News

Let’s Study Abroad Mei 2021 | Spesial Study Abroad & Studi Lanjut!

Thu, 10 Jun 2021
3:35 pm
News
Share :
Oleh : itsinternational2   |

ITS Global Engagement (ITS GE) tak henti-hentinya menyediakan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan semangat internasionalisasi bagi mahasiswa ITS. Salah satu program dari ITS GE yaitu LSA (Let’s Study Abroad) kembali hadir di bulan Mei yang lalu dengan mengundang universitas mitra ITS dari berbagai negara sebagai pembicara untuk memberikan informasi seputar kehidupan di kampus mereka dan berbagai kesempatan study abroad di masing-masing universitas mitra ITS yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa ITS khususnya pada jenjang sarjana. Tak hanya informasi seputar study abroad, setiap universitas mitra yang hadir di LSA Edisi Mei juga memberikan informasi seputar kesempatan program studi lanjut (S2/S3) yang juga dapat dimanfaatkan oleh alumni mahasiswa ITS maupun mahasiswa magister.

 

LSA Edisi Mei diadakan dalam 2 sesi yaitu pada hari Jumat, 28 Mei 2021 dan Senin, 31 Mei 2021. Pada LSA Edisi Mei, universitas mitra ITS yang hadir sebagai pembicara berasal dari berbagai negara mulai dari Malaysia, Taiwan, Turki, Rusia, hingga Perancis.

 

Sesi 1

Pada Sesi 1, terdapat 3 universitas mitra ITS yang hadir sebagai pembicara, mereka adalah:

  1. National Central University Taiwan
  2. Sup’Biotech Perancis
  3. Universiti Kebangsaan Malaysia

 

LSA Edisi Mei Sesi 1 dimulai pukul 14.00 WIB yang diawali dengan sambutan dari Senior Manager of ITS Global Engagement Office on International Partnership, Bapak Astria Nur Irfansyah, Ph.D. 

 

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi dari 3 universitas mitra ITS, masing-masing selama 20 menit. Dimulai dengan presentasi oleh Ms. Hsuan Fei Chen dan Ms. Novia Chen dari National Central University Taiwan, selanjutnya presentasi dari Sup’Biotech Perancis yang dibawakan oleh Ms. Marilyne Te dan sesi presentasi ketiga yang dibawakan oleh Pak Muhamaad Harfiz R. dari Universiti Kebangsaan Malaysia. 

 

 

Setelah sesi presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi panel diskusi yang dipimpin oleh Muh. Wahyu Islami Pratama M., S.T. selaku Manager for CommTECH & Mobility Program. Pada sesi ini, peserta dapat mengajukan pertanyaan yang bersifat umum secara langsung kepada 3 universitas mitra ITS.

 

 

Seusai sesi panel diskusi, seluruh peserta dan pembicara diarahkan oleh panitia untuk memasuki breakout room. Para peserta diberi kebebasan untuk memilih breakout room yang mereka inginkan. Terdapat 3 macam breakout room: Room 1 untuk National Central University Taiwan, Room 2 untuk Sup’Biotech Perancis, dan Room 3 untuk Universiti Kebangsaan Malaysia. Saat sesi di breakout room, peserta dapat bertanya secara lebih spesifik kepada universitas mitra yang terdapat di masing-masing breakout room. Salah satu contoh pertanyaan yang diajukan oleh peserta yakni seputar informasi beasiswa yang diadakan oleh universitas mitra yang bersangkutan.

 

Setelah 30 menit berada di breakout room, seluruh peserta dan pembicara kembali ke main room untuk melakukan sesi foto bersama dan closing oleh MC. LSA Edisi Mei Sesi 1 diikuti sekitar 30 peserta yang terdiri dari mahasiswa diploma, sarjana, magister, hingga alumni mahasiswa ITS.

 

Sesi 2

Terdapat 3 universitas mitra ITS yang hadir pada LSA Edisi Mei Sesi 2 yang terdiri dari:

  1. Anadolu University Turki
  2. Asia University Taiwan
  3. Tomsk State University Rusia

 

LSA Edisi Mei Sesi 2 dimulai pukul 15.00 WIB yang diawali dengan sambutan oleh Ibu Octaviyanti Dwi Wahyurini, S.T., M.AppDesArt, Ph.D. selaku Senior Manager of ITS Global Engagement Office on Promotion & Mobility. 

 

 

Sama seperti agenda LSA Edisi Mei Sesi 1 sebelumnya, agenda kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari 3 universitas mitra yang dimulai oleh Ms. Lili Feng dari Anadolu University Turki, yang dilanjutkan presentasi oleh Prof. Chen selaku Vice President Asia University Taiwan, dan yang terakhir presentasi dari Tomsk State University Rusia yang dibawakan oleh Ms. Lidia Dmitrieva.

 

 

Selanjutnya, terdapat sesi panel diskusi dimana moderator membacakan beberapa pertanyaan yang telah terkumpul di form registrasi kepada 3 universitas mitra. Pertanyaan yang diajukan merupakan pertanyaan yang umum seperti informasi seputar persediaan akomodasi di masing-masing universitas mitra yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional.

 

 

Kemudian, sesi dilanjutkan di breakout room dimana terdapat Anadolu University di Room 1, Asia University Taiwan di Room 2, dan Tomsk State University Rusia di Room 3. Selama sesi di breakout room, peserta aktif untuk mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pembicara.

 

LSA Edisi Mei Sesi 2 dihadiri lebih dari 20 peserta dari berbagai jenjang studi di ITS. Dengan diadakannya LSA, diharapkan mahasiswa maupun alumni ITS dapat termotivasi untuk lebih berani dan siap dalam memulai mencari pengalaman international exposure dan memiliki wawasan yang lebih mengenai berbagai kesempatan study abroad maupun studi lanjut di luar negeri.

 

Selengkapnya, simak video rekaman acara LSA Edisi Mei dibawah ini:

 

Latest News

  • Naveen Jindal Young Global Research Fellowship Program

    Dear ITS Students, We are thrilled to introduce the inauguration of the Naveen Jindal Young Global Research Fellowship Program. This

    05 Apr 2024
  • Peningkatan Keterampilan Teknis dan Kesadaran SDG, Mahasiswa ITS Ikuti Program Mobilitas Bebas Kredit di Malaysia

    Sebanyak 14 orang mahasiswa ITS telah berhasil menyelesaikan program UTeM Winter School (UWINS) 2024 yang diadakan oleh Fakultas Teknologi

    04 Apr 2024
  • Hiroshima University “Global Jinzai Program 2024: Additional Recruitment”

    Greetings ITS Students, Graduate School of Advanced Science and Engineering, Hiroshima University, is calling for students who wish to

    27 Mar 2024