News

Bertambah Satu Profesor Departemen Kimia ITS

Jum, 13 Jan 2023
2:39 pm
Berita
Share :
Oleh : Admin-Kimia   |

source: ITS News

 

HIMKA ITS – Dikutip dari laman ITS News, jumlah profesor atau guru besar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kini telah mencapai 151 orang, yang ditandai dengan dikukuhkannya tiga profesor baru lagi dari berbagai bidang keilmuan, salah satunya dari Departemen Kimia ITS yaitu Prof Nurul Widiastuti S.Si, M.Si, PhD. Acara pengukuhan dilaksanakan secara luring di Auditorium Gedung Pusat Riset ITS dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube resmi ITS pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 lalu.

 

 

Prof Nurul merupakan profesor ITS ke-151 dengan orasi yang disampaikan bertajuk “Peran Kimia dalam Pengembangan Material Membran dan Adsorben di Bidang Energi dan Lingkungan”. Prof Nurul juga dipercaya menjabat sebagai Wakil Rektor I ITK ini mengembangkan material bernama karbon bertemplat zeolit atau KTZ dan komposit zeolit karbon (KZK) sebagai material perantara. KTZ dapat digunakan sebagai adsorben gas CO2 dan H2 yang kemudian dapat dimanfaatkan lebih lanjut untuk berbagai kebutuhan industri. Selain sebagai adsorben, KTZ juga berguna sebagai pengisi material membran untuk memisahkan gas berdasarkan perbedaan diameter gas. Melalui disertasinya, Prof Nurul berharap hal tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas gas metana dalam biogas.

Prof Nurul sedang memaparkan orasi ilmiahnya

Penelitian yang Prof Nurul sendiri lakukan berfokus pada bidang permukaan dan antarmuka, adsorpsi, dan membran dengan jumlah artikel yang di-publish di google scholar sebanyak 122 judul. Judul artikel beliau yang paling banyak disitasi yaitu “Pembersihan Amonium dari greywater Menggunakan Zeolit ​​Alami” yang telah disitasi sebanyak 321 artikel lainnya.

 

Dengan pencapaian luar biasa Prof Nurul hingga beliau dapat bergelar profesor, diharapkan  teman-teman mahasiswa Departemen Kimia ITS dapat mengikuti jejak beliau. Mahasiswa yang berminat pada bidang penelitian Prof Nurul dapat bergabung ke laboratorium Kimia Material dan Energi.

 

Disusun oleh: Lailyta Shafira

Latest News

  • WISUDA KE – 126 ITS KEMBALI MEMBERIKAN SUKACITA KEPADA WARGA DEPARTEMEN KIMIA

    HIMKA ITS – Wisuda merupakan acara yang ditunggu-tunggu para mahasiswa dan orang tua mahasiswa. Wisuda merupakan puncak acara yang

    13 Jan 2023
  • ESKALASI KARYA HADIR DENGAN SUASANA BARU

    HIMKA ITS – Pada hari Sabtu tanggal 3 September 2022 Himpunan Mahasiswa Kimia ITS (HIMKA ITS) secara resmi melalui

    13 Jan 2023
  • PENTINGNYA MEMATUHI STANDAR ISO DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

    HIMKA ITS – Ketika memproduksi segala jenis produk, kualitas keseluruhan dan kepuasan pelanggan sangat penting. Jaminan kualitas dapat menjadi

    13 Jan 2023