Merdeka Belajar Kampus Merdeka

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diharapkan dapat menyiapkan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja dengan penguasaan keilmuan yang beragam.

 

Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan melalui tantangan dan kesempatan dalam setiap kegiatan dalam program MBKM. Kegiatan-kegiatan dalam program MBKM juga diharapkan dapat mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Departemen Kimia FSAD ITS Surabaya memfasilitasi program MBKM yang meliputi magang, pertukaran pelajar, penelitian, asistensi mengajar, perlombaan, KKN tematik/pengabdian masyarakat, study independent dan wirausaha. Kegiatan ini dapat dikonversikan ke mata kuliah baik yang beradai di departemen maupun mata kuliah pengayaan. Berikut dokumen yang diperlukan untuk transfer kredit.

  1. Form transfer kredit, dapat diakses disini
  2. List MK pengayaan ITS dapat dilihat disini

Adapun prosedur umum untuk tranfer kerdit seperti ditunjukan pada skema berikut:


1 MAGANG/KERJA PRAKTEK

Kegiatan magang memberikan pengalaman melalui pembelajaran langsung di tempat kerja. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan hard dan soft skills melalui keterampilan multitasking, complex problem solving, analytical skills, etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dan sebagainya. Magang dapat dilaksanakan hingga maksimal selama 6 bulan dimana 45 jam kerja setara dengan 1 SKS (Standar Dikti dalam Peraturan Rektor nomor 12 tahun 2019).

 

Persyaratan:

 

Mata kuliah (MK) yang dapat ditansfer:

Mahasiswa wajib menulis TA berdasarkan pekerjaan yang dilakukan di tempat magang dan melakukan ujian/sidang Tugas Akhir/Skripsi

 

Petunjuk teknis magang dari ITS dapat dilihat pada link berikut

 

2 PENELITIAN/RISET/PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Penelitian/riset/program kreativitas mahasiswa dapat menjadi sarana dalam berfikir kritis bagi mahasiswa. Program ini dapat menuntun mahasiswa untuk mendalami, memahami, dan melakukan metoda riset yang lebih baik. Penelitian/riset meliputi keterlibatan mahasiswa dalam program penelitian kolaborasi Indonesia (PPKI), penelitian kerjasama antar perguruan tinggi (pakerti), penelitian kemitraan, penelitian mandiri, dan lainnya yang sesuai.

 

Persyaratan:

 

Mata kuliah (MK) yang dapat ditansfer:

Mahasiswa wajib menulis TA berdasarkan penelitian yang dilakukan dan melakukan ujian/sidang Tugas Akhir/Skripsi

 

Petunjuk teknis konversi prestasi dapat diakses disini

 

Mahasiswa didorong untuk menyusun/mendapatkan data pada penelitian/riset/PKM untuk penyusunan laporan Tugas Akhir/Skripsi

 

 

 

 

3 ASISTEN MENGAJAR

Program asisten mengajar dilakukan oleh mahasiswa pada satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di kota maupun di daerah.

 

Persyaratan:

Mata kuliah (MK) yang dapat ditansfer:

Buku panduan KKN tematik dapat diakses disini

4 KEGIATAN WIRAUSAHA

Sebanyak 69,1% milenial di Indonesia memiliki minat wirausaha berdasarkan riset IDN Research Institute pada Tahun 2019. Program MBKM mendorong pengembangan minat wirausaha dengan program kegiatan belajar yang sesuai. Kegiatan wirausaha meliputi ITS Youth Technopreneur (IYT), magang wirausaha, investor meeting & exhibition, KIBM, KBMK, ASMI, incubator bisnis, dan lainnya yang sesuai.

 

Persyaratan:

Mata kuliah (MK) yang dapat ditansfer:

Petunjuk teknis kegiatan kewirausahaan dapat diakses disini

5. Kegiatan Pertukaran Pelajar

Pertukaran pelajar dalam negeri melalui program seperti Sasrabahu dan permata sakti.

Pertukaran pelajar luar negeri baik yang diselengggarakan terprogram oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) maupun melalui kegiatan yang diprogram oleh Direktorat Kemitraan Global (DKG) ITS.