Service Desk

Silahkan menghubungi ServiceDesk ITS, apabila ada permasalahan mengenai email, hosting, domain, maupun permasalahan yang terkait kepegawaian / sdmo.

Laboratorium Grafika Interaksi dan Game

Imam Kuswardayan, S.Kom., MT.

Kepala Laboratorium
Email: imam@its.ac.id
initial, IK

Selamat Datang di halaman Laboratorium Grafika, Interaksi dan Game.

Laboratorium ini di bidang minat ini menawarkan bidang keahlian yang ditekankan pada kemampuan lulusan dalam mendesain, mengembangkan dan mendokumentasikan proses pembuatan game sesuai dengan standar. Serta membuat model 3 dimensi dan pemograman di dalam realitas virtual serta aplikasi realitas virtual 3 dimensi dengan menggunakan game engine.

Mata kuliah bidang keahlian GIGa antara lain:

  • Teknik Pengembangan Game,
  • Sistem Game,
  • Animasi Komputer dan Pemodelan 3D,
  • Realitas Virtual dan Augmentasi, dan
  • Topik Khusus GIGa.

Fasilitas

  1. HP PC 690-0017D + MONITOR 21” ( HP Pavilion Gaming Desktop)
  2. Logitech Webcam B525
  3. Oculus Rift Set (Game controller)
  4. Oculus VR Development KIT DK-2-V51-BDL (Game controller)
  5. HTC VIVE Virtual Reality (Game controller)
  6. Logitech Gaming Wheel

Penelitian

  1. Penelitian dana departemen its tahun 2019: pengaruh sudut pandang pada pengalaman realitas virtual: pandangan tertambat vs. Pandangan orang-pertama
  2. Penelitian kajian kebijakan its tahun 2019: pengembangan sistem informasi pendataan untuk penunjang penelitian di lppm its
  3. Penelitian dasar unggulan pt tahun 2019: pendayagunaan teknologi virtual reality, augmented reality dan game untuk menunjang bidang pendidikan dan terapi phobia
  4. Penelitian tesis magister tahun 2019: pengembangan sistem pengenalan karakter pada citra dokumen tulisan tangan
  5. Penelitian disertasi doktor tahun 2019: sistem cerdas pengambilan keputusan untuk menentukan jawaban dari soal teks pada aplikasi permainan edukatif menggunakan pendekatan metode pembelajaran pengalaman manusia dan pemrosesan bahasa alami
  6. Penelitian tesis magister tahun 2019: pengenalan citra kain tradisional melalui kamera smartphone menggunakan fitur yang invariant terhadap rotasi, skala, dan pencahayaan
  7. Penelitian dana departemen its tahun 2019: informatic open library systems: rancang bangun integrated library information systems pada perpustakaan departemen informatika
  8. Penelitian dana departemen its tahun 2019: pengaruh sudut pandang pada pengalaman realitas virtual: pandangan tertambat vs. Pandangan orang-pertama
  9. Penelitian laboratorium its tahun 2018: evaluasi citra pengenalan pola pada teknologi ocr (optical character recognition) untuk aplikasi la-text: halal detection text
  1. Penelitian dasar unggulan perguruan tinggi tahun 2018: pendayagunaan teknologi virtual reality, augmented reality dan game untuk menunjang bidang pendidikan dan terapi phobia
  2. Penelitian laboratorium its tahun 2018: evaluasi citra pengenalan pola pada teknologi ocr (optical character recognition) untuk aplikasi la-text: halal detection text
  3. Penelitian dana departemen its tahun 2018: perancangan dan implementasi termo: perangkat cerdas berbasis internet sebagai upaya penghematan daya listrik di lingkungan departemen informatika its
  4. Penelitian lab-based education its tahun 2018: pengenalan wajah pada data video untuk pengawasan ruangan
  5. Penelitian pemula its tahun 2018: pembuatan sistem penerjemah bahasa isyarat bahasa indonesia untuk alat bantu komunikasi bagi tuna rungu menggunakan deep learning
  1. Penyusunan aplikasi perencanaan kendali operasi pdam surya sembada kota surabaya
  2. Penelitian inovasi lokal dengan judul game siji “simulasi haji” sebagai inovasi belajar tatacara pelaksanaan ibadah haji dengan benar
  3. Penelitian unggulan perguruan tinggi (pupt) tahun 2017: pendayagunaan teknologi virtual reality, augmented reality dan game untuk menunjang bidang pendidikan dan terapi phobia
  4. Penelitian laboratorium its tahun 2017: perancangan la_text: “halal text” sebagai inovasi pengenalan produk halal berdasarkan masukan teks nama melalui kamera perangkat pintar android menggunakan teknologi optical character recognition (ocr)
  5. Penelitian pemula its tahun 2017: integrasi fitur statis dan fitur dinamis untuk pembuatan sistem penerjemah bahasa isyarat bahasa indonesia untuk alat bantu komunikasi bagi tuna rungu
  6. Penelitian lab based education (lbe) its tahun 2017: deep learning untuk temu kembali data citra berjumlah besar
  1. Penelitian jurusan its tahun 2016: perencanaan dan pembuatan game pertemanan multipemain \”simaba\” untuk mahasiswa baru
  2. Penelitian jurusan its tahun 2016: aplikasi pemetaan tingkat kemiskinan masyarakat berbasis perangkat bergerak
  3. Penelitian pemula its tahun 2016: sistem pengenalan dan penerjemah bahasa isyaratistilah bahasa indonesiauntuk alat bantu komunikasituna rungu dan tuna daksa menggunakan teknologi kinect dan algoritma rule-based neural network
  4. Penelitian pemula its tahun 2016: pengembangan game terapi phobia serangga menggunakan teknologi augmented reality pada device android
  5. Penelitian lab based education tahun 2016: peringkasan multi dokumen berita berbahasa indonesia berdasarkan trending issue data twitter dengan deteksi kejadian non trivial sebagai pemilihan kata kunci
  6. Penelitian kajian kebijakan its tahun 2016: usulan kebijakan teknologi informasi sebagai payung untuk mewujudkan its in one-hand dalam lingkungan smart campus
  7. Penelitian kerjasama konsorsium internasional (asea-uninet/aic) its tahun 2016: urban water management model in achieving water sensitive city (case study: surabaya)
  8. Penelitian unggulan perguruan tinggi tahun 2016: perangkat lunak untuk klasifikasi motif kain tradisional indonesia
  1. Penelitian unggulan perguruan tinggi tahun 2015: perangkat lunak untuk klasifikasi motif kain tradisional indonesia
  2. Penelitian kerjasama internasional tahun 2015: early detection application of bone fractures using image analysis of dental panoramic radiographs
  3. Penelitian lab based education tahun 2015: peringkasan multi dokumen berita berbahasa indonesia berdasarkan trending issue data twitter dengan deteksi kejadian non trivial sebagai pemilihan kata kunci
  4. Insentif riset sinas tahun 2015: pengembangan sistem klasifikasi otomatis ikan tuna
  5. Penelitian pemula its tahun 2015: pengembangan sistem penerjemah otomatis bahasa isyarat untuk penderita tuna rungu
  6. Kerjasama luar negeri dan publikasi internasional tahun 2015: predicting survival of cervical cancer based on support vector machine and bayesian survival analysis

Publikasi

Pengabdian Masyarakat

  1. Abdimas reguler its tahun 2019: pembuatan modul pembelajaran dan pelatihan aplikasi perkantoran untuk pemuda-pemudi putus sekolah dari keluarga tidak mampu di rumah gemilang indonesia
  2. Abdimas reguler its tahun 2019: ekspansi pemasaran dan pembuatan sistem manajemen keuangan pada umkm makanan ringan berbasis teknologi informasi
  3. Abdimas dana departemen its tahun 2019: sistem intelligent cctv untuk menangkap pencuri di mushola an nur surabaya
  4. Abdimas berbasis penelitian its tahun 2019: penerapan “psycho-auggo” aplikasi augmented reality sebagai sarana pembelajaran dan evaluasi pelajaran matematika di sd muhammadiyah 26 surabaya
  5. Abdimas dana departemen its tahun 2019: sistem intelligent cctv untuk menangkap pencuri di mushola an nur surabaya
  6. Abdimas dana departemen its tahun 2019: pembuatan alat bantu belajar 3d untuk siswa tuna netra di smplb ypab surabaya
  7. Abdimas berbasis penelitian its tahun 2019: penerapan “psycho-auggo” aplikasi augmented reality sebagai sarana pembelajaran dan evaluasi pelajaran matematika di sd muhammadiyah 26 surabaya
  1. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat penyelesaian pelaksanaan pengembangan sim online penelitian dan pengabdian kepada masyarakat universitas musamus
  2. Abdimas dana departemen its tahun 2018: pengenalan dan pemanfaatan teknologi digital dalam peningkatan kemampuan wirausaha dan pengembangan aplikasi game bagi siswa smkn 1 surabaya
  3. Abdimas dana departemen its tahun 2018: pengembangan kapasitas pengelola pendidikan diniyah dalam penyusunan materi pembelajaran berbasis multimedia
  4. Abdimas berbasis penelitian its tahun 2018: pembuatan aplikasi konversi data foto ke pahatan 3d untuk pengenalan obyek bagi penyandang tuna netra
    Magang spmi di departemen informatika ftik program asuh menuju prodi unggul tahun 2018
  5. Abdimas reguler its tahun 2018: pemberdayaan masyarakat dalam menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan pemasaran dan nilai jual produk pada bumdesa bersama di kec. Sumbergempol, tulungagung
  1. Pemanfaatan perdagangan elektronik (e-commerce) untuk ibu-ibu pkk perumahan rewwin kelurahan kepuh kiriman kecamatan waru sidoarjo
    Pelatihan keahlian terapan bidang komputer bagi warga kurang mampu di surabaya
  2. Pengabdian kepada masyarakat dengan judul pengabdian pembuatansistem ujian online Pemanfaatan perdagangan elektronik (e-commerce) untuk pengurus karang taruna perumahan rewwin kelurahan kepuh kiriman kecamatan waru sidoarjo
  3. Pengabdian kepada masyarakat dengan judul pengabdian pemeliharaan sistem penerimaan peserta didik baru, tenaga ahli ppdb tahun 2016
  1. Pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan commtech camp insight 2016 dengan tema emerging it for society,course c
    Pembuatan aplikasi sistem informasi eksekutif
  2. Kerjasama pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan system informasi penanaman modal
  1. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: pengembangan kapasitas pengelola bidang informatika dan komputer dalam penyusunan kurikulum berdasarkan kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI)
  2. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: pengembangan aplikasi portal bagi usaha mikro batu akik dan pusaka asli indonesia untuk memasuki pasar internasional
  3. Penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (jasa konsultasi/pendampingan berupa pengolahan data psb on line tahun 2015)
  4. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: diseminasi pengetahuan tentang gizi balita dan pelatihan penggunaan aplikasi kms kepada kader dan orang tua peserta posyandu di daerah surabaya timur
  5. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: workshop pembuatan game interaktif sebagai bekal wirausaha industri kreatif bagi anak panti asuhan ibnu sina surabaya
  6. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: peningkatan kompetensi guru paud dalam menyediakan modul pembelajaran interaktif di ppt umi qolbu rusun penjaringan surabaya
  7. Penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (jasa konsultasi/pendampingan berupa pengolahan data psb on line tahun 2015)

Buku Laboratorium

No ISBN Tahun Terbit Judul Buku Penerbit Kota Penulis
2015 Technopreneurship Wijayanti Nurul Khotimah, S.Kom., M.Sc.

Pengabdian Masyarakat

Dosen Anggota Laboratorium Grafika, Interaksi dan Game

Home >