Program Studi S1

Pelajari kurikulum MB ITS

Butuh Bantuan?

Silkahkan hubungi kami disini.

Tumbuh bersama kami untuk mencapai karir yang Anda inginkan, karier dalam manajemen, dan kewirausahaan. Program studi kami menawarkan 4 (empat) topik pendalaman fokus yaitu; Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Kami mendukung semangat kewirausahaan mahasiswa dengan menawarkan mata pelajaran terkait, serta mendukung topik skripsi kewirausahaan. Unduh silabus kami disini.

Kurikulum

Program studi Manajemen Bisnis memiliki beban studi sarjana 144 SKS, dengan dua tahap, yaitu Tahap Persiapan (Semester 1 dan 2), dan Tahap Sarjana (Semester 3 hingga 8). Dalam semester 1 hingga semester 5, mata kuliah yang ada adalah wajib untuk semua mahasiswa, di semester 6 dan 7 kami menawarkan mata kuliah pilihan sesuai dengan topik konsentrasi yang diinginkan. Pada akhir masa perkuliahan mahasiswa wajib untuk menyelesaikan skripsi sebagai persyaratan kelulusan.

 

Curriculum Pyramid

Mata kuliah yang tersedia tiap semester sebagai berikut:

Semester 1
  • Pengantar Akuntansi
  • Pengantar Manajemen Bisnis (Pengayaan)
  • Ekonomi Mikro
  • Matematika 1
  • Kewarganegaraan
  • Bahasa Inggris
  • Pelajaran Agama Buddha / Hindu / Islam / Konghucu / Kristen / Katolik
Semester 2
  • Akuntansi Finansial
  • Analisis Data
  • Bahasa Indonesia
  • Berpikir Desain Inovatif
  • Ekonomi Makro
  • Pancasila
  • Model Kuantitatif untuk Bisnis
Semester 3
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Operasional
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Penciptaan Usaha Baru
  • Statistika Bisnis

 

Semester 4
  • Desain dan Perilaku Organisasi
  • Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
  • Kewirausahaan Sosial
  • Komunikasi Bisnis
  • Manajemen Investasi dan Portofolio
  • Perilaku Konsumen
Semester 5
  • Akuntansi Manajerial
  • Aspek Hukum dalam Bisnis
  • Bisnis Internasional
  • Manajemen Risiko dan Tata Kelola
  • Metode Penelitian untuk Bisnis
  • Sistem Informasi Bisnis

 

Semester 6
  • Analisis dan Pemodelan E-Business
  • Manajemen Proyek
  • Valuasi Bisnis
  • Perpajakan
  • Teknopreneur
  • Kerja Praktik

Konsentrasi Manajemen Keuangan

  • Seminar Manajemen Keuangan
  • Manajemen Bank
  • Manajemen Keuangan Internasional

Konsentrasi Manajemen Operasional

  • Seminar Manajemen Operasional
  • Simulasi Bisnis
  • Manajemen Logistik dan Rantai Pasok

Konsentrasi Manajemen Pemasaran

  • Seminar Manajemen Pemasaran
  • Riset Pemasaran
  • Manajemen Merek

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Penilaian Kinerja dan Kompensasi
  • Perencanaan Sumber Daya Manusia Strategis
Semester 7
  • Manajemen Inovasi dan Pengembangan Produk Baru
  • Manajemen Strategi
  • Proyek Konsultasi Bisnis
  • Wawasan dan Aplikasi Teknologi

Konsentrasi Manajemen Keuangan

  • Keuangan Syariah
  • Manajemen Keuangan Pribadi
  • Pembiayaan Proyek

Konsentrasi Manajemen Operasional

  • Manajemen Proses Bisnis
  • Pengambilan Keputusan Multi Kriteria

Konsentrasi Manajemen Pemasaran

  • Kepemimpinan Wirausaha
  • Komunikasi Pemasaran Terpadu
  • Pemasaran Jasa
  • Pemasaran Strategis

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Desain Pekerjaan dan Analisis Beban Kerja
  • Pelatihan dan Pengembangan

 

Semester 8
  • Manajemen Kinerja
  • Pemasaran untuk Produk Canggih
  • Skripsi

Mata Kuliah Kewirausahaan

Penciptaan Usaha Baru

Departemen Manajemen Bisnis mendorong mahasiswa untuk menciptakan usaha baru dengan menggabungkan teori-teori buku pelajaran dan pengalaman wirausaha di mata kuliah Penciptaan Usaha Baru. Mahasiswa akan belajar model bisnis dasar dan prinsip pembentukan tim yang penting untuk menciptakan peluang wirausaha dan mengambil tindakan terhadapnya. Tujuan kursus adalah untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menguji kelayakan peluang bisnis baru dan melakukan studi kelayakan, baik untuk ide mereka sendiri atau untuk orang lain.

Mata kuliah ini adalah kesempatan bagi siswa untuk belajar bagaimana memulai perusahaan Anda sendiri, merancang model bisnis yang berkelanjutan, dan yang penting – berinteraksi dengan banyak pelaku bisnis yang menarik (praktisi lokal dan internasional) melalui diskusi akademik profesional. Ini adalah pengalaman kehidupan nyata dalam kewirausahaan.

 

Kewirausahaan Sosial

Setelah menyelesaikan mata kuliah Penciptaan Usaha Baru, mahasiswa akan belajar lebih banyak mengenai Kewirausahaan Sosial. Usaha sosial bertujuan untuk mencapai “double bottom line” dengan pengembalian sosial yang bermakna, serta pengembalian keuangan yang berkelanjutan atau kompetitif – melalui produk, layanan, dan praktik bisnis lainnya. Tujuan mata kuliah adalah untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menguji kelayakan peluang sosial baru dan melakukan studi kelayakan, baik untuk ide mereka sendiri atau untuk orang lain.

Mata kuliah ini relevan untuk setiap pemimpin bisnis atau pengusaha yang ingin merancang, memimpin atau mendanai perusahaan nirlaba yang digerakkan oleh misi, atau mungkin ingin menyumbangkan waktu dan energi untuk membantu membangun sektor sosial melalui filantropi strategis, investasi sosial, aliansi perusahaan dengan organisasi sektor sosial, atau perwakilan dewan dalam usaha sosial.