-keputusan bisnis penting. Problem Based Learning & Lab-Based Education diwujudkan melalui kombinasi metode perkuliahan konvensional berbasis kelas, tutorial, praktik lapangan, magang, pembelajaran berbasis proyek, dan studi kasus untuk membekali mahasiswa dengan teori, konsep, teknik, untuk memecahkan masalah nyata. Selain itu, mahasiswa dilengkapi dengan keterampilan komunikasi bisnis dan kepemimpinan untuk mempersiapkan mereka menjadi yang teratas dalam bisnis dan di masyarakat.

Pada tahun 2020, MB@ITS meluncurkan International Undergraduate Program (IUP)  dimana mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar bisnis dan manajemen sembari mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris serta pengalaman belajar dan tinggal di luar negeri, melalui program Joint-Degree dengan beberapa mitra universitas kami. Saat ini, kami menawarkan dua program Joint-Degree dengan The University of Queensland Australia dan Rennes School of Business France.

Disamping dua universitas luar negeri mitra Joint-Degree diatas, kami memiliki daftar mitra universitas yang cukup panjang di mana para siswa dapat mengikuti program perkuliahan 1 semester (exchange programme), maupun mengambil kursus singkat diluar negeri.

Pada tahun yang sama, MB@ITS juga meluncurkan program khusus lain yang disebut “MB KAMPUS MERDEKA”, berlaku untuk semua mahasiswa program S1 reguler dan IUP. Program ini merupakan cara pembelajaran non-konvensional, di mana siswa didorong untuk tidak hanya belajar di ruang kelas, namun juga diluar kampus MB@ITS melalui program-program seperti: Magang, mentoring/inkubasi bisnis, kuliah 1 semester di luar negeri, magang internasional, dan sebagainya, dan kemudian kembali ke MB@ITS untuk mengklaim transfer kredit mereka.

Kami menyambut baik para calon mahasiswa, dosen, peneliti, mitra industri, dan pemerintah Indonesia maupun Luar Negeri untuk bermitra dengan departemen kami untuk mengembangkan segala upaya dalam pengembangan kurikulum berkualitas tinggi dalam pendidikan, pelatihan, dan penelitian terkait bisnis dan manajemen.

 

 

Hormat saya,

Dr. oec. HSG Syarifa Hanoum, S.T., M.T.

Email: syarifa@mb.its.ac.id