Sambutan Kepala Departemen

Ir. Bambang Pramujati, MSc.Eng., PhD.

Assalammualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat berkomunikasi dengan anda melalui prospectus ini. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang terbaru tentang Jurusan Teknik Mesin FTI baik tentang sumber daya manusia, sarana prasarana pendidikan dan penelitian, kegiatan kemahasiswaan dan sebagainya.

Sejak berdirinya tahun 1957 hingga kini, Jurusan Teknik Mesin FTI telah berkembang dari 1 program studi menjadi 3 program studi yaitu program Sarjana (S1), Diploma (D3) serta Pascasarjana (S2 dan S3). Jurusan Teknik Mesin senantiasa terus berbenah diri, menajamkan visi dan strateginya, dalam upaya menjawab berbagai tantangan yang timbul. Hal ini demi tercapai Misi Jurusan Teknik Mesin, yaitu: Menyelenggarakan program Pendidikan Teknik Mesin untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar global, melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian bidang keilmuan Teknik Mesin yang berkualitas dalam forum nasional, regional maupun internasional, serta menerapkan hasil penelitian untuk membantu memecahkan masalah industri dan masyarakat. Pada tahun 2010, telah dicanangkan bahwa pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan lebih memberdayakan dan mengedepankan peran laboratorium sesuai dengan konsep lab-based education.

Kurikulum di Jurusan Teknik Mesin di susun untuk memberikan dasar-dasar yang kuat kepada lulusannya dengan ilmu sains dan teknik serta implementasinya dalam bidang keteknikan khususnya Teknik Mesin. Disamping itu, lulusan dari Jurusan Teknik Mesin dipersiapkan untuk mampu bersaing secara global baik di industri ataupun dalam menempuh pendidikan lanjut.

Dengan senang hati kami membuka kesempatan buat anda untuk bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari keluarga besar Jurusan Teknik Mesin FTI – ITS. Akhirnya selaku pimpinan jurusan, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu berkembangnya Jurusan ini. Mudah-mudahan upaya ini banyak memberi manfaat bagi kemajuan umat manusia.

Wassalammualaikum Wr. Wb
Vivat Mesin ! Mesin ÜBER ALLES !!!
Kampus Mesin – ITS