Program Studi

Mencetak Engineer Mesin Terbaik Masa Depan

Bidang Teknik Mesin beroperasi di batas pengetahuan tentang sains dan engineering, mengeksplorasi berbagai penerapan ilmu mulai dari konversi energi, desain, manufaktur hingga metalurgi. Teknik Mesin mempelajari prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Oleh karena itu, mahasiswa teknik mesin harus memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Kurikulum Departemen Teknik Mesin disusun untuk memberikan dasar yang kuat dengan ilmu sains dan teknik serta implementasinya dalam bidang keteknikan dan disusun dengan standar internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, Departemen Teknik Mesin mencanangkan program pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengedepankan peran laboratorium sesuai dengan konsep lab-based education (LBE). Atmosfer akademis dan kepercayaan diri yang terbentuk setelah terpercaya mengelola Proyek Bank Dunia untuk pengembangan Program Studi (QUE Project) telah memotivasi Program Studi ini untuk terus berkembang secara berkelanjutan. Dengan pencapaian terdahulu dan saat ini, departemen ini telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan akreditasi tertinggi, yakni A.

Departemen Teknik Mesin ITS berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi melalui kegiatan akademik intensif dan keterlibatan pengalaman industri. Dengan slogan uber alles, Mahasiswa Teknik Mesin ITS selalu terpacu untuk menjadi yang terbaik dalam semua bidang baik di ITS maupun tingkat internasional.

Informasi

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.