Matematika Rekayasa Lanjut

MATA KULIAHTM185101:MATEMATIKA REKAYASA LANJUT
Kredit :3 sks
Semester :1
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini ditujukan untuk mahasiswa pascasarjana teknik mesin. Materi mata kuliah ini dipilih untuk memberikan dasar dasar matematika yang di perlukan pada matakuliah yang ditawarkan dalam kurikulum pascasarjana teknik mesin.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI YANG DIDUKUNG
A.Teori sains-rekayasa (engineering sciences) pada bidang rekayasa mekanika (mechanical engineering) 
BMampu menyelesaikan permasalahan rekayasa dan teknologi serta merancang system mekanika (mechanical system) dan komponennya dengan memanfaatkan bidang ilmu secara interdisiplin atau multidisiplin, serta dengan memperhatikan factor – factor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, social kelestarian lingkungan
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
1.Mengetahui teori matematika rekayasa yang digunakan pada bidang rekayasa mekanika
2.Mampu menggunakan teori matematika rekayasa untuk menyelesaikan permasalahan rekayasa pada bidang rekayasa mekanika
POKOK BAHASAN
-Ordinary Differential Equations
-Linear Algebra & Vector Calculus
- Fourier Analysis & Partial Differential Equations
PRASYARAT
PUSTAKA UTAMA
1.Erwin Kreyszig, Advanced Engineering Mathematics, 10th Edition, Wiley & Sons, 2011
2.Glyn James, Advanced Modern Engineering Mathematics, 4th Edition, Prentice Hall, Pearson Education Limited, 2011
3.G. Strang. Linear Algebra and its Applications, Brooks Cole, 4th edition, 2005.
4. D. P. Bertsekas and J. N. Tsitsiklis. Introduction to Probability. Athena Scientific, 2002.
PUSTAKA PENDUKUNG
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PROGRAM STUDI PASCASARJANA MAGISTER (S2) DEPARTEMEN TEKNIK MESIN FTI - ITS
MATA KULIAHKODERumpun MKBOBOT (sks)SEMESTERDirevisi
MATEMATIKA REKAYASA LANJUTTM18510131
OTORISASIPengembang RPKoordinator RMKKaPRODI S2
Bambang Arip DwiyantoroProf. Dr. Eng. Ir. Prabowo, M.Eng.
Capaian Pembelajaran MKProgram Studi
A.Teori sains-rekayasa (engineering sciences) pada bidang rekayasa mekanika (mechanical engineering) 
B.Mampu menyelesaikan permasalahan rekayasa dan teknologi serta merancang system mekanika (mechanical system) dan komponennya dengan memanfaatkan bidang ilmu secara interdisiplin atau multidisiplin, serta dengan memperhatikan factor – factor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, social kelestarian lingkungan
Mata Kuliah
-Mengetahui teori matematika rekayasa yang digunakan pada bidang rekayasa mekanika
-Mampu menggunakan teori matematika rekayasa untuk menyelesaikan permasalahan rekayasa pada bidang rekayasa mekanika
Diskripsi Bahan Kajian &
Pokok Bahasan
Bahan Kajian
Pokok Bahasan
-Ordinary Differential Equations
-Linear Algebra & Vector Calculus
- Fourier Analysis & Partial Differential Equations
PustakaUtama :
1.Erwin Kreyszig, Advanced Engineering Mathematics, 10th Edition, Wiley & Sons, 2011
2.Glyn James, Advanced Modern Engineering Mathematics, 4th Edition, Prentice Hall, Pearson Education Limited, 2011
3.G. Strang. Linear Algebra and its Applications, Brooks Cole, 4th edition, 2005.
4. D. P. Bertsekas and J. N. Tsitsiklis. Introduction to Probability. Athena Scientific, 2002.
Pendukung :
Media PembelajaranSoftware :
Team Teaching
Assessment
Mg Ke-Sub-Capaian
Pembelajaran MK
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Metode / Strategi
Pembelajaran
[ Estimasi Waktu ]
Assessment   
Mg Ke-Sub-Capaian
Pembelajaran MK
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Metode / Strategi
Pembelajaran
[ Estimasi Waktu ]
IndikatorBentukBobot
(1)Mahasiswa mampu merefresh kembali materi statistik- kontrak kuliah
- Refresh statistik
[1:Blank, 2:Bhattacharya]
- Kuliah pengantar &
Brainstorming
- Latihan soal
[TM: 1x(3x50”)]
Mampu menerapkan tool statistik untuk menyelesaikan kasus engineering
(2-4)Mahasiswa mampu menganalisa dan mempraktekkan uji hipotesa- Uji Hipotesa:
• Test on means (1 dan 2 sample)
• Test on variances (1 dan
2 sample)
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil Eksperimen
[TM: 3x(3x50”)]
Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan 1 dan 2 sample25%
(5-8)Mahasiswa mampu menganalisa dan
mempraktekkan ANOVA dan regresi single factor
- ANOVA: • Single factor
• Regresi
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil eksperimen '[TM: 4x(3x50”)] Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan 1 factor dan regresinya25%
(9-11)Mahasiswa mampu menganalisa dan
mempraktekkan ANOVA multi factor
- ANOVA: • Multi factor
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil eksperimen [TM: 3x(3x50”)]Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan multi 5actor25%
(12-16)Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode perancangan eksperimen pada riset- ANOVA singgle maupun multi faktor
- Regresi
[1:Blank, 2:Bhattacharya]
- Review paper
[TM: 5x(3x50”)]
Mampu memahami dan memanfaatkan metode eksperimen untuk kasus-kasus riset25%
Jenis evaluasiFail
Less than 50%
Pass
50 – 59%
Credit
60-69%
Distinction
70 – 79%
High Distinction
80 – 100%
TugasTidak mengikuti langkah-langkah pengerjaan. Persamaan/rumus yang digunakan salah, tidak ada satuan. Pekerjaan mencontoh tugas teman.Tidak menuliskan asumsi
dan tidak menggambarkan diagram sistem atau proses. Persamaan/rumus yang digunakan kurang lengkap dan tidak ada satuan dari besaran.
Tidak menuliskan asumsi
dan tidak menggambarkan diagram sistem atau proses. Persamaan/rumus yang digunakan kurang lengkap.
Mengikuti langkah-langkah
pengerjaan namun tidak terlalu lengkap (tidak ada diagram sistem/proses, rumus, asumsi). Perhitungan dan analisa 80% tepat disertai satuan dari besaran yang ada.
High Distinction
80 – 100%
Kriteria PenilaianKurang
20 – 40
Cukup
41 – 59
Baik
60 – 79
Sangat Baik
80 – 98
Penguasaan MateriHanya mempresentasikan
materi tanpa penjelasan
Memahami hipotesa yang
digunakan
Memahami hipotesa yang
digunakan, rancangan dan metode analisa eksperimen
Memahami hipotesa yang
digunakan, rancangan dan metode analisa eksperimen, proses regresi
Alat Peraga & Power PointHanya teks presentasiTerdapat visualisasi
gambar
Terdapat visualisasi videoTerdapat visualisasi
gambar dan video
Kekompakan/Pembagian
Kerja
Hanya 1 orang yang
berperan dalam presentasi
Sebagian kecil anggota
berperan dalam presentasi
Sebagian besar anggota
berperan dalam presentasi
Semua anggota berperan
dalam presentasi
PenyampaianPeraga memuat semua
materi yang dijelaskan, penjelasan dilakukan dengan membaca peraga
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran tanpa melihat peraga
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran tanpa melihat peraga, presentasi tidak monoton
Mg Ke-Sub-Capaian
Pembelajaran MK
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Metode / Strategi
Pembelajaran
[ Estimasi Waktu ]
Assessment   
Mg Ke-Sub-Capaian
Pembelajaran MK
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Metode / Strategi
Pembelajaran
[ Estimasi Waktu ]
IndikatorBentukBobot
(1)Mahasiswa mampu merefresh kembali materi statistik- kontrak kuliah
- Refresh statistik
[1:Blank, 2:Bhattacharya]
- Kuliah pengantar &
Brainstorming
- Latihan soal
[TM: 1x(3x50”)]
Mampu menerapkan tool statistik untuk menyelesaikan kasus engineering
(2-4)Mahasiswa mampu menganalisa dan mempraktekkan uji hipotesa- Uji Hipotesa:
• Test on means (1 dan 2 sample)
• Test on variances (1 dan
2 sample)
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil Eksperimen
[TM: 3x(3x50”)]
Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan 1 dan 2 sample25%
(5-8)Mahasiswa mampu menganalisa dan
mempraktekkan ANOVA dan regresi single factor
- ANOVA: • Single factor
• Regresi
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil eksperimen '[TM: 4x(3x50”)] Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan 1 factor dan regresinya25%
(9-11)Mahasiswa mampu menganalisa dan
mempraktekkan ANOVA multi factor
- ANOVA: • Multi factor
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil eksperimen [TM: 3x(3x50”)]Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan multi 5actor25%
(12-16)Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode perancangan eksperimen pada riset- ANOVA singgle maupun multi faktor
- Regresi
[1:Blank, 2:Bhattacharya]
- Review paper
[TM: 5x(3x50”)]
Mampu memahami dan memanfaatkan metode eksperimen untuk kasus-kasus riset25%
Jenis evaluasiFail
Less than 50%
Pass
50 – 59%
Credit
60-69%
Distinction
70 – 79%
High Distinction
80 – 100%
TugasTidak mengikuti langkah-langkah pengerjaan. Persamaan/rumus yang digunakan salah, tidak ada satuan. Pekerjaan mencontoh tugas teman.Tidak menuliskan asumsi
dan tidak menggambarkan diagram sistem atau proses. Persamaan/rumus yang digunakan kurang lengkap dan tidak ada satuan dari besaran.
Tidak menuliskan asumsi
dan tidak menggambarkan diagram sistem atau proses. Persamaan/rumus yang digunakan kurang lengkap.
Mengikuti langkah-langkah
pengerjaan namun tidak terlalu lengkap (tidak ada diagram sistem/proses, rumus, asumsi). Perhitungan dan analisa 80% tepat disertai satuan dari besaran yang ada.
High Distinction
80 – 100%
Kriteria PenilaianKurang
20 – 40
Cukup
41 – 59
Baik
60 – 79
Sangat Baik
80 – 98
Penguasaan MateriHanya mempresentasikan
materi tanpa penjelasan
Memahami hipotesa yang
digunakan
Memahami hipotesa yang
digunakan, rancangan dan metode analisa eksperimen
Memahami hipotesa yang
digunakan, rancangan dan metode analisa eksperimen, proses regresi
Alat Peraga & Power PointHanya teks presentasiTerdapat visualisasi
gambar
Terdapat visualisasi videoTerdapat visualisasi
gambar dan video
Kekompakan/Pembagian
Kerja
Hanya 1 orang yang
berperan dalam presentasi
Sebagian kecil anggota
berperan dalam presentasi
Sebagian besar anggota
berperan dalam presentasi
Semua anggota berperan
dalam presentasi
PenyampaianPeraga memuat semua
materi yang dijelaskan, penjelasan dilakukan dengan membaca peraga
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran tanpa melihat peraga
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran tanpa melihat peraga, presentasi tidak monoton