News

WISUDA KE – 126 ITS KEMBALI MEMBERIKAN SUKACITA KEPADA WARGA DEPARTEMEN KIMIA

Jum, 13 Jan 2023
3:03 pm
Berita
Share :
Oleh : Admin-Kimia   |

HIMKA ITS – Wisuda merupakan acara yang ditunggu-tunggu para mahasiswa dan orang tua mahasiswa. Wisuda merupakan puncak acara yang menandai bahwa proses perkuliahan sudah berakhir dan mahasiswa berhak menyandang gelar sesuai dengan jenjang dan jenis program studinya. Sebenarnya, secara yuridis, tanda selesainya proses perkuliahan adalah saat mahasiswa yudisium di fakultas masing-masing. Meski demikian, acara wisuda merupakan momen yang sangat dinantikan oleh mahasiswa dan orangtua. Saat wisuda itulah, para mahasiswa bisa memakai toga disertai gordon sebagai simbol jenjang pendidikan telah dicapai.

Dalam menyelenggarakan wisuda, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki suatu sajian khas yang dinamakan arak-arakan. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengapresiasi para mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan beban studi 114  sks. Tak ubahnya suatu budaya, arak-arakan wisudawan menjadi suatu kegiatan yang selalu mengiringi prosesi wisuda di ITS tiap tahunnya. Meski sempat digelar secara virtual karena pandemi covid – 19 selama dua tahun kebelakang, kali ini budaya pelepasan para wisudawan ini kembali diselenggarakan sepenuhnya pada Wisuda ITS ke – 126 secara luring selama dua hari sejak Sabtu, (24/9). Sukacita tak hanya dirasakan oleh para wisudawan, tetapi juga oleh para mahasiswa dari seluruh departemen salah satunya Departemen Kimia melalui tradisi khas Wisuda ITS tersebut.

Usai resmi diwisuda dan menerima ijazah, wisudawan dari Departemen Kimia disambut oleh Himpunan Mahasiswa Kimia ITS (HIMKA ITS) untuk diarak dari Gedung Graha Sepuluh Nopember menuju gedung departemen masing-masing. Dalam prosesnya, seluruh pengurus HIMKA ITS mengibarkan bendera himpunan sepanjang jalan menuju Graha. Iring-iringan motor, kereta kelinci, hingga truk militer untuk mengarak para wisudawan juga menjadi salah satu ciri khas budaya ini. Meski terlihat ramai, arak-arakan pada wisuda periode kali ini berlangsung cukup tertib dimana selain penertiban yang turut dibantu Satuan Keamanan Kampus (SKK), dilakukan pula pembatasan mahasiswa yang mengiringi para wisudawan.

Sesampainya di gedung Departemen Kimia, para wisudawan disambut dengan prosesi syukuran. Diiringi rangkaian sambutan dari Kepala Departemen Kimia, Ketua HIMKA ITS, penampilan-penampilan mahasiswa, hingga foto bersama. Tak lupa dengan bangga mengumandangkan mars dan Vivat HIMKA ITS.

Selain pengurus HIMKA ITS yang memandu, para mahasiswa Departemen Kimia dari angkatan 2022 ke atas juga turut memeriahkan rangkaian arak-arakan dan syukuran wisuda. Berbagai persiapan telah dilakukan demi memberikan persembahan terbaik mereka pada kakak-kakak tingkat yang selama ini telah membimbing mereka baik di bidang akademik maupun non akademik.

Pada Wisuda ke – 126 ITS ini, tercatat sebanyak 83 wisudawan dari Departemen Kimia yang dikukuhkan oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng, terdiri dari 19 wisudawan dari bidang Instrumentasi dan Sains Analitik (ISA), 19 wisudawan dari bidang Kimia Material dan Energi (KME), 9 wisudawan dari bidang Kimia Bahan Alam dan Sintetis (KIBAS), 9 wisudawan dari bidang Geokimia Molekuler (GEOMOL), 22 wisudawan dari bidang Kimia Mikroorganisme (KIMIK), dan 5 wisudawan dari bidang lainnya.

 

Disusun Oleh : Muhammad Rajwasabiq Syarifudin

Latest News

  • WISUDA KE – 126 ITS KEMBALI MEMBERIKAN SUKACITA KEPADA WARGA DEPARTEMEN KIMIA

    HIMKA ITS – Wisuda merupakan acara yang ditunggu-tunggu para mahasiswa dan orang tua mahasiswa. Wisuda merupakan puncak acara yang

    13 Jan 2023
  • ESKALASI KARYA HADIR DENGAN SUASANA BARU

    HIMKA ITS – Pada hari Sabtu tanggal 3 September 2022 Himpunan Mahasiswa Kimia ITS (HIMKA ITS) secara resmi melalui

    13 Jan 2023
  • PENTINGNYA MEMATUHI STANDAR ISO DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

    HIMKA ITS – Ketika memproduksi segala jenis produk, kualitas keseluruhan dan kepuasan pelanggan sangat penting. Jaminan kualitas dapat menjadi

    13 Jan 2023