News

Peningkatan Keterampilan Teknis dan Kesadaran SDG, Mahasiswa ITS Ikuti Program Mobilitas Bebas Kredit di Malaysia

Thu, 04 Apr 2024
9:26 pm
News
Share :
Oleh : itsinternational1   |

Sebanyak 14 orang mahasiswa ITS telah berhasil menyelesaikan program UTeM Winter School (UWINS) 2024 yang diadakan oleh Fakultas Teknologi dan Teknik Elektro, Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM). Program yang berlangsung pada 15 hingga 28 Februari 2024 ini telah meninggalkan dampak positif di kalangan mahasiswa ITS terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Dekan Fakultas Teknologi dan Teknik Elektro, Associate Professor Dr. Hidayat Bin Zainuddin mengatakan penyelenggaraan UWINS 2024 sejalan dengan SDG17: Memperkuat sarana implementasi dan merevitalisasi Kemitraan Global untuk Pembangunan Berkelanjutan, dengan partisipasi peserta dari ITS dan lembaga luar negeri lainnya.

Selain itu, ke-14 mahasiswa ITS juga telah berhasil mengikuti Kursus Sertifikasi Profesi – Dasar-Dasar Teknologi Hidraulik yang diakui oleh Bosch Rexroth Academy yang diselenggarakan selama 3 hari di UTeM. Direktur UWINS 2024, sekaligus pelatih bersertifikat di bawah Pusat Pelatihan Berlisensi UTeM-Bosch Rexroth, Dr. Mohd Rusdy Yaacob mengatakan, sertifikat profesi yang diberikan akan menjadi nilai tambah bagi setiap peserta dalam meningkatkan tingkat kompetensi dan keterampilan membimbing TVET di masa depan. Hal ini sejalan dengan SDG4: Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning opportunities for all.

Selain itu, mahasiswa ITS juga menjadi fasilitator Program Peningkatan Bahasa Inggris Hello Talk! kepada siswa Sekolah Kebangsaan Tanjong Tohor, Johor. Guru Asisten Senior Bidang Kemahasiswaan, Puan Wahidah Binti Abd.Wahab mengatakan, pihak sekolah sangat senang dengan keterlibatan mahasiswa ITS bersama peserta lainnya dalam mengelola program berbagi ilmu dan pengabdian masyarakat kepada siswanya. Bagi sekolah yang berkategori Sekolah Siswa Rendah (SKM), adanya kesempatan siswa berinteraksi dengan siswa dari luar negeri dipandang dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri mereka untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris di kemudian hari. Hal ini sejalan dengan SDG4: Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning opportunities for all.

Terakhir, mahasiswa ITS juga fokus pada isu pemanasan global dan kelestarian lingkungan melalui penyelenggaraan Program CSR Beach Clean Up di sekitar kawasan Taman Laut Melaka yang meliputi Pulau Dodol, Pulau Undan, dan Pulau Nangka. Keterlibatan mahasiswa ITS dalam program ini dapat membantu dalam mengatasi permasalahan pencemaran dan menjaga kelestarian ekosistem laut sejalan dengan SDG14: Melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan samudra, laut, dan sumber daya kelautan untuk pembangunan berkelanjutan. Kegiatan ini juga berkontribusi terhadap aksi mitigasi dan adaptasi menuju pengembangan ketahanan iklim serta sejalan dengan SDG13: Mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

 

Latest News

  • Naveen Jindal Young Global Research Fellowship Program

    Dear ITS Students, We are thrilled to introduce the inauguration of the Naveen Jindal Young Global Research Fellowship Program. This

    05 Apr 2024
  • Peningkatan Keterampilan Teknis dan Kesadaran SDG, Mahasiswa ITS Ikuti Program Mobilitas Bebas Kredit di Malaysia

    Sebanyak 14 orang mahasiswa ITS telah berhasil menyelesaikan program UTeM Winter School (UWINS) 2024 yang diadakan oleh Fakultas Teknologi

    04 Apr 2024
  • Hiroshima University “Global Jinzai Program 2024: Additional Recruitment”

    Greetings ITS Students, Graduate School of Advanced Science and Engineering, Hiroshima University, is calling for students who wish to

    27 Mar 2024