News

Zulfan Febiawan, Mahasiswa Program Studi Master Biologi ITS Peraih Predikat Summa Cum Laude Periode September 2022

Sel, 11 Okt 2022
6:57 am
Alumni
Share :
Oleh : Admin-Biologi   |

If there is  a will, there is a way, adalah sepenggal kalimat yang selama ini mampu menyemangati setiap langkah Zulfan Febriawan dalam menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa sehingga berhasil lulus dengan predikat memuaskan sejak menempuh pendidikan Sarjana hingga Magister di Biologi ITS. Orang-orang di sekitarnya mengenalnya sebagai pribadi ramah, menyenangkan yang suka akan berbagai tantangan. Sosoknya gemar menantang diri untuk mencoba hal-hal baru untuk membeli sebuah pengalaman–hal termahal yang susah untuk dibeli kembali. Walaupun banyak rintangan, menurutnya semua rintangan dan kegagalan yang pernah dialaminya akan sangat lekat dengan jalan menuju kesuksesan.

Zulfan memulai penelitiannya sejak semester 5 perkuliahan di prodi sarjana dengan mengambil topik cekaman pada tanaman tembakau, kemudian dilanjutkannya pada tanaman porang dengan beberapa parameter yang tentunya lebih kompleks untuk penelitian pada tahap magister. Walaupun disibukkan dengan kehidupan akademik, Zulfan juga terus aktif pada kegiatan kemahasiswaan, pernah menjadi Ketua Departemen Sosial dan Masyarakat HIMABITS (Himpunan Mahasiswa Biologi ITS) periode 2017/2018, anggota Divisi Sosial Masyarakat BEM Fakultas Sains dan Analitika Data serta anggota panitia Gerigi ITS periode 2017/2018 serta juga membantu melaksanakan beberapa proyek penelitian dan pengabdian masyarakat. Di sela-sela kesibukannya di kampus Zulfan juga menjalani kehidupan kampusnya dengan mencoba untuk bekerja freelance untuk terus produktif dan mengembangkan diri.

Tidak hanya dengan membangun relasi di dalam negeri, Zulfan juga membangun relasi di luar negeri dengan menjadi anggota AIESEC Surabaya dan menjalin relasi baik dengan teman-teman yang berasal dari luar negeri. Belajar lebih jauh mengenai kultur budaya asing dan membuka luas-luas wawasannya serta kehidupan sosialnya.

Lulus sarjana dengan predikat Cum Laude pada tahun 2020 dan predikat Summa Cum Laude (IPK sempurna 4,00) tingkat Magister pada tahun 2022 adalah suatu hadiah untuk semua usaha dan dedikasinya selama menjadi mahasiswa di Biologi ITS. Menjadi alumni bukan berarti menggugurkan kewajibannya melaksanakan tridharma perguruan tinggi, sebaliknya kewjiban untuk berkontribusi untuk masyarakat harus terus dilaksanakan.. Zulfan berharap apapun yang dia lakukan dapat terus membanggakan Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai almamater.

Latest News

  • Zulfan Febiawan, Mahasiswa Program Studi Master Biologi ITS Peraih Predikat Summa Cum Laude Periode September 2022

    If there is  a will, there is a way, adalah sepenggal kalimat yang selama ini mampu menyemangati setiap langkah

    11 Okt 2022